TUMBUH MENJALAR DI KERING KERONTANGNYA BUMI

TUMBUH MENJALAR DI KERING KERONTANGNYA BUMI

Di penghujung musim Kemarau saat hujan belum sempat turun di tanah yang tak terkena air kecuali hujan turun, Tanah masih dalam keadaan kering kerontang, Rerumputan dan Semak-semak mati mengering ter-panggang Teriknya mentari, hanya pohon besar yang akarnya dapat jauh menembus tanah yang masih menyisakan sedikit daun hijau, Itu pun tak seberapa yang tersisa kebanyakan mrangas mengugurkan daun-nya.


TUMBUH MENJALAR DI KERING KERONTANGNYA BUMI


Di tengah kering kerontang nya tanah yang dalam istilah jawa Bantolo Rengko saat mana tanah retak retak selebar Tungkak(baca Telapak Kaki) ada beberapa kejadian yang Menakjubkan. Di tahun sebelumnya saya begitu takjub saat tanah masih kering kerontang bisa tumbuh bunga kunir putih yang begitu indah dan yang tumbuh hanya bunganya saja yang menyembul dari dalam tanah tanpa sehelai daun pun. bunga itu bisa anda lihat di posting terdahulu dengan judul BUNGA KUNIR PUTIH
Entah kenapa kini sudah musimnya sama bunga serupa ternyata tak tak tumbuh pula sebagaimana tahun sebelumnya. 

Dan di Penghujung musim kemarau begini, sekali lagi saat tanah kering kerontang Bumi retak sebesar Tungkak(baca telapak kaki) Saat Rumput dan Semak mengering Terpanggang, seperti ada keajaiban, dari dalam tanah bisa tumbuh tanaman yang menjalar merambat ke dahan dahan pepohonan. Itulah tanaman menjalar dari umbi umbian Jenis Gadung, Uwi gembili dan lain sejenis tanaman ini.

Waktu kecil saya dahulu saya benar benar ter-heran-heran dengan tumbuhnya Gadung, Uwi, Gembili dan tanaman sejenis ini yang mampu tumbuh menjalar di tanah yang kering kerontang. Saya tanyakan kepada Simbah(Kakek) bagai mana bisa dari tanah kering kerontang tumbuh menjalar Tumbuhan ini, sementara kebanyakan tanaman lainnya mati.  jawab simbah/kakek katanya saat di penghujung musim kemarau begini tanah sudah mulai dingin, sehingga Gadung Uwi, Gembili dan tanaman sejenis sudah bisa tumbuh dengan menyerap diginya tanah itu.

Begitulah jawaban simbah/Kakek yang saat itu langsung saya percaya begitu saja, namun belakangan menurut saya mustahil juga kalau Gadung, Uwi, Gembili dan tanaman sejenis ini tumbuh hanya dari dinginya tanah saja, dan menurut saya Tumbuhnya Gadung, uwi, Gembili dan tamaman sejenis yang mampu tumbuh saat tanah kering kerontang ini adalah dari cadangan makanan dan air yang tersimpan dalam umbinya yang membuatnya bisa tumbuh saat mana tumbuhan kainnya masih mati. 

Setelah tanaman ini tumbuh batangnya maka umbipun gembos bak tak terisi dan akan pulih lagi nanti setelah hujan turun hingga tanah basah dan akarnya menyerap sari sari makanan yang akan di olah dan akan disimpan dalam umbi lagi untuk cadangan makan kelak. Itu hanya menurut saya saja. yang pasti hingga kini saya masih Takjub dengan tanaman ini karena ke unik an-nya yang Mampu Tumbuh menjalar Saat Tanaman lainnya kebanyakan Mati Terpangang Teriknya matahari, dan inilah salah satu bukti Kuasa Ilahi





Terimakasih Telah Membaca: "TUMBUH MENJALAR DI KERING KERONTANGNYA BUMI" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 12:23 AM and have 0 komentar

No comments:

Post a Comment