TUMBUH MENJALAR DI KERING KERONTANGNYA BUMI

TUMBUH MENJALAR DI KERING KERONTANGNYA BUMI

Di penghujung musim Kemarau saat hujan belum sempat turun di tanah yang tak terkena air kecuali hujan turun, Tanah masih dalam keadaan kering kerontang, Rerumputan dan Semak-semak mati mengering ter-panggang Teriknya mentari, hanya pohon besar yang akarnya dapat jauh menembus tanah yang masih menyisakan sedikit daun hijau, Itu pun tak seberapa yang tersisa kebanyakan mrangas mengugurkan daun-nya.


TUMBUH MENJALAR DI KERING KERONTANGNYA BUMI


Di tengah kering kerontang nya tanah yang dalam istilah jawa Bantolo Rengko saat mana tanah retak retak selebar Tungkak(baca Telapak Kaki) ada beberapa kejadian yang Menakjubkan. Di tahun sebelumnya saya begitu takjub saat tanah masih kering kerontang bisa tumbuh bunga kunir putih yang begitu indah dan yang tumbuh hanya bunganya saja yang menyembul dari dalam tanah tanpa sehelai daun pun. bunga itu bisa anda lihat di posting terdahulu dengan judul BUNGA KUNIR PUTIH
Entah kenapa kini sudah musimnya sama bunga serupa ternyata tak tak tumbuh pula sebagaimana tahun sebelumnya. 

Dan di Penghujung musim kemarau begini, sekali lagi saat tanah kering kerontang Bumi retak sebesar Tungkak(baca telapak kaki) Saat Rumput dan Semak mengering Terpanggang, seperti ada keajaiban, dari dalam tanah bisa tumbuh tanaman yang menjalar merambat ke dahan dahan pepohonan. Itulah tanaman menjalar dari umbi umbian Jenis Gadung, Uwi gembili dan lain sejenis tanaman ini.

Waktu kecil saya dahulu saya benar benar ter-heran-heran dengan tumbuhnya Gadung, Uwi, Gembili dan tanaman sejenis ini yang mampu tumbuh menjalar di tanah yang kering kerontang. Saya tanyakan kepada Simbah(Kakek) bagai mana bisa dari tanah kering kerontang tumbuh menjalar Tumbuhan ini, sementara kebanyakan tanaman lainnya mati.  jawab simbah/kakek katanya saat di penghujung musim kemarau begini tanah sudah mulai dingin, sehingga Gadung Uwi, Gembili dan tanaman sejenis sudah bisa tumbuh dengan menyerap diginya tanah itu.

Begitulah jawaban simbah/Kakek yang saat itu langsung saya percaya begitu saja, namun belakangan menurut saya mustahil juga kalau Gadung, Uwi, Gembili dan tanaman sejenis ini tumbuh hanya dari dinginya tanah saja, dan menurut saya Tumbuhnya Gadung, uwi, Gembili dan tamaman sejenis yang mampu tumbuh saat tanah kering kerontang ini adalah dari cadangan makanan dan air yang tersimpan dalam umbinya yang membuatnya bisa tumbuh saat mana tumbuhan kainnya masih mati. 

Setelah tanaman ini tumbuh batangnya maka umbipun gembos bak tak terisi dan akan pulih lagi nanti setelah hujan turun hingga tanah basah dan akarnya menyerap sari sari makanan yang akan di olah dan akan disimpan dalam umbi lagi untuk cadangan makan kelak. Itu hanya menurut saya saja. yang pasti hingga kini saya masih Takjub dengan tanaman ini karena ke unik an-nya yang Mampu Tumbuh menjalar Saat Tanaman lainnya kebanyakan Mati Terpangang Teriknya matahari, dan inilah salah satu bukti Kuasa Ilahi





Terimakasih Telah Membaca: "TUMBUH MENJALAR DI KERING KERONTANGNYA BUMI" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 12:23 AM and have 42 komentar

42 komentar:

  1. Salam Mas Mus Djono. atikel Mas Ini mengingatkan saya dulu
    Waktu masih di Jawa. Pohon gadung Uwi meski tanah sudah
    Mengering musim kemarau tapi tetep masih bisa hidup ya Mas..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bersyukur dapaet Pertamax di atikel yang mengenang jaman dulu
      Terima kasih ya Mas atas ruang dan media ini. salam santun/sukses

      Delete
    2. salam kenal buat yang pertamax
      ehh..

      Delete
    3. Salam dam laos ikut mengering juga di kebun saya

      Delete
    4. santun banget yang dapet pertamax hehee

      Delete
    5. sekarang jarang kang saud di tempat saya yang nanam seperti gembili, suwek dll, udah pada punah, kemarin saya pas pulang kejawa pengen ngrasain suwek aja udah ga ada....

      Delete
  2. Subhanallah...itu bukti kekuasaan Allah ya mas, banyak cara yg bisa dilakukan untuk bisa bertahan hidup, yg pasti siklus hidup kunir putih ini bisa kita ambil pelajarannya, tentang trik bagaimana agar bisa bertahan dan menyesuaikan diri dengan sebuah keadaan, tetap bisa bertahan tatkala yg lainnya sudah menyerah dan mati ketika berada disituasi yg sama

    ReplyDelete
  3. wahh mathuk. tanamannya bandel, kalo dimakan maregi tenan. hidup gembili!

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang paling mathok telo pohong di bikin gethok

      Delete
    2. gethuk lindri kali bengawan
      timpuk Mas Mus pake lidi

      #tuh pantunnya keren kan?

      Delete
  4. yang saya tahu, kalau tanaman merambat memang lebih bisa bertahan lama meskipun berada di tanah kering karena ia bisa menyimpan cadangan air didalam akar-akarnya yang kecil

    ReplyDelete
    Replies
    1. akar yang mengelembung lebih tepatnya kayaknya, tempat menyimpan cadangan makanan tumbuhan ini mbak anana

      Delete
  5. bunga kunir putih tuh kaya gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan telah tersedia link ke sana mbak Ipah

      Delete
  6. Padahal uwi termasuk tanaman yang bandel ya ... kalau sampai kering begini itu artinya sudah parah banget ya panasnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga bandel bandel juga sebenarnya mbak astri, karena tanaman ini sama sama mengering seperti tanaman lainnya, cuman uniknya saat tumbuhan lain masih mengering tubuhan jenis ini sudah mulai tumbuh menjalar

      Delete
  7. Yeah kunjungan pertama di blog @MusJono nyimak saja terlebih dahulu :)
    Salam kenal dari kota Tasik

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertama dari mana mbak haha :v

      Delete
    2. cie ... cie .. ada yang minta kenalan nih heheeh

      Delete
  8. Berarti hui harus dibudidayakan ya kang, bagus tuh dimusim kemarau saja bisa tumbuh..

    ReplyDelete
  9. itulah kebesaran Allah Subhannahuwata'alla ya kang, orang lain mah pada layu dan teriak kehausan, gembili dan tanamansejenis itu mah malah menjalar-jalar merambahi setiap jengkal tanah yang di pijaknya...Subhannallah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eit baru tahu yah aku ajah udah lama tahunya

      Delete
  10. ga tau tentang uwi, hehehe
    salam kenal aja dehh, salam blogger, jangan lupa mampir diblogku ya kang

    ReplyDelete
  11. Kakuasaan Tuhan
    memang membuat kita heran
    karena kemuzizatan
    yang Tuhan perlihatkan
    untuk kita makin beriman
    walau sangat kekurangan
    pasti ada kelebihan
    menjalani kehidupan

    ReplyDelete
  12. Subhanalallah, kehidupan dan kematian menjadi kuasa Allah, demikian tumbuhan yang hidup di bumi ini, ambil contoh pohon kaktus juga...

    Salam kenal dari Pulau Dollar

    ReplyDelete
  13. umbi2 an yg luar biasa, nampaknya bisa dijadikan filosofi hidup.
    selam manusia memiliki bekal yg cukup, maka dapat bertahan hidup.

    ditempat saya juga sedang kemarau, kering kerontang

    ReplyDelete
  14. sayangnya saya tidak pernah tahu tanaman Gadung, Uwi, Gembili itu seperti apa hehehe

    ReplyDelete