RACUN UMBI GADUNG MEMABUKAN

RACUN UMBI GADUNG MEMABUKAN

MABUK RACUN UMBI GADUNG-- Pada poSting sebelumnya adalah cerita saya tentang kejadian yang unik, di mana ada tumbuhan yang mampu tumbuh lebih awal dari tumbuhan lainnya, itulah umbi umbian yang tidak sebagaimana tumbuhan lain yang membutuhkan air untuk tumbuh, umbi Gadung, Uwi Gembili dan tanaman sejenis ini bisa tumbuh di kering kerontangnya tanah karena memanfaatkan cadangan air dan makanan yang tersimpan pada umbinya, yang menjadikan tumbuhan ini mampu tumbuh lebih awal dari tumbuh-tumbuhan lainnya.

Gadong Umbi Yang Memabukkan

Dari beragam jenis umbi-umbian itu Satu yang paling ku ingat karena pernah terjadi kejadian  yang tak biasa pada kelakuan seseorang setelah mengkonsumsi umbi kecubung ini dia pun bertingkah lucu sekali. Itulah umbi Gadung Yang Beracun yang butuh penanganan Khusus Di dalam mengolahnya sehingga umbi ini bisa di konsumsi dengan aman bagi manusia. Dahulu pernah terjadi kejadian serang yang sangat lucu karena sembarangan memasak umbi Gadung ini hanya dengan mengupas lalu merebusnya hingga menjadikan orang itu keracunan Tanaman ini. lucunya Racun tanaman ini adalah ber efek halusinasi mirip orang mabuk minuman keras yang menjadikan seseorang berbuat di luar kendali akal sehatnya sebagai mana Posting saya terdahulu tentang tanaman yang memabukan:

Kejadian lucu waktu itu Adalah orang yang Mendhem(mabuk) atau keracunan tanaman umbi Gadung ini bertingkah seperti anak-anak,  padahal dia sudah orang dewasa dan sudah punya anak pula. Setelah makan Gadung orang itu bertingkah aneh dengan naik ke Pohon lalu mengoyang-goyangkan pohon sebagaimna anak-anak bermain main di pohon yang di tempat saya biasanya anak anak bermain dengan memanjat pohon lalu ngiyot-iyot(mengoyang goyngkan dahan) sambil berteriak-teriak "Yot Iyotan Goplo, Yotiyotan Goplo"

Hampir sehari an setelah mengkonsomsi Gadung yang tidak di olah dengan benar Orang itu bertingkah aneh tak terkontrol oleh akal sehatnya, bahkan sampai ke esokan harinya dia pun masih merasakan tubuhnya  melayang layang, walaupun sudah tiada lagi berbuat di luar kendali namun pusing masih begitu kuat terasa bagai di awang awang saja katanya.

Itulah cerita kejadian Lucu yang pernah terjadi di tempat saya akibat Keracunan alias Mendhem/Mabuk Gadung akibat salah penanganan di dalam mengolah Umbi Gadung Yang beracun yang sebenarnya ada cara untuk menghilangkan Racun Umbi Gadung Sehingga Umbi Ini aman di Konsumsi. Bagaimana cara menghilangkan Racun kecubung ini adalah butuh proses beberapa hari. Sebenarnya untuk zaman sekarang yang sudah banyak makanan lain yang lebih enak dan bergizi dibanding Gadung tak untung lagi mengolah Umbi ini untuk layak di konsumsi. Namun hingga kini masih ada orang yang rindu rasa Gadung ini dengan bukti masih bisa di jumpai Olahan Singkong Yang Namanya Kripik Pohong Rasa Gadung..





Terimakasih Telah Membaca: "RACUN UMBI GADUNG MEMABUKAN" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 5:32 AM and have 20 komentar

20 komentar:

  1. Berbahaya dong kalau ada orang yang tidak bisa mengolah gadung jadi sebagai makanan malah jadi racun

    ReplyDelete
    Replies
    1. malah jadi nggak bisa liat lebaran lagi nanti

      Delete
    2. Wah mesti jangan coba coba makan umbi gadung itu ya
      Mbak Ai + Mas Zach jika kita tak bisa memasaknya..?

      Delete
    3. Kalau benar cara mengolahnya sebenarnya aman aman saja kok

      Delete
  2. ngono koq sampeyan ngomong lucu lho ya?
    iku tragis to Kang Mus. ngerii.
    untunge slamet kabeh kan
    alhamdulillaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah lama kejadiannya lucukan jadinya. buktinya tiap kali ngumpul dan ingat serta membicarakannya bisa tak hentinya ketawa ketawa

      Delete
  3. Replies
    1. Mari mari kumpul saya rebusin gadung sama saya gerusin kopi kecubung, biar kita terbang bersama sama hahgahaha

      Delete
  4. wakakkak...kakak ntu orang ndak tau yah kalo kecubung bikin teler...ckckckckc

    ReplyDelete
  5. Umbi Gadung itu kalau yang gak bisa masaknya bisa jadi racun
    Ya Mas Mus Djono..? saya belum pernah memakanya tuh Mas
    Kaya apa ya rasanya Umbi Gadung itu...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayak Uwi dan gembili yang bikin kenyang itu saja rasanya, kecuali salah cara mengolahnya bikin pusing di kepala tentunya

      Delete
    2. Bagi yang doyan (maaf) mabok mabokan tapi kagak punya duit buat beli obat obat (drug) bisa make trik ini. Umbi Gadung. Bisa memabukkan dengan dana murah meriah hihihihihi

      Delete
  6. saya pernah memakan kripik gadung mas rasanya enak banget sampe-sampe ketagihan loh tapi sayang di sini mah nggak ada :(
    benar mas umbi gadung itu beracun kalo nggak bisa mengolahnya dengan baik..

    ReplyDelete
  7. benar mas, di masyarakat madura, nama ubi ini adalah geddhung dan dibutuhkan pengolahan yang baik untuk menghilangkan getah/cairan ubinya tersebut karena disanalah racun itu terdapat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang butuh penanganan Khusus agar Gadung atawa Geddhung olahraraga (Eh..) aman di konsumsi manusia

      Delete
  8. Mesti tahu ilmunya ya untuk pengolahan agar umbinya bisa bermanfaat :)

    ReplyDelete
  9. wah...ini namanya umbi yang multitalent dong, soalnya tidak hanya mampu mengenyangkan tapi juga bisa bikin keracunan, duh...
    terima kasih gan buat infonya :)

    ReplyDelete
  10. aku udah pernah merasakan mabuk karena keripik gadung ini badanku terasa sangat enteng dan seperti melayang" "ngefly"

    ReplyDelete