DUKU SLANDREN

DUKU SLANDREN

DUKU SLANDREN. Banyak artikel yang telah memuat tentang kandungan serta manfaat dari buah duku dan di sini tak lagi di tulis tentang itu lagi karena memang penulis tidak mengetahui sebenarnya apa saja yang terkandung dalam buah Duku dan Kali ini penulis akan cerita saja tentang Duku Slandren, apa itu duku Slandren?

DUKU SLANDREN

Duku Slandren bukan duku jenis dari Buah Duku tertentu maupun Buah Duku yang berasal dari daerah tertentu. Duku semua Orang pastinya sudah tahu buah manis segar yang satu ini, sedang Slandren dalam bahasa jawa berarti sela-sela/spasi/diantaranya. Terus apa maksud nama duku Slandren? Ya duku Slandren adalah duku yang ada di sela sela panen raya Duku.

Di tempat tinggal penulis di kecamatan Matesih Duku di rawat supaya buah duku berbuah serempak dan pada satu pohon hanya satu kali panen saja. Jika saat panen masih ada buah yang belum masak maupun ada beberapa bunga yang mulai berkembang maka akan di rontokkan semua agar tahun berikutnya buah duku bisa serempak dalam satu pohon sekali panen saja, hal ini di maksudkan agar lebih mudah dan efesien dalam merawat hingga memanen-nya. (Jika berkenan silahkan baca DUKU MATESIH)

Walaupun buah Duku Matesih sudah diupayakan agar dalam satu pohon serentak berbuahnya namun tetap saja disela sela waktu panen, biasanya saat Pohon Duku baru berbunga sudah ada satu dua dompol(sekumpulan buah dalam satu gagang buah) yang terlebih dahulu muncul mendahului matangnya buah lainnya yang biasa serentak matang-nya dalam satu pohon. Jika kebetulan sampai saat MRONGSONG(Membungkus buah pada dahan) Duku Slandren tidak di makan hama, duku slandren ini biasanya matang dan tetasa sangat manis dan menyegarkan lebih manis dan menyegarkan di bandingkan buah duku Biasanya. 

Katanya Manis Legit nan Segarnya rasa Duku Slandren ini karena lebih banyak kandungan mineral dalam buah ini di banding duku biasanya karena hanya sedikit saja buah yang di pohon saat itu sehingga nutrisi untuk buah itu pun lebih banyak dari biasanaya. Namun sebenarnya wajar saja Buah Duku Slandren ini terasa beda dan lebih manis segar dari duku pada umumnya karena memang sudah lama tidak merasakan Buah Duku sejak habis musimnya hingga baru adanya Duku Slandren ini bisa merasakan manis segarnya buah Duku untuk pertama kali.





Terimakasih Telah Membaca: "DUKU SLANDREN" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 8:17 PM and have 38 komentar

38 komentar:

  1. Malam Mas Mus, baru tau saya dengan nama Buah Duku Slandren ini Mas
    Coba lagi artikel duku slandrenya lebih rinci ya Mas? makasih sudah berbagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehhh... ternyata dapat Pertamax nih di artikel Buah Du Sladren ini :)

      Delete
    2. sy mah mw duku ny ah ,,,hee

      Delete
    3. mang itu dukuh slandrennya kayanya bohay banget, mantep kalau di petik langsung di makan ya, seger kayanya gituh...menggoda selera ih

      Delete
    4. Wah namanya udah kaya nama Belanda atau JErman ya
      Duku Slandern

      Keren e namanya

      Delete
    5. di Cilebut juga ada dukuh atas dan dukuh bawah

      Delete
  2. Rasa nya pasti manis legit ya Mas Mus, Buah Du Slandren ini, kelihatan dari warna kuning langsat nya buah duku sladren ini sangat menggoda. boleh dicicipi duku nya?

    ReplyDelete
    Replies

    1. Itu warna kuning duku Om bukan kuning langsap

      Delete
    2. kayak ceweq cantik aja kuning langsat

      Delete
  3. Boleh bekel du sladrenya nya buat bawa pulang ke Subang Jabar..?

    ReplyDelete
  4. Salah satu buah kesukaan saya ni mas.. tapi sepertinya duku slandren ini ukurannya lebih besar dari duku pada umumnya yah mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sedikit saja lebihnya atau boleh di kata hampir sama sebenarnya

      Delete
  5. Oh...itu Duku yang munculnya waktu yang spesial, mungkin ini karena waktu munculnya tersebut, sehingga menimbulkan rasa yang manis.

    ReplyDelete
  6. hemmmm...jadi tegoda untuk mencoba juga mas, sepertinya segar sekali, lha wong dukuhnya ada pas ndak musim duku kan...pasti segerrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan di cicipi saja duku slandrennya

      Delete
  7. mas2,,saya mau tanya,,beda duku sama langsep itu apa,,kalau duku ada yang rasa asem gak,,soalnya setiap beli,,selalu keliru,,hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duku kalau kurang mateng juga asem. lansep kalau mateng manis juga. Sebenarnya sangat berbeda lansep sama duku namun susah saya mengambarkan detailnya

      Delete
  8. Duku enak banget ya.. tapi itu duku daerah mana ya

    ReplyDelete
  9. wah sudah lama nih saya nggak makan buah duku, pasti rasanya maknyus nih, apalagi pas musim hujan gini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau musim hujan gini jadinya mak nyes..

      Delete
  10. penasaran rasanya, kirim sekilo boleh mas musjono :)

    ReplyDelete
  11. ini konon buah kesukaannya Lasmini ya?

    ReplyDelete
  12. Buah duku slandren
    semanis gula aren
    rasanya beda dan keren...

    ReplyDelete
  13. buah duku hmmm .. salah satu dari banyaknya buah yang saya suka :D

    ReplyDelete
  14. belum pernah nyobain buah duku slandren,
    enak kale ne!

    ReplyDelete
  15. Bagi saya, kalau gak ada bijinya. Duku ini adalah buah terenak di dunia..

    ReplyDelete
  16. jadi pengen donk mas buah duku nyaa hehehhe

    ReplyDelete
  17. lebih asyik lagi kalau duku nya dikasih gratis mas hehehe :D

    ReplyDelete
  18. sudah lama nih saya nggak makan buah duku, disini jarang banget yang jualan soalnya :)

    ReplyDelete
  19. di daerah saya kalau pas lagi musim Duku gak ketulungan Mas banyaknya.

    ReplyDelete
  20. baru tahu ada duku slandren, kirain duku ya satu jenis aja :))

    ReplyDelete
  21. hmmm pasti sear banget langsung petik dari pohonnya mas..

    ReplyDelete
  22. Bedanya apa ya dengan duku yang lainnya kalau diliat secara fisik?

    ReplyDelete