PASANG KABEL LISTRIK ISI TIGA

PASANG KABEL LISTRIK ISI TIGA

CARA MEMASANG KABEL ISI TIGA ini adalah posting dari masalah yang di alami teman saya yang pasang kabel kabel setrika yang rusak alias putus hingga setrika tiada panas lalu di ganti dengan kabel yang baru, namun setelah di ganti dengan kabel yang baru Setrika bukannya bener dan jadi panas lagi melainkan malah Setrika tetap dingin saja bahkan bodi nya ada Setrumnya pula.
Setrika yang diganti kabelnya ini memakai kabel tiga dan dari ceritanya teman saya kira masalahnya hanya karena terbalik saja pemasangan posisi kabelnya. Setelah di betulkan posisi kabelnya, Setrika pun bisa panas normal dan tidak nyetrum lagi.

Bagaimana Sebenarnya cara Pemasangan Kabel listrik isi tiga yang benar dan apa saja Sebenarnya fungsi Kabel listrik isi tiga itu,  peralatan Elektronik yang Suplay Powernya dari listrik PLN Idealnya kabel Power adalah yang berisi tiga, Dua untuk listrik bolak balik catu daya perkakas elektronik dan satu lagi kabel Ground untuk menetralkan jika ada sisa induksi yang mengimbas ke bodi atau terjadi kebocoran, selisih tegangan pada bodi langsung dinetralkan mengalir ke bumi ke bumi.


Idealnya listrik bolak balik harusnya terdiri dari tiga kabel Dua bertegangan yang otomatis bisa megalir bolak balik ke dua sisinya dan satu lagi kabel Groud. Namun kebanyakan instalasi Standar jaringan listrik di rumah rumah hanya ada dua satu bertegangan dan satu lagi Groud yang netral tak bertegangan yang sering disebut min dan Ples. walaupun sebenarnya di listrik bolak balik tak ada itu sisi negatif dan positif, melainkan keduanya bisa menjadi negatif bisa menjadi negatif secara otomatis (Automatic Curent/AC) sehingga arus listrik bisa mengalir bolak balik. Kalau Menurut saya Jaringan listrik di rumah adalah LISTRIK BOLAK BALIK ARUS BOLAK SETENGAH BALIK. tapi ya sudahlah sebut saja listrik di colokan di rumah itu kita sebut Plus Minus atau negatif dan positif saja.

Untuk pemasangan kabel Power Perkakas elektronik yang isi tiga sebagai contoh kabel setrika biasanya warna biru, coklat dan hijau bergaris kuning. Kabel Biru dan Coklat di pasang Pada plus minus atau negatif positip di bolak balik sama saja, sedangkan kabel Hijau di pasang pada bodi. Yang terpasang pada bodi kabel warna hijau ini tak boleh tertukar dengan dua kabel yang lain baik biru maupun coklat kalau tak ingin tersengat strum listrik dari bodi nantinya..

Seumpama sebagai mana teman saya yang terlanjur membeli kabel isi tiga, padahal di alat yang akan di gantinya dalam hal ini setrika hanya ada dua dan tak ada tempat untuk yang di bodi, maka Pasang saja Dua kabel Biru dan Coklat sedang kabel Hijau Abaikan saja juga tidak apa-apa, potong dan isolasi saja agar tak menyentuh dua kabel lainnya.





Terimakasih Telah Membaca: "PASANG KABEL LISTRIK ISI TIGA" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 11:45 PM and have 35 komentar

35 komentar:

  1. waduh mas kalo pasang kabel saya serahin aja sama yang berwenang, apalagi setrum yang gede, tapi tipsnya akan saya bagikan sama kawan kawan.. trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya saya sama kaya Teh Santika deh Mas
      ckckc berarti saya cowok yang payah ya Mas..? hhh :)

      Delete
    2. saya nggak mau ikut2an ahh, soalnya mereka berdua udah bicara setrum.

      Delete
    3. Ikut beneran aja ga usah ikut ikutan... Setrum itu kok kayak setan yah ga kelihatan namun begitu banyak yang ketakutan

      Delete
    4. kalo sentrum cinta kok ndak ada yang takut lo lek mus ?

      Delete
  2. Salam Mas Mus Djono. seperti yang Teh Santika utrakan diatas
    Saya malah lebih takut dengan strum Listrik Mas Mus.? jadi kalau
    Di rumah saya listrik ada yang gak bener paling saya panggil
    Petugas PLN Terdekat. makasih artikel bermanfaat nya Mas Mus Djono :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mulai sekarang, panggil Kang Mus

      Delete
    2. Yang penting tidak panggil saya Bento saja. Memang lebih baik semua itu di serahkan pada ahlinya ga kayak saya yang pinginnya sok tau saja yah

      Delete
    3. kalau saya lebih cinta panggil lek mus ajah sekarang...salam rangkul dari saya untuk lek mus

      Delete
  3. Saya pernah belajar bagaimana memasang kabel tiga, seperti ini, lumayan juga mas penjelasannya mudah untuk dimengerti. Terimakash.

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah isi abon atau ayam juga pernah.
      ehh itu lemper ding ya

      Delete
    2. Lemper itu buat ngulek sambel Kang Zach. Ini sekedar nulis pengalaman dimana ada teman yang sempat kesetrum karena salah pasang kabel saja pak Indra

      Delete
  4. ahli tenan koq sampeyan soal listrik. nek aku ahli opo jajal? bingung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang pasti ahli waris orang tua masing masing kita, Sebenarnya saya ini Sok tahu saja kang Tulisan ini cuma menurut saya saja orangl ga pernah belajar yang sebenarnya.

      Delete
    2. tapi tetep ahli kuwi jenenge Kang

      Delete
  5. menyimak aja mas hehe soalnya gak ngerti sama masalah listrik ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga cuma sok ngerti saja kok mbak Ipahw

      Delete
  6. Inget kemarin jdnya waktu.. Pas naik ke loteng ..sikring tak copot tak kantongin
    sanking takutnya ama yg namanya setrum

    ReplyDelete
  7. Kalau sudah urusan SETROM alias LISTRIK saya paling gak berani. Kalau ada kerusakan instalasi di rumah, atau bahkan pasang lampu aja KADANG harus manggil bantuan,. minta bantuan tetangga yg lebih PAHAM urusan LISTRIK

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang Lebih baik segalanya di serahkan Pada ahlinya ya Pak Asep

      Delete
  8. kemarin aku malah pasang kabel isi duren lek mus

    ReplyDelete
  9. wah mantap ini gan, bisa pasang kabel listrik hingga 3 buah ya, berarti mirip 3 in one getu ya gan hahaha

    salam kenal gan

    ReplyDelete
  10. Kunjungan malam, maaf belum sempet baca artikelnya soalnya bnyk tugas hehe, ijin bookmark dulu hehe

    ReplyDelete
  11. makasih gan aku bisa tau juga caranya pasang lampu di rumah aku sehingga gak mengetes pada kita gan.

    ReplyDelete
  12. kabel grounding pada kabel isi tiga ini sangat banyak manfaatnya, tapi terkadang masih banyak yang mengabaikan nya

    ReplyDelete
  13. terimakasih banyak gan infonya, sangat bermanfaat sekali . .

    salam dari kami Rajalistrik.com

    ReplyDelete
  14. Terimakasih untuk agan, sangat membantu informasinya.

    ReplyDelete
  15. Kalo yg isi 3 di ganti kabel yg isi 2 gmn ya

    ReplyDelete
  16. Kalo yg isi 3 di ganti kabel yg isi 2 gmn ya

    ReplyDelete
  17. Thanks infonya..sangat bermanfaat..

    ReplyDelete