AWAL DINAMAKANNYA MATESIH

AWAL DINAMAKANNYA MATESIH



AWAL DINAMAKANNYA MATESIH-- Diposting sebelumnya telah saya tulis tentang serba-serbi Matesih kali ini akan Saya tulis cerita tentang asal mula nama Matesih. Halitu benar-benar cerita kisahn nyata atau hanya sekedar mitos karangan orang-orang tua belaka sepertinya tidak ada mengetauhuinya. Awal dinamakannya Matesih berawal dari kisah perjalanan seorang pengembara yang namanya saya lupa., yang pastinya dia seorang Resi yang lumayan sakti mandra guna dan mempunyai banyak pusaka. Nama lain dari Pusaka daloam bahasa setempat adalah Jimat.


Pada suatu hari dalam perjalanan pengembaraan Seorang Resi yang Sakti mandraguna sampailah di suatu tempat. Setelah seharian berjalan di suatu siang yang panas oleh teriknya cahya matahari Resi tadi sudah merasa letih dan beristirahatlah dia disuatu tempat dibawah phon yang rindang. DikeluarkanNya bekal makanan dan beberapa pusaka atau Jimat yang dibawa saat itu. Setelah selesei memakan bekal makanan, Karena letihnya sapai-sampai ketiduran dalam istirahatnya dalam perjalanan itu.

Setelah beberapa saat ketiduran Resi yang Sakti itu terbangun dari tidur dalam istirahat siang itu. Karena perjalanan masih jauh maka segera Resi itu mengemas barang-barangNya dan bergegas melanjutkan perjalanan yang masih jauh tujuannya.

Sesampai di tempat tujuan Resi Sakti baru sadar kalau ada satu pusaka yang  tidak terbawa dan kemungkinan tertinggal di tempat istirahat saat perjalanan siag tadi. Karena hari telah larut malam  Resi itu berniat akan kembali hari berikutnya ke tempat istirahat siang tadi, kalau-kalau pusaka/Jimat tadi tertingal dan masih ada disana.

Keesokan harinya Resi Sakti kembali ketempat istirahat kemarin. Setelah sampai ternyata memang benar Pusaka/Jimat tersebut memang tertingal disitu dan masih berada ditempatnya. Dengan mengambil pusaka/ jimat itu Resi Sakti berkata dalam bahasa jawa:

Jebul kawisane jimat iki tesih ketingalan neng papan kene kene. Yoh.. . kapan ono rejaning jaman, papan iki takjenengne MATESIH. Yang artinya:

Trnyata Pusaka ini tertingal disini. Kalau begitu kelak bila tempat ini telah menjadi Ramai Saya namai Tempat ini dengan MATESIH.

Jadi asal nama Matesih dari kata jiMAT atau Pusaka dan TESIH yang berarti Masih. Kata MATESIH bermakna pusaka/jimat yang tertinggal masih berada pada tempatnya.





Terimakasih Telah Membaca: "AWAL DINAMAKANNYA MATESIH" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 9:57 PM and have 0 komentar

No comments:

Post a Comment