PASANG KABEL LISTRIK ISI TIGA

PASANG KABEL LISTRIK ISI TIGA

CARA MEMASANG KABEL ISI TIGA ini adalah posting dari masalah yang di alami teman saya yang pasang kabel kabel setrika yang rusak alias putus hingga setrika tiada panas lalu di ganti dengan kabel yang baru, namun setelah di ganti dengan kabel yang baru Setrika bukannya bener dan jadi panas lagi melainkan malah Setrika tetap dingin saja bahkan bodi nya ada Setrumnya pula.
Setrika yang diganti kabelnya ini memakai kabel tiga dan dari ceritanya teman saya kira masalahnya hanya karena terbalik saja pemasangan posisi kabelnya. Setelah di betulkan posisi kabelnya, Setrika pun bisa panas normal dan tidak nyetrum lagi.

Bagaimana Sebenarnya cara Pemasangan Kabel listrik isi tiga yang benar dan apa saja Sebenarnya fungsi Kabel listrik isi tiga itu,  peralatan Elektronik yang Suplay Powernya dari listrik PLN Idealnya kabel Power adalah yang berisi tiga, Dua untuk listrik bolak balik catu daya perkakas elektronik dan satu lagi kabel Ground untuk menetralkan jika ada sisa induksi yang mengimbas ke bodi atau terjadi kebocoran, selisih tegangan pada bodi langsung dinetralkan mengalir ke bumi ke bumi.


Idealnya listrik bolak balik harusnya terdiri dari tiga kabel Dua bertegangan yang otomatis bisa megalir bolak balik ke dua sisinya dan satu lagi kabel Groud. Namun kebanyakan instalasi Standar jaringan listrik di rumah rumah hanya ada dua satu bertegangan dan satu lagi Groud yang netral tak bertegangan yang sering disebut min dan Ples. walaupun sebenarnya di listrik bolak balik tak ada itu sisi negatif dan positif, melainkan keduanya bisa menjadi negatif bisa menjadi negatif secara otomatis (Automatic Curent/AC) sehingga arus listrik bisa mengalir bolak balik. Kalau Menurut saya Jaringan listrik di rumah adalah LISTRIK BOLAK BALIK ARUS BOLAK SETENGAH BALIK. tapi ya sudahlah sebut saja listrik di colokan di rumah itu kita sebut Plus Minus atau negatif dan positif saja.

Untuk pemasangan kabel Power Perkakas elektronik yang isi tiga sebagai contoh kabel setrika biasanya warna biru, coklat dan hijau bergaris kuning. Kabel Biru dan Coklat di pasang Pada plus minus atau negatif positip di bolak balik sama saja, sedangkan kabel Hijau di pasang pada bodi. Yang terpasang pada bodi kabel warna hijau ini tak boleh tertukar dengan dua kabel yang lain baik biru maupun coklat kalau tak ingin tersengat strum listrik dari bodi nantinya..

Seumpama sebagai mana teman saya yang terlanjur membeli kabel isi tiga, padahal di alat yang akan di gantinya dalam hal ini setrika hanya ada dua dan tak ada tempat untuk yang di bodi, maka Pasang saja Dua kabel Biru dan Coklat sedang kabel Hijau Abaikan saja juga tidak apa-apa, potong dan isolasi saja agar tak menyentuh dua kabel lainnya.





Terimakasih Telah Membaca: "PASANG KABEL LISTRIK ISI TIGA" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 11:45 PM and have 0 komentar

No comments:

Post a Comment