Menyepuh Cangkul Lama Jadi Tajam Kembali

Menyepuh Cangkul Lama Jadi Tajam Kembali

Cangkul Ketika masih baru sudah pasti terasa enak buat mencangkul karena masih tajam mata cangkulnya masih pas kekerasanya. Tidak mudah Pecah juga tidak mudah meleyot saat menerjang benda yang keras kerikil misalnya.
Namun semakin lama cangkul di gunakan mata cangkul seiring dengan waktu pemakaian akan aus dan menjadi lembek mudah meleot saat terkena kerikil atau benda yang keras lainnya dalam istilah Jawa l menyebutya dengan Pacul Gablug namanya. Ini karena besi cangkul menjadi muda mudah meleyot/melot karena tidak pas lagi kekerasannya.

Untuk itu Pacul harus di sepuh kembali agar pacul jadi tajam tidak meleyot/melot  saat menerjang kerikil atau benda keras lainnya karena  besi cangkul lentur/terlalu muda ataupun pecah kecil/rimpil karena besi cangkul terlalu keras/terlalu tua sepuhannya.

Urusan Menyepuh kembali cangkul biar bisa tajam layaknya cangkul baru sudah pasti Mbah Pande ahlinya. Mbah Pande sebutan untuk orang yang berprofesi sebagai tukang Pande Besi di tempat saya setidaknya.


Inti dari Menyepuh sebenarnya adalah memanaskan besi lalu di celupkan pada cairan sehingga menghasilkan sepuhan besi yang pas tidak terlalu keras/ dan juga tidak lembek. Namun sebelum Besi cangkul di sepuh agar cangkul enak di gunakan layaknya pacul baru lagi, cangkul di bentuk dahulu dengan bentuk yang serupa dengan cangkul baru. 

Cangkul di potong ujungnya dengan memanaskan di tungku arang lalu dengan palu pahat di potong ujungnya agar rata hingga cangkul berbentuk persegi rata mata cangkulnya. 

Setelah di potong ujung cangkul Hinga sedikit rata mata cangkul ini lalu di bakar lagi di tungku arang terus di tempa saat besi membara untuk membentuk ke pipihan mata cangkulnya. 

Utuk lebih Sempurna meratakan bentuk cangkul ini, cangkul di tempa di atas balok kayu dalam kondisi dingin Hinga semaksimal mungkin bentuk mata cangkulnya.

Selanjutnya Cangkul di gerinda untuk membentuk kepipihan Mata cangkul dan di sempurnakan bentuknya dengan kikir Baja. 

Setelah dirasa Sempurna Bentuk Mata cangkulnya lalu Besi Cangkul di bakar hingga membara dan di celupkan pada cairan agar dingin tiba-tiba. Di sinilah yang menentukan keberhasilan sepuhannya. 

Hanya mereka yang berpengalaman yang bisa melakukannya sehingga mata cangkul pas tidak mudah Pecah dan juga tidak mudah meleot saat terkena benda yang keras seperti batu atau sejenisnya. 

Dalam mencelupkan Menyepuh ini lain tempat lain lagi caranya. Ada yang hanya mengunakan air saja dengan mencelupkan mata cangkul sebentar lalu di angkat dan di celupkan kembali. Ada pula yang setelah mata cangkul membara di celupkan pada olie/minyak mesin lalu di celupkan lagi pada air. Beda Orang beda pengalaman tentunya. 





Terimakasih Telah Membaca: "Menyepuh Cangkul Lama Jadi Tajam Kembali" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 04.06 and have 2 komentar

2 komentar: