BUAH DUKU DARI KABUPATEN KARANGANYAR

BUAH DUKU DARI KABUPATEN KARANGANYAR

BUAH DUKU Tidak semua tempat cocok dan biasa tumbuh Tanaman Buah yang Satu ini. Pohon Duku Susah untuk Bertahan hidup di daerah dataran rendah yang yang biasanya suhu udaranya Panas, Sedangkan di daerah dataran tinggi yang ber suhu Cukup dingin Pohon Duku Mungkin Bisa hidup akan tetapi akan kesulitan Untuk Menghasilkan Buah dengan Maksimal. hal ini dapat di lihat di daerah tempat Penulis Tinggal di Kabupaten Karanganyar di mana tidak semua daerah di Kabupaten Karanganyar cocok untuk Tanaman Duku, Buah Duku dari Kabupaten Karanganyar Lebih Dikenal Dengan Duku Matesih, walaupun sebenarnya tidak hanya Kecamatan Matesih Yang Cocok untuk Tanaman Buah Duku. Tanaman Duku di Kabupaten Karanganyar Juga Terdapat juga di Sebagian Wilayah Kecamatan Mojogedang, Kerjo, Karangpandan, Ngargoyoso, Jumantono. Kenapa di beberapa kecamatan ini hanya ada sebagian saja wilayahnya yang terdapat tanaman duku? Karena kecamatan kecamatan itu sebagian daerahnya terlalu panas atau terlalu dingin.
POHON DUKU DI KABUPATEN KARANGANYAR
Tanaman Buah Duku Paling Cocok di tanam di daerah yang beriklim sedang, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Di kabupaten Karanganyar sebenarnya ada dua Kecamatan yang semua bagian wilayahnya cocok untuk tanaman duku. Dua kecamatan yang daerahnya beriklim sedaang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin adalah kecamatan Karangpandan dan Kecamatan Matesih, Namun Paling Banyak Tanaman Buah Duku Terdapat Di Matesih, karena itu duku yang berasal dari kabupaten Karanganyar lebih di kenal dengan sebutan Duku Matesih. 

Di beberapa kecamatan di kabupaten Karanganyar ada yang jarang sekali di temui tanaman duku ini karena semua derahdi beberapa Kecamatan itu beriklim terlalu panas atau terlalu dingin. Di kecamatan Karanganyar, Tasikmadu, kebakkramat, Colomadu misalnya, karena daerah ini berada di dataran rendah dan beriklim cukup sangat panas tanaman Buah Duku Sangat sulit bertahan hidup terutama saat musim kemarau berkepanjangan melanda tanaman buah duku tak akan tahan dan matilah ia. Sedangkan di Kecamatan Tawangmanggu, Ngargoyoso, Jatiyoso yang berada di daerah dataran tinggi yang beriklim sangat dingin, tanaman Buah Duku sebenarnya bisa tumbuh dengan sangat subur akan tetapi sulit untuk bisa berbuah dengan maksimal, makanya di daerah daerah ini jarang sekali yang menanam tanaman buah duku ini, karena dianggap percuma saja jika menanamnya.
PENTIL BUAH DUKU/DUKU MENTAH
Lama Waktu yang Dibutuhkan Buah Duku Untuk Berbunga hingga Matang Buahnya di Daerah Yang Lebih Rendah Yang Suhu Udaranya Lebih Panas Akan memakan waktu lebih Singkat di bandingkan dengan Daerah yang lebih tinggi yang suhu udaranya lebih dingin. Sebagai Contoh Di kecamatan Matesih Panen Buah Duku di Desa Gantiwarno biasanya lebih awal di banding desa Girilayau walaupun terkadang sebenarnya terbentuknya bakal bunga lebih dahulu tanaman buah duku di desa girilayu namun waktu panen buah duku selalu saja lebih awal di daerah desa Gantiwarno, karena desa Gantiwarno adalah daerah paling rendah sehingga beriklim paling panas di Kecamatan Matesih Sedangkan Desa Girilayu adalah daerah tertinggi dan beriklim paling dingin di Kecamatan Matesih.

Kalau penulis Ingat ingat sebenarnya dahulu di sebagian wilayah di kecamatan Karanganyar di Tolok kelurahan Taegalgede kalu ga salah, juga banyak terdapat pohon Duku besar-besar namun sudah lama tanaman di sana mati, entah apa sebabnya pohon duku di sana mati dan punah, atau mungkin karena perubahan iklim yang menyebabkannya, bahkan saat ini pohon duku yang besar yang biasa di bilang pohon purba banyak yang sudah mati. Namun di daerah yang beriklim sedang tidak terlalu panas tidak terlalu dingin mulai banyak pohon-pohon buah duku muda tanaman baru yang kini sudah mulai berbuah sehingga ada regenerasi dari Tanaman Buah Duku ini.





Terimakasih Telah Membaca: "BUAH DUKU DARI KABUPATEN KARANGANYAR" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 1:21 AM and have 0 komentar

No comments:

Post a Comment