DUKU MATESIH

DUKU MATESIH



DUKU MATESIH-- Setelah di posting sebelumnya saya tulis serba serbi tentang tempat tinggal Saya di Kecamatan Matesih, Kali ini Saya tulis Satu yang Kas Dari Matesih yaitu Buahnya. Dimatesih dikenal sebagai penghasil Buah-buahan, Satu diantaranya yang terkenal Buah dari Matesih adalah Buah Duku. Walaupun Buah Duku bukan hanya ada dimatesih, masih banyak daerah-daerah lain yang terkenal sebagai penghasil Duku, namun ada yang khas dan spesial dari Buah Duku yang dihasilkan dari daerah Matesih.

Dari hal harganya saja Duku Matesih Selalu lebih tinggi dibandingkan harga Duku dari daerah-daerah lainnya, semisal Duku dari Salatiga atau Duku dari Palembang, Sumatra, hal itu karena Duku Matesih lebih Manis dan legit Rasanya. Yang membuat beda Duku Matesih Dengan Duku dari daerah lainya karena Duku Matesih merawatnya sangatlah Ekstra.

Duku di daerah lain sepertinya tidak ada perawatan, hanya di tunggu buah matang Dan di panen., ataupun bilalah ada perawatan paling tidak seberapa, hanya dikasih pupuk di airi saat kemarau dan ditunggu buah sampai matang dan memanennya.

Sedangkan Duku matesih sungguh sungguh sangat khas perawatannya, mulai dari saat tiba musim kemarau tidak sembarangan waktu didalam mengairinya. Sebelum pohon Duku di airi mesti harus nunggu dahulu sampai semua daun yang tua gugur rontok jatuh semua. Setelah semua daun yang tua mengunig dan gugur semua tinggal daun yang agak muda baru boleh memberikan pengairan pada pohon Dukunya. Adapun alasannya adalah agar buahnya nanti serempak Matangnya. Karena kalau belum tuntas gugurnya daun tua sudah di berikan pengairan tidak akan serempak kematangan Buah nantinya.

Mbrongsong duku
MBRONGSONG DUKU
Tahap perawatan selanjutnya adalah setelah Buah Duku Agak besar dan ada yang mulai menguning satu dua harus sudah di bungkus di dahannya dengan pembungkus khusus yang disebut Brongsong. Brongsong adalah ayaman bambu yang di bentuk sedemikian rupa sehingga bisa untuk membungkus buah Duku di  dahanya. Dan proses membungkus Buah Duku didahan disebut Mbrongsong Duku. Tidak sembarang Orang bisa melakukan pekerjaan Mbrongsong Duku, Hanya orang-orang tertentu yang mempunyai keahlian Khusus yang dapat melakukannya.

Buah Duku Di Brongsong manfaatnya agar Buah bisa matang sempurna dan agar terhindar dari hama. Hama utama Buah duku adalah kelelawar buah. Kelelawar buah yang jadi hama Buah Duku ada bermacam-macam jenisnya, yang berukuran kecil, ukurannya lebih besar sedikit dari kelelawar pemakan serangga namanya Codot. Ada lagi kelelawar buah yang ukurannya sangat Besar yang namanya Kalong. Kalong ini merusaknya lebih dari sepuluh kali lipat dari Codot  karena memang ukurannya jauh lebih besar Kalong di banding Codot. Kalong dan Codot adalah Hama utama Buah Duku disamping binatang lain yang menjadi hama semisal Musang yang biasa disebut Luwak maupun Tupai atau Bajing.

Setelah Buah Duku matang sempurna tiba saat Memanennya. Tenaga pemetik buah duku juga orang yang berkeahlian Khusus sebagaimana tenaga Mrongsong Duku. Duku dipetik dan di taruh di keranjang dan diturunkan dengan tali tambang, Sampai di bawah Duku dipisahkan Buah dengan tangkainya dan di pilih di kelompokan berdasarkan besar kecil ukurannya. Buah Duku yang Besar-besar di masukan ke dalam kardus untuk membungkusnya disebut dengan Buah Duku kuwalitas A, sedang Buah Duku yang kecil –kecil dimasukan kedalam karung dan dinamakan Duku kualitas B atau Duku Cakra.

Buah Duku Matesih selain di jajakan di sepanjang Jalan Raya Matesih Juga dikirim keluar Kota. Yang paling Besar Buah Duku Matesih Dikirim kesurabaya disamping kota-kota lainnya seperti nganjuk, malang semarang dan lain-lainnya.





Terimakasih Telah Membaca: "DUKU MATESIH" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 10:54 PM and have 4 komentar

4 komentar:

  1. Replies
    1. Ga cuma enak Mbahe enak lagie. Hehehe....

      Delete
  2. wah harus baca artikel yang lalu nih, supaya tau metsih itu di kabupaten mana.
    membaca begitu telatennya para petani dukuh disana, harusnya dukuh matesih ini harus di mendunia kan nih kang.
    hayo..posting terus keunggulan potensi matesih nya, jangan kalah sama Ubi 'madu' Cilembu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha.. Duku Matesih Di Menduniakan kayak Umbi cilembu PakDhe, Semoga saja nanti bila pohon Duku yang baru telah lebat berbuah. Soalnya yang ppnon purba yang mampu berbuah banyak udah banyak yang pada mati.
      Terimakasih apresiasinya dan telah bersedai mampir, silahkan dinikmati buah Duku nya hahaha..

      Delete