BUAH DUKU DARI BAKAL BUNGA HINGGA MATANG

BUAH DUKU DARI BAKAL BUNGA HINGGA MATANG

BUAH DUKU DARI BAKAL BUNGA HINGGA MATANG--- Kali ini Penulis akan Bercerita bagaimana Tanaman Buah Duku Berbunga hingga matang Buahnya, di mana Pohon Duku di dalam Proses berbunga Hingga matang buahnya butuh waktu dan proses yang lumayan pamjamg dan ada beberapa tahap dalam Proses Berbuah dari Tanaman Duku ini. Proses Berbuah Pohon Duku Penulis Bagi dari beberapa tahap diantaranya :
  • Tapak Doro
  • Sungut/Modot
  • Coplok Upil 
  • Pentil/Pentol 
  • Suluh/Semburat 
  • Duku Matang dan di panen.
TAPAK DORO
Tapak doro Pada Tanaman Buah Duku adalah Bakal bunga yang warnanya kecoklatan hampir serupa dengan warna pohon. Bentuknya hampir mirip-mirip dengan telapak kaki burung dara, karena itu bakal bunga Duku di sebut Tapak Doro. Dalam Fase ini terkadang memakan waktu yang sangat lama. Jika Petani Duku kurang beruntung Pohon duku miliknya bisa saja Tidak Kunjung Berbuah Hingga bertahun-tahun lamanya, walaupun sudah ada bakal bunga yang berbentuk seperti telapak kaki burung Dara ini. Terkadang Tapak Doro bakal bunga buah duku tidak kunjung modot/memanjang dan tidak pula kering dan rontok melainkan utuh saja jadi bakal bunga hingga bertahun tahun lamanya. Untuk pohon yang ngambek tidak kunjung berbuah macam begini biasa di pacu tapak doro ini biar bisa jadi bunga apabila musim bersahabat, yaitu saat kemarau cukup untuk membuat tanah kering hingga rontok semua daun tua pada pohon duku hingga Pohon Duku tampak Ngliyeng/tapak hampir Layu daun-nya, lalu di genagi air tanah di bawahnya. Dengan kondisi tanah yang tadinya kering langsung di genangi air pohon duku seolah tersentak hingga bakal bunga yang tadinya bandel tak kunjung memanjang langsung Modot/memanjang hingga jadi bunga dan jadi buah nantinya. Tidak hanya Manusia Pohon Duku sekalipun terkadang Bandel/ngambek dan butuh shock terapy/terapi kejut juga.

SUNGUT/MODOT
Sungut adalah saat di mana Tapak Doro bakal bunga pada pohon duku Modot/memanjang berwarna hijau, bentuknya mirip Sungut/kumis pada ikan lele. karena pada fase ini tanaman Pohon duku Bakal bunganya Modot/Memanjang berbentuk seperti Sungut/kumis lele inilah makanya di sebut Sungut/Modot

COPLOK UPIL
Setelah sungut jadi bunga yang matang kelopak bunga berbentuk bulat kecil berwarna kuning nantinya akan lepas dan menyisakan putik bunga. Putik bunga buah duku ini bentuk-nya mirip-mirip Upil Garing makanya fase terlepas-nya kelopak mahkota bunga buah duku dari petik bunganya dinamakan coplok  upil

PENTI/PENTOL
Setelah kelopak mahkota bunga terlepas menyisakan putik bunganya beberapa saat kemudian putik bunga itu akan menjadi bulatan-bulatan kecil/mrentil-mrentil, sebab itulah fase ini disebut pentil hingga membesar jadi pentol dan jadilah buah duku mentah.

SEMBURAT SULUH
Setelah Pentil duku membesar menjadi duku mentah dalam proses menjadi matang buah duku yang  berwarna hijau mulai berwarna kuning sedikit demi sedikit. Warna kuning pada sebagian buah duku saat proses ini, duku mentah seperti terkena cahaya Suluh/Obor yang mengenai sebagian sisi kulit buahnya atau seperti terkena semburan warna kuning yang bergradasi dengan warna hijau buah saat mentah. Dalam masa proses masaknya buah ini di sebut Suluh atau Semburat. Pada masa-masa beginilah duku butuh di brongsong/di bungkus di dahannya agar matang sempurna dan merata serta terhindar dari hama.

BUAH DUKU MATANG SEMPURNA
Proses berbuah tanaman duku dari tapak doro sampai dengan matang sempurna siap panen bisa memakan waktu enam bulan lamanya bahkan lebih untuk daerah dataran lebih tinggi dan berhawa dingin.





Terimakasih Telah Membaca: "BUAH DUKU DARI BAKAL BUNGA HINGGA MATANG" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 11:47 PM and have 0 komentar

No comments:

Post a Comment