WAKTU TERBAIK MENEBANG BAMBU

WAKTU TERBAIK MENEBANG BAMBU

WAKTU TERBAIK MENEBANG BAMBU ini sebagai pasangan posting sebelumnya di mana menebang Bambu musim kemarau sangatlah rentan dimakan serangga bubuk hama Bambu, beserta tip dan trik untuk mengurangi dampak serangan Serangga Bubuk Hama bambu, jika terpaksa harus menebeng Bambu sedang musim atau waktunya masih dalam masa yang tidak baik untuk memotong Bambu. Kali akan di bahas sebatas yang penulis ketahui dan yang pernah penulis lakukan terkait Waktu Terbaik Untuk Memotong/menebang Bambu, kapan waktu yang paling tepat untuk menebang bambu itu?


Sebagaimana di bahas sebelumnya di mana Musim kemarau tidaklah tepat untuk menebang bambu, namun begitu tidak otomatis setelah musim Penghujan datang itu bagus untuk memotong bambu. Kali ini penulis akan sedikit cerita pengalaman teman yang awalnya sama dengan penulis menganggap bahwa menebang bambu butuh waktu yang tepat itu adalah mitos belaka, lalu karena Dia butuh Bambu untuk kandang Ayam, langsung di tebanglah itu bambu yang saat itu sebenarnya musim Penghujan telah tiba. Bambu yang di tebang itu langsung di buat kandang ayam, Namun tak sampai Setahun kandang Ayam itu pun Roboh karena Tiang dan Gedek(dinding dari anyaman bambu) keropos karena dimakan Bubuk Serangga hama Bambu. Nah..  Kalau begitu kapan waktu menebang bambu yang biasanya tidak terserang Bubuk Serangga Hama Bambu?

WAKTU TERBAIK MENEBANG BAMBU

Berdasarkan Pengalaman Penulis Sirep(redanya) Serangan Bubuk Serangga hama Bambu adalah saat bambu di tebang di mana rebung(anak bambu/bambu muda) mulai tumbuh, namun saat itu juga bukan belum waktu terbaik untuk memotong bambu, disebabkan bambu yang di potong waktu itu terhitung bambu muda. Walau pun bambu yang di tebang memang sudah tua namun tetap di bilang masih muda. Maksudnya begini: bambu yang ditebang itu jika tepat pada waktu terbaik nya semisal akan bertahan sampai 25tahun namun bambu yang sama jika di tebang saat itu(saat rebung baru mulai tumbuh) tak akan bertahan selama itu, itulah yang dimaksud bambu terhitung bambu muda walau usia bambu yang di tebang sudah tua sebenarnya. Itu kata orang orang yang lebih tua, penulis sendiri belum membuktkan dan mengamatinya namun percaya saja deh apa kata orang yang lebih tua, mereka lebih kenyang asam garam tentunya.

Sekarang kapan waktu Paling baik Untuk memotong bambu itu?
Waktu yang paling bagus adalah Saat bambu muda Karcuk(mekar pucuk nya) karena saat itu dalam bahasa jawa "CORO GONDALANE NGONO WIS BAKOH" yang artinya ibarat berpegangan begitu sudah kokoh, yang maksudnya saat bambu muda sudah mekar di pucuk nya sudah kuat seandainya dalam menebang bambu bambu yang sudah tua di dekatnya dahannya mengenai ujung bambu muda ini sehingga bambu muda ini tidak gampang patah karena tersangkut dahan bambu yang di tebang.

Kalau bambu bambu yang sudah cukup umur di antara bambu bambu muda di tebang sebelum bambu muda KARCUK(mekar di pucuk) akan sangat rentan karena sebelum bambu muda mekar di pucuk nya masih sangat Getas(gampang patah) yang menjadikan rusaknya bambu bambu muda itu sehingga menjadikan terganggu nya regenerasi/kelangsungan perkembangan bambu Selanjutnya.

Begitulah yang Penulis Ketahui dan pernah lakukan terkait waktu terbaik Pemotongan/menebang Bambu yang mana posting ini sebagai Pasangan posting sebelumnya. Waktu Yang Buruk Untuk Menebang Bambu, sudah pasti pasangannya adalah Waktu Terbaik Untuk Memotong Bambu.






Terimakasih Telah Membaca: "WAKTU TERBAIK MENEBANG BAMBU" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 9:40 PM and have 0 komentar

No comments:

Post a Comment