ULAR POHON ULAR HIJAU ULO GADUNG

ULAR POHON ULAR HIJAU ULO GADUNG

ULAR POHON ULAR HIJAU OLO GADUNG-- masih berhubungan dengan posting sebelumnya di mana di musim kemarau yang kering kerontang dari dalam tanah bisa tumbuh pohon Gadung yang menjalar mengapai dan melilit pohon untuk di jadikan tambatan. Yang akan saya tulis kali ini adalah tentang Ulo(bahasa jawa yang sama dengan Ular) namun namanya sama dengan umbi yang saya tulis pada posting sebelumnya, itulah Ulo Gadung Ular Pohon si Ular hijau yang saya maksudkan.

ULAR POHON ULAR HIJAU ULO GADUNG


Jenis Ulo Gadung Ular Pohon ya Ular Hijau yang pernah saya lihat dan hidup di sekitar daerah saya ada dua jenis, yang bertubuh cenderung pipih ramping dan satunya lagi tubuhnya cenderung lebih bulat nan gempal dan bisa tumbuh lumayan besar.

Yang pertama yang paling banyak dan sering saya jumpai adalah Ulo Gadung Ular Pohon yang berwarna Hijau bertubuh cenderung pipih dan ramping dengan ukuran kepala lebih besar dari lehernya, moncong mulut di kepala yang cenderung lancip, bentuk kepala terlihat seperti segi tiga. Ular jenis ini racun bisanya lumayan kuat dan termasuk bahaya, sangat bahaya malah bila ular ini sampai menggigit manusia, bisanya bisa bikin bengkak dengan rasa sakit yang luar biasa.

Jenis yang kedua di tempat saya orang-orang menyebutnya juga sama Ulo Gadung karena sama ular ini juga berwarna hijau dan biasa hidup dan mencari makan di pohon, namun ular pohon yang kedua ini tubuhnya cenderung lebih bulat dan gempal dan bisa tumbuh lumayan besar relatif lebih besar dari jenis yang pipih dilihat rata rata ukuran tubuhnya dan ukuran kepala ular hijau jenis yang ke dua ini tak begitu jauh berbeda dibandingkan dengan ukuran lehernya, bentuk moncong kepalanya cenderung tumpul, tidak selancip jenis yang pertama. Ular jenis yang kedua ini lebih jarang ditemui, tingkat racun bisanya hanya biasa biasa saja, jika menggigit manusia  paling hanya terasa gatal gatal saja.

Lah... Terus apa kaitan Ular Pohon ini dengan Gadung yang dalam posting sebelumnya adalah jenis umbi umbian coba?
Yang pasti namanya sama sama GADUNG. dan kena apa Ular Hijau Si Ular Pohon ini di nama kan Ulo Gadung adalah karena ular ini saat berpindah dari satu dahan ke dahan lainnya tubuhnya bisa kaku tegak berdiri dan setelah berhasil mengapai akan melingkar melilitkan tubuh dan bertambat padanya, sebagaimana tumbuhan Gadung saat tumbuh dari dalam tanah warnanya hijau seperti ular pohon ini dan pertama kali tumbuh dari dalam tanah pohonnya Gadung kaku berdiri, setelah berhasil menggapai pohon di dekatnya Tumbuhan ini akan melingkar membelit dan merambat padanya. Begitulah kenapa di tempat saya nama ular pohon ular Hijau dengan umbi ini sama sama bernama GADUNG.





Terimakasih Telah Membaca: "ULAR POHON ULAR HIJAU ULO GADUNG" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 11:12 PM and have 41 komentar

41 komentar:

  1. Salam malam Mas Mus Djono. wah di tempata saya
    Ular Pohon hijau ini udah gak ada Mas, dulu ular ini
    Emang sering kelihatan. sekarang dengan banyaknya
    Bangunan dan penebangan hutan jadi penghuni
    Htanya seperti Ular hijau ini. pada hilang keman :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya Unik juga ya Ulo Gadung. Mirip banged sama Pulo Gadung. Heiheieiieiee. Mangap eh maaf becanda aja

      Delete
    2. Uar yang sering terlihat apalagi di pulo gadung pastinya ular tangga

      Delete
    3. ular tangga sama halma enakan mana ya
      enakan monopoli deh

      Delete
    4. lebih kerenan segi tiga saja

      Delete
  2. Seneng deh dapat Pertamax diartikel yang menarik ini *salam ceria :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan bawa pulang petromaxnya

      Delete
    2. senengnya dapat pertamax...tapi kalau digigit ular seneng nggak mas saud ?? hhh

      Delete
  3. wah ini berbahaya sekali kalo gigit manusia, pernah aku lihat ular ijo panjang banget kayak selang ular apa itu ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mimpi digigit ular pertanda dapat JODOH kata orang sih
      heiheiheiheihiheiehe. Oot *abaikan

      Delete
    2. kalu ular yang kegigit orang lezat rasanya, setelah di goreng lho ya

      Delete
    3. saya pernah lho kegigit ular...dalam mimpi... :D

      Delete
  4. Saya pernah juga mendengar nama ular ini. Namun belum ketemu atau liat wujud aselinya. Bersyukur dah sudah ada di sini. jadi bisa tau jenis ular ini. Sejauh ini yanh saya tau adalah jenis Ular tedung, Ular Kadut, sama Ular Sawah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau begitu nanti kapan-kapan Boku kenalin ya Pak Asep ma ular ini..

      Delete
    2. wujudnya yang pasti ular bukan uler

      Delete
    3. uler neng kene ya ular kuwi Kang. nek ulat kuwi lha bener, uler

      Delete
  5. dikampung saya ngak ada ular kayak itu, itu foto diatas beneran ular ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas Albar itu beneran ular, masak cacing..? hehehehe...

      Delete
    2. Apa dinamakan cacing ijo saja, Ini ular Tak turuni dari pohon ke tanah baru tak poto soale ngambile cuman pake kamera hape jadul alias sekmbiyen

      Delete
    3. mas emalbar: cacing roro kidul...cacing sakti yang menjelma jadi ular

      Delete
  6. Ada di kampung Boku namanya Ulo Ijo dan ada juga yang menyebutnya Ulo Gadung lho mas Mus..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tuhh samakan namanya, rumah Pak Boku kan cuman Tan omah ku

      Delete
  7. wahh susah dibedakan sama dedaunan ya warnanya. tapi syukurlah nggak mematikan to. nek mematikan lah ndrawasi tenan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ini sangat Bahaya namun sampai sekarang ga denger ada yang kepatuk ini ular ijo sampai meninggal dunia. semoga saja tak ada

      Delete
  8. Ularnya cantik ya
    berwarna hijau muda
    seperti daun-daun pada umumnya
    walau geli lihat tapi unik saat melata

    ReplyDelete
  9. Di rumah saya, di Madura, ular kayak gini disebut "Olar Daun".

    ReplyDelete
  10. ularnya cantik tapi biasanya lumayan juga ya...hmmm harus hati2...selamat pagi salam kopi :)

    ReplyDelete
  11. Saya paling gak sukaa sama binatang ular.... geli soalnya hehehe :D

    ReplyDelete
  12. Iiiiiih aku takut banget sama hewan-hewan reptil takut banget apalagi kalau ngeliat langsung *kabur*

    ReplyDelete
  13. saya plaing jijik yang namanya ular,hadeh merinding ,,,,

    ReplyDelete
  14. trimaksih gan thank bgt infonya ya :D

    sekedar info ajja bagi informasi buat agan" yang laagi bingung atau mengalami kesulitan dalam mengurus surat" penting seprti sim,stnk,dan sebagainya ane ada tempatnya nih mudah bgt tinggal pilih dibawah
    biro jasa sim
    biro jasa bpkb
    biro jasa perizinan
    biro jasa stnk

    ReplyDelete
  15. Apa tidak terbalik itu postingan nya gan,? Hati hati bisa mencelakan orang, yg kepala runcing malah yg aman bagi manusia

    ReplyDelete
  16. Apa tidak terbalik itu postingan nya gan,? Hati hati bisa mencelakan orang, yg kepala runcing malah yg aman bagi manusia

    ReplyDelete
  17. wah, ada satu di pohon pisang saya. padahal pisangnya masak. tidak berani nebang.

    ReplyDelete
  18. setelah saya pelajari, rupanya jenis pertama. takut juga kalau kegigit. pakai bambu masih melawan nih. gimana ya biar pergi tanpa saya bunuh.

    ReplyDelete
  19. mas sardjito kasih uang ajj.pasti klo udh di kasih pergi biasa nya ch begitu....
    hahaja

    ReplyDelete