SEDIKIT LONGSOR DI BUKIT ASTANA GIRIBANGUN

SEDIKIT LONGSOR DI BUKIT ASTANA GIRIBANGUN

Hujan deras pada senin malam 22 desember 2014 yang mengguyur Kecamatan Matesih menyebabkan melorotnya serumpun bambu hampir ke bahu jalan dan tumbangnya beberapa pohon di sisi barat Gunung/Bukit Mbangun yang menjadi lokasi Astana Giribangun yang merupakan makam Almarhum Bp. Soeharto presiden RI yang kedua. Lokasi ini adalah tebing yang longsor beberapa tahun lalu yang menewaskan warga Karangbangun yang berada di sisi barat Di bawah tebing Gunung Bangun tempat Astana Giribangun ini.
Longsor kali ini memang tidak seberapa, hanya pada selasa pagi saat warga dan pihak terkait gotong royong menyingkirkan longsoran rumpun Bambu Duri/ori dan dahan dahan pepohonan yang tumbang, jalur akses ke Astana Giri Bangun ini sempat di tutup dan para peziarah sempat tertahan di Parkir C di taman parkir Gunung kendil. Taman parkir C ini dahulunya adalah bukit dan bukit dalam istilah orang jawa sudah di sebur Gunung. Gunung kendil ini di potong dan diratakan jadilah Parkir C astana GiriBangun taman Parkir Gunung kendil.
Siang harinya Saat Penulis lewat jalur ini semua sudah normal, hanya ada beberapa warga yang mengangkut membawa pulang bambu dan dahan dahan untuk di manfaatkan sebagai kayu bakar sepertinya. Dan batang batang yang besar besar sudah tergeletak di singkirkan di tepi jalanan.
Semoga tidak terjadi cuaca buruk dan hujan yang lebih lebat lagi dan tidak terulang kejadian pilu beberapa tahun lalu di desa Karang bangun ini. sebenarnya yang sangat Potensial terjadi longsor adalah di desa Girilayu dan foto yang ke tiga adalah longsor yang hampir memutus satu satunya akses ke dusun girilayu Gondang Tompe yang terjadi tahun lalu. Lebih mengkhawatirkan lagi ada Dusun Kauman yang Tepat di bawah Gunung/Bukit Mangadek yang menjadi lokasi Astana Mangadek Tempat Pemakaman Raja Solo Mankunegaran yang Ke 1, 2 dan 3. lereng di selatan Dusun Kauman ini sangat tinggi dan terjal namun semoga saja tidak terjadi apa-apa dan aman-aman saja.





Terimakasih Telah Membaca: " SEDIKIT LONGSOR DI BUKIT ASTANA GIRIBANGUN" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 7:01 PM and have 38 komentar

38 komentar:

  1. Dah begitu Lama tak Update blog Isi Petamax dulu Saya ah...

    ReplyDelete
  2. hhehehehe aku yang premium aja gan....jadi miris kalau kita lihat banyaknya tanah longsor dimana2.mungkin ini ulah manusia juga.

    ReplyDelete
  3. seram seram jalannya ,,,,
    hrus ditangani segera tuh ....

    ReplyDelete
  4. memang bentuk daerah dan jalan nya sangat rentan longsor ya Mas, karena letak jalannya berada di tebing tebing kayak gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. ulah lasmini di jaman madangkara dahulu

      Delete
    2. iya memang tempatnya berbukit bukit di lereng lawu tempat lasminiumjuga ada.

      Delete
    3. Ooooooh pantesan aja, yah mudah mudahan aja tidak mengakibatkan hal hal yang tidak di inginkan ya Mas.

      Delete
  5. itu kalo ngelewatin longsoran ngeri banget...
    lagi banyak terjadi lonsor dimana2, mesti waspada lewat jalur2 di perbukitan atu gunung

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, besok kalo Kang Mus mantu, kita harus hati2 kalo kesana

      Delete
    2. iya extra hati hati dah kudunya

      Delete
  6. longsor...longsor...longsor...
    semoga semua korban yang terkena longsor mendapat hidayah dari yang maha kuasa ya sob... amiiiiimm...

    ReplyDelete
  7. saya mendoakan Kang Mus, semoga nggak terjadi apa-apa
    kalopun longsor, akan terantisipasi dengan cepat, dan Insya Allah tidak ada korban karenanya. aamiin

    ReplyDelete
  8. Kayunya gede-gede gitu kang. Ngeri banget kalo nimpain orang.

    ReplyDelete
  9. daerah saya juga mas riskan longsor, tapi kalau lihat yang itu ngeri banget

    ReplyDelete
  10. Jalannya Itu ngeri
    Lereng yang rawan sekali
    Andai saya lewat ngempet setengah mati
    Ketakutan tak terkendali

    ReplyDelete
  11. KALO JALAN RAYA NYA KEK GITU,,YANG MUSTI KITA LAKUIN TERUTAMA ADALAH WASPADA...WASPADA....

    ReplyDelete
  12. Waduh sampe parah gtu mas,,tapi seru kalo buat foto2 ..wkwk

    ReplyDelete
  13. waduh, itu jalanannya ngeri juga sob...

    ReplyDelete
  14. mengerikan dan bisa memakan korban kalau tidak diperbaiju hjalannya. kayaknya deras sekali hujannya bisa sampai kayak gitu ya gan? makasih

    ReplyDelete
  15. ikut prihatin dg kondisinya mas,pasti menggangu yg mau lewat ya longsor ini..

    ReplyDelete
  16. terima kasih infonya
    salam kenal
    saemebeljepara.com

    ReplyDelete