EXS LOKALISASI SILIR SEMANGGI

EXS LOKALISASI SILIR SEMANGGI

SILIR Masih lekat di ingatan masyarakat se ex Karesidenan Surakata mana kala mendengar kata Silir yang masih terbayang adalah lokalisasi Prostitusi, padahal kini Silir Kampung di kelurahan Semanggi Kecamatan Pasarkliwon Kota Surakarta ini telah lama bersih dari Prostitusi.

Silir dalam bahas jawa berati rasa sejuk dingin oleh hembusan angin. Mungkin dari sinilah Nama Silir ini di ambil di mana Silir ini bertempat di pinggir Timur Selatan Kota Surakarta di tepi bengawan Solo, sehingga tempat ini selalu terterpa angin yang menjadikan tempat ini selalu Sejuk dingin Silir Semribit. Atau mungkin karena di Silir inilah dahulu menjadi tempat mudah untuk mendapat Selir pemuas kenikmatan sesaat yang menyejukan dan mendinginkan pikiran hingga jadi isis n Silir..... Tapi entahlah itu hanya angan angan pendapat penulis semata tanpa dasar yang semestinya.

Sudah Sekian lama Silir dikenal sebagai tempat prostitusi dari zaman penjajahan hingga masuk era reformasi Silir Sangat Identik lekat dengan lokasi tempat prostitusi di Kota Solo yang mana Kota Solo berselogan Kota budaya namun entah kena apa sekian lama tempat maksiat ada dan baru pada masa Bp Imam Soetopo menjabat Walikota Solo sekitar tahun 1998an Lokalisasi Silir, Semanggi, Kota Solo ini resmi di tutup.
masjid jamiul'mui di dekat bekas lokalisasi silir semanggi
Walaupun secara resmi lokalisasi Prostitusi Silir Semanggi telah di tutup namun kenyataannya tempat ini masih beroprasi cukup lama. Bertahun-tahun lokalisasi Silir beroprasi secara ilegal dan se ingat penulis hingga di bangun MASJID JAMIUL ' MUI di dekat lokasi Prostitusi Silir Semanggi ini masih ber oprasi. Mungkin karena masjid Ini penghuni lokalisasi jadi risi dan seiring kesadaran masyarakat sekitar yang menjadikan Lokalisasi Silir ini benar-benar Tutup dan bersih dari Prostirusi kini.
sisa sisa bangunan lokalisasi silir solo
Dahulu saat masih beroprasi lokalisasi Prostitusi silir ini Penulis hanya bisa melihat dari jalan raya di luar lokalisasi ini dan belum pernah lihat bagian dalammya jadi tidak tahu persis seperti apa bentuk bentuk bangunan di dalam lokalisasi ini. Yang Penulis saksikan Saat ini hanya sisa sisa bangunan lokalisasi ini di mana ada beberapa bangunan yang mungkin adalah rumah kaca tempat tersaji daging daging segar itu kali ya? Tapi entahlah yang penulis sa saksikan hanya sisa sisa reruntuhan dan beberapa hunian di sepanjang tiga gang bekas lokalisasi ini yang kini jadi rumah tempat tinggal biasa.
di bekas lokalisasi silir jadi lapak barang antik dari bekas kayu tua
Pada salah satu Bekas gusuran Bangunan di bekas lokasi lokalisasi Silir ini kini jadi lapak kayu Tua bekas yang unik dan atik kayaknya. Ada semacam kandang atau apa itu, dan juga lesung, Alu dan barang barang kayu Tua semacam itu yang lainnya.






Terimakasih Telah Membaca: "EXS LOKALISASI SILIR SEMANGGI" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 2:25 PM and have 19 komentar

19 komentar:

  1. mirip seperti di tempat saya mas, ex lokalisasi diberedel n ditutup, setelah itu dilokasi tersebut dibangun masjid yg cukup megah...tapi hal tersebut tidak serta merta menghentikan kegiatan prostitusi, karena disekitarnya masih ada psk yg keukeuh tetap beroprasi dengan membangun warem

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aneh ya Kang Jery kanu maksiat mah suka suka maksa

      Delete
    2. semua itu dikarenakan kuat nya godaan syaiton mas :D

      Delete
    3. Karena Kuatnya Godaan atau Kurang kuatnya keyakinan yah penyebabnya. Namun Mudah-mudahan semua itu hanya Proses dan pada akhirnya semoga mapan sebagaimana mestinya

      Delete
  2. Salam sore Mas Mus Djono. wah sebuah penomenal yang mengagumkan bahwasanya tempat EXS LOKALISASI SILIR SEMANGGI di bangun Rumah Allah, menurut saya itu suatu tindakan yang bagus Mas. dari pada tempat tersebut jadi ajang Prostisusi alngkah bagus ya kaya begitu di bangun Tempat Ibadah. biar berkah seluruh masyrakat sekitarnya *Salam Cemerlang -- greetings mannered and cheerful

    ReplyDelete
  3. bagus juga dibangun tempat ibadah, merubah imej..
    skarang lokalisasi banyak yg musnahkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga saja bersih semua... tapi mungkinkah?

      Delete
  4. langkah yang bagus yang telah dilakukan pemda dengan di bangunnya sarana ibadah dan islamik senetr seperti yang telah di banyak pemda terhadap lokalisasi menjadikan warga di sekitanyamenjadi memiliki nama julukan yang berbeda daripada sebelumnya.
    semoga eks lokalisasi Silir Semangg ini berjaya.

    ReplyDelete
  5. Wah, hebat dong, bisa berubah 180 derajat gitu. Salut sama warganya :)))

    ReplyDelete
  6. di daerah saya juga ditutup tempat lokalisasinya, tapi ya itu tadi belum sepenuhnya tutup total, masih ada aja yang sembunyi-sembunyi melakukan praktek tersebut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga itu hanya proses semata yang menuju sempurna. karena untuk sempurna butuh beberapa penyempurnaan sebelumnya

      Delete
  7. mudah mudahan aja ya mas pemerintah serta masyarakat cepat tanggap dan segera membersihkan tpt prostitusi ilegal kalau bisa sih jangan ada yang legal..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hapannya semoga saja bersih semua yang legal maupun ilegal, tapi lagi-lagi "stingki"

      Delete
  8. Alhamdullilah tempat nya ternyata sudah di bangun mushola jadi senang dan tenang hati ini :)

    ReplyDelete
  9. Jadi kepengen wisata kalau lihat tempat kayak gitu,, tapi sayangnya belum ada waktu dan yang lebih penting lagi belum ada modal,,,,hehehee,,,terimakasih informasinya gan :)

    ReplyDelete