TANAMAN GARUT BERMANFAAT DAN BERKHASIAT OBAT

TANAMAN GARUT BERMANFAAT DAN BERKHASIAT OBAT

TUMBUAHAN GARUT nama ilmiah Tanaman ini dalam bahasa latin adalah Maranta Arundinacea ternyata setelah saya intip di wikipedia dan sangat banyak alias beragan sekali naman sebutan di tiap-tiap daerah dari tanaman Garut ini, diantaranya: Sagu,Bamban Sagu, Sagu Betawi,Sagu Belanda, Peda peda, Ararut, Irut, Ubi Sagu, Gaerut dan lain-lain  Masih banyak lagi Nama sebutan masing-masing daerah untuk tanaman ini, Selengkapnya lihat sendiri saja di wikipedia.
Ubi Garut bisa di buat pati yang berkuwalitas tinggi

Garut Tanaman yang sering di dapati banyak tumbuh dengan sendiri terutama di daerah-daerah pedesaan, Garut biasa tumbuh di sekitar pekarangan, di Kebun dan di ladang. Tanaman Garut biasanya tumbuh dengan sendirinya dan Sangat jarang ada petani yang secara khusus membudidayakan tanaman garut ini. Biasanya Garut bukanlah tanaman utama namun hanya di tanam di sela sela tanaman lain seperti Singkong, talas dan palawija sejenisnya. Garut juga mampu tumbuh dibawah tanaman keras seperti jati Mahuni dan sejenisnya dan garut sering kali di tanam di tempat itu memanfaatkan lahan yang ada daripada ditumbuhi rumput dan semak liar yang tak berguna.

Pohon garut Batang dari tanaman ini yang sebenarnya tersembunyi dalam tanah sedang batang yang tampak di permukaan tanah itu merupakan batang semu yang sebenarnya adalah pelepah daun. Dari batang tanaman Garut yang berada di dalam tanah ini akan keluar umbi yang mana umbi itu sebagai cadangan makanan untuk sebagai mekanisme bertahan hidup di musim kemarau. Dari umbi atau ubi pada garut ini nantinya akan tumbuh menjadi tanaman baru saat memasuki musim penghujan manakala tanah mulai basah dan ubi garut akan tumbuh menjadi tanaman baru yang menghasilkan ubi baru selanjutnya, sedangkan batangnya mati dan mengering di musim kemarau. 

Tanaman garut sering dijumpai di sekitar pekarangan di desa-desa

Saat masuk musim kemarau tanaman Garut yang tumbuh di lahan yang kering  Sebgai contoh di ladang akan mengering dan mati, Sedangkan tanaman yang berada di lahan yang tidak sampai kering kerontang biasanya akan mampu bertahan lebih lama, sehingga bukan hanya dari ubinya saja yang akan tumbuh menjadi tanaman Garut baru melainkan dari Umbi/Rimpang/Batang yang berada di dalam tanah juga bisa tumbuh jadi tanaman garut Baru saat masuk musim penghujan dan tanah mulai basah nantinya.

Musim Kemarau saat tanaman garut mulai mati saat itulah waktunya panen ubi garut. Ubi yang di panen pada waktu begini adalah yang paling bik untuk di jadikan pati karena saat itu ubi garut telah benar-benar tua dan mengandung banyak pati dari sari-sari ubi garut ini, setidaknya waktu panen garut adalah di penghujung musim hujan dan biasanya tanaman garut hanya bisa panen sekali dalam satu tahun.

Ubi Garut bisa langsung direbus dan dimakan selayaknya ubi kayu atau ubi ketela. Rasa ubi garut rebus lumayan gurih namun sedikit terasa kasar karena serat serat halus pada ubi garut ini (rodok nyontrot sitik istilah dalam bahasa jawa). Selain direbus langsung di makan ubi garut bisa juga dibuat beragam olahan makanan dan bahan bahan makanan diantaranya Emping Garut dan Pati Garut.

Emping Garut renyah nan Gurih rasanya walaupun masih terasa sedikit berserat alias nyontot coro jawane, namun tidak mengurangi rasa Gurih nan nikmat dari makanan olahn ubi Garut ini.

Pati Gaut merupakan Tepung pati kualitas tinggi yang dapat di jadikan beragam olahan makanan atau sebagai campuran bahan baku makanan tertentu. Pati garut juga bermanfaat untuk Obat yang berkhasiat Meredakan dengan cepat dan seketika untuk Gejala-gejala Sakit mag dan Beragam Sakit perut semacamnya, Perut nulas melilit-lilit karena terlalu banyak makan Sambal contohnya, dengan menkonsumsi jenag/bubur dari pati garut yang asli perut akan dengan cepat terasa sejuk dingin dan sakitpun mereda  hingga perlahan lahan akan sirna.

Sedinya Tulisan ini Saya mau cerita pengalaman mengolah Ubi garut menjadi Pati Garut yang mana pati garut telah terbukti sangat berguna sekali bagi saya sekeluarga. Satu bagian untuk obat sakit mag yang telah saya tulis sebelumnya, bila belum membaca bolehlah di baca cara  MENCEGAH MENGOBATI SAKIT MAG DENGAN PATI GARUT
Karena ternyata tulisan mengenai yang saya ketahui tentang Tanaman Garut dan manfaatnya ini telah lumyan panjang dan keju kemeng sudah jari ini menulisnya, maka bagaimana Pengalaman Membuat pati garut mungkin akan di tulis selanjutnya saja.





Terimakasih Telah Membaca: "TANAMAN GARUT BERMANFAAT DAN BERKHASIAT OBAT" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 12:01 AM and have 0 komentar

No comments:

Post a Comment