KEHAMILAN DAN PERSALINAN

KEHAMILAN DAN PERSALINAN

Kali ini sekudar bercerita Pengalaman Kehamilan dan Persalinan Istri Saya yang pada kehamilan kali ini sangat banyak keluhan, beda dengan kehamilan yang pertama serasa enak enak saja tanpa kendala berarti. Sejak usia kehamilan muda kali ini Istri Saya ada-ada saja yang dikeluhkan berasa perut mual, mulas, pingang pegal serasa mau melahirkan saja, dengan berbagai keluhan kehamilan hinga sering banget mondar-mandir ke bidan terkait keluhan kehamilan Istri saya

Ibu hamil
Keluhan perut mulas pinggang pegal selalu di rasa dan tiap kali ke bidan di bilang tidak apa-apa selama tidak keluar flek-flek cairan noda dari kemaluan, yang penting kuat menahan rasa sakit saja. Karena memang beda kehamilan beda rasa terkadang ibu hamil merasa biasa saja sebagaimana kehamilan pertama istri Saya namun bisa jadi akan merasa sakit tak kepalang rasanya dengan bermacam macam rasa sakit yang di rasakan, di ibarat kan beribu-ribu rasa sakit jadi satu rasa. Yang penting tidak keluar Flek noda dari kemaluan sesakit apa yang dirasa tidak masalah dengan kandungan namun apabila sampai rasa sakit di perut di sertai keluarnya flek noda dari kemaluan maka harus segera ada langkah tindakannya. Begitu terang Bu Bidan.

Keluhan sakit terus ter ulang hingga usia kehamilan lebih dari delapan bulan rasa sakit di perut istri saya semakin bertambah hingga serasa tidak kuat, di periksakan ke bidan pada tengah malam dan di observasi sampai pagi namun ternyata tidak ada masalah, walaupun sakitnya tidak tertahan. Sampai pagi tidak ada masalah akhirnya pulang saja. Sampai di rumah sakit malah berkurang dan mendingan. Sakit sudah tidak begitu terasa namun pada malam harinya kehamilan Istri keluar cairan, namun karena tidak merasa sakit seperti sebelumnya kami pun tenang tenang saja hingga jam sembilan pagi baru di periksakan lagi ke bu Bidan namun saat itu Bu bidan tidak ada di tempat yang ada hanya mbak bidan muda asistennya Bu Bidan. Setelah di periksa dan di konfirmasi ke bu bidan by pone katanya tidak apa apa hanya di suruh istirahat saja.

Karena di bilang tidak apa apa kami kembali pulang kerumah biar istri istirahat di rumah saja. Namun pada siang hari saat Bu bidan Pulang dari Dinas di Puskesmas mampir ke rumah dan mengajak istri saya untuk di periksa. Setelah di periksa Ternyata kehamilan istri Saya telah pecah ketuban.

SETELAH KEHAMILAN PECAH KETUBAN seharusnya ibu hamil tidak boleh banyak gerak lagi dan harus istirahat total di tempat tidur bahkan pipis pun kudu pakai pispot di tempat tidur.

Karena Kehamilan Istri telah pecah ketuban maka di Infus sebagai pengganti cairan yang keluar, kata Bu Bidan dan disuruh tidur miring ke kiri, kaki kiri lurus dan kaki kanan di tekuk, dan tidak boleh turun dari tempat tidur pipis pun di situ pakai pispot.

Dari rumah seperti tidak ada masalah namun setelah di buat tidur miring ke kiri rasa sakit kian menjadi Sampai jam tiga sore kembali di periksa sudah buka lima. Setelah di periksa kembali di suruh tidur miring ke kiri posisi kaki kiri lurus kaki kanan di tekuk dan di dengkul di ganjal pakai ember kecil.

Di dalam menahan rasa sakit arahan Bu Bidan jangan sampai terdengar suara rintihan alias ngeden karena eman-eman tenaga yang terbuang percuma, sebab tenaga harus di hemat agar saat proses persalinan tidak kehabisan tenaga. Diupayakan saat menahan sakit dengan tarik napas panjang dan buang napas cukup dengan mendesah dan berupaya tidak sampai terdengar rintihan yang menguras tenaga, dan paling di wanti wanti saat pas melahirkan nanti jangan sampai mengangkat Bokong/pinggul agar tidak sampai di jahit pada jalan bayi nantinya.

Menunggu Saat kelahiran miring ke kiri dan menahan rasa sakit walau telah berupaya menghemat tenaga dengan tanpa keluar suara rintihan namun tetap saat sakit tak tertahan keluar juga rintihan yang membuat lapar perut istri Saya. Saya langsung Ambil nasi dan Lele goreng sebagai lauk saat itu dan Tak kasih Suap Istri dengan Nasi sampai tidak begitu terasa lapar lagi.

Sampai jam setengah lima sore di periksa lagi sudah buka delapan, tinggal sebentar lagi Persalinan kehamilan istri saya dan Alhamdulillah jam 17.35 Lagirlah Anak kedua Saya yang di kadungan Istri Saya selama 8 bulan lebih sedikit, Walau bukan usia kehamilan ideal Alhamdulillah persalinan normal berjalan lancar dengan berat bayi 2,5 kilogram.

Sebenarnya pingin melakukan Inisiasi Menyusui Dini IMD namun Bayi kami belum bisa menyusu hingga dua hari harus di suapi tetep dengan ASI Air susu Ibu, ASI adalah makanan Terbaik untuk bayi walau Bayi kami Belim Bisa Menyusu secara dini Namun Tetap Asi Yang Pertama Yang Kami Berikan.

CATATAN PENGALAMAN KEHAMILAN PERSALINAN KALI INI :
  • Beda Janin Yang Di Kandung Bisa Jadi Beda Di Dalam Ibu Merasakannya (Bwaan Kehamilan) 
  • Sesakit Apa Kehamilan adalah Wajar dan tidak ada masalah dengan Kehamilannya, karena Terkadang Ibu Hamil akan Merasa Sakit seakan tak tertahankan, asalkan 
  • Tidak Keluar Cairan Bercampur Noda(Plek-Plek) Kalau Sampai Keluar Harus Segera Di Periksa Untuk Tindak Lanjutnya.
  • Tidak Keluar Cairan alias Rembes Jika Sampai Kehamilan Keluar Cairan Atau Rembes Walau Tidak Merasa Sakit Kudu Harus Segera Di Periksa Untuk Mendapat Tindakan.
  • Saat Menahan Sakit Dengan Tarik Napas Panjang Dan Buang Napas Cukup Dengan Mendesah Dan di Upayakan Tidak Sampai Terdengar Rintihan Yang Hanya Akan Membuang-buang Tenaga Saja
  • Pas Melahirkan Jangan Sampai Mengangkat Bokong/Pinggul Agar Tidak Sampai di Jahit Pada Jalan Bayi nantinya.






Terimakasih Telah Membaca: "KEHAMILAN DAN PERSALINAN" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 8:00 AM and have 44 komentar

44 komentar:

  1. ternyata begitu ya mas, mungkin paktor usia juga, sama dengan kehamilan istri saya saat kehamilan keduax janin di dalam kandungan harus dikeluarkan dengan berbagai alasan tapi Alhamdulillah sekarang anaknya sehat - sehat saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. waw maaf bapak ibu saya pertamax nih

      Delete
    2. hehe anak ke dua mang Yono juga maju dari estimasi kelahiran ya. Yang penting di beri sehat dan selamat dariNya pokoknya.

      Delete
    3. Selamat Mang Yono sudah melahirkan.. eeeh maksudnya Istri
      Mang Yono sudah selamat dalam melahirkan. makasih atas info nya
      Mas Mus Djono.

      Delete
    4. betul sekali mas, apapun caranya yang penting minumnya teh botol sosro.. ups, yang penting sehat ya Kang saud mas Mus hehehe

      Delete
    5. berguna skali utk saya pak jono..
      selamat pak anaknya sdh lahir dgn sehat...

      Delete
  2. pengalaman dari juragan Musjono ini semoga bisa dimanfaatkan dengan baik bagi yang membutuhkan ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekedar menunis pengalaman saat nungguin Persalinan istri ini mas Intan, barang kali saja bermanfaat.

      Delete
  3. semoga artikel ini berguna bagi perempuan-perempuan di indonesia, nice artikel

    ReplyDelete
  4. Audi pengen hamil kalo udah berumah tangga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau Sudah ada jodoh Segera Saja Mbak Ayu tunggu apa juga...

      Delete
  5. Lahiran putra kedua saya juga "lebih susah" drpada yg pertama. Susah keluarnya, pdhl pas lahir cuma beda 0.2kg saja dr yg pertama...

    Alhamdulillah, mas kl keduanya selamat dan sehat. Semoga dpt menjadi keluarga yg sakinah, mawaddah dan rahmah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin...
      Terimakasih Do'anya..
      Eh kok sama malah lancar kehamilan yang pertama gitu ya Mas Pri padahal yan kedua sudah pengalaman seharusnya hehehe..

      Delete
  6. Tantangan bagi para IBU ya mas hamil dan melahirkan... antara hidup dan mati katanya :)

    ReplyDelete
  7. soal wanita ya..
    saya nyimak saja.. numpang minum kopi ..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo mas Yoni tapi di sini belum ada kopi. Yang tersedia gerusan biji kecubung gimana coba.

      Delete
  8. selamat ya mas..atas kelahiran anaknya

    ReplyDelete
  9. selamat siang sobat. Artikel nya sangat bermanfaat sekali sobat tentang pengertian kehamilan dan persalinan ini. Sangat mencerahkan untuk saya yang masih belajar ini sobat. Terimakasih banyak sobatku

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat pagi terimakasih juga dah ppkoknya

      Delete
  10. Istri saya sudah tiga kali melahirkan dan Alhamdulilah, Semuanya tidak menggunakan bedah atau sesar melainkan Melahirkan secara alami. terima kasih buat Mas Mus Mus Djono. Yang sudah berbagi info tentang Kehamilan dan persalinan. salam sejahtera

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih juga om Karysta Yang Normal nan alami Paling Is ndhe bes dah pokoknya

      Delete
  11. saat saat yang mengasyikkan ya mas karena sebentar lagi akan punya momongan baru. Semoga saja bayinya bisa sehat dan selamat serta bisa meneruskan perjuangan bangsa dan agama :)

    ReplyDelete
  12. dan menjadi anak yang soleh dan solehah :)

    ReplyDelete
  13. anaknya cewe pa cowo mas?
    selamat ya dapat momongan lagi,moga jadi anak yg soleh dan solaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. aminn..

      Anak pertama putri yan kedua ini Kakunng, terimakasih do'a ne bang Reo

      Delete
    2. Alhamdulillah...udah dikasih sepasang ya kang....

      Delete
  14. Kalo air ketuban sudah pecah du dalem
    Harus extra banget mas buat pembersihan si bayi..
    Kuatirnya si bayi kemasukan air ketuban di bagian saluran pernapasannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. begitu ya MasPur..
      Alhamdulillah kelahiran kali ini baik dan bayinya sehat juga walau maju dari estimasi dan terlebih dahulu pecah ketubannya.

      Delete
    2. Alhamdulillah..ya mas
      Kalo memang demikian

      Dan selamat ya buat kelahiran pujaan hatinya :)

      Delete
  15. subhanallah...sebuah perjuangan yang sangat berat bagi seorang ibu, semoga jadi pahala yang tak terhingga atas kesabaran dan keikhlasan pasangan keluarga bahagia ini dalam menghadapi persalinan putra kedua ini...
    selamat ya kang...semoga ibu dan bayinya selalu disayangi_NYA dan diberi kesehatan selalu...
    akangnya ditambahi rezekinya makin banyak...ya...
    aaaamiiiiiin

    ReplyDelete
  16. sunguh penuh dengan erjuangan untuk melahirkan anak yang kedua ya mas semoga tidak terjadi apa apa salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah lancar dan baik baik saja, Salam Kenal juga Bang Hen

      Delete
  17. waduh ini ilmu baru sob buat ane, soalnya ane masih kecil dan belum punya bini wkwkwk maklum masih sekolah ane. Izin nyimak sob artikel nya bermanfaat banget, bisa untuk bekal ane kalau sudah gedhe nanti :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang sekarang masih Balita ya sobat..?

      hehehe..:)

      Delete
  18. Alhamdulillah bisa sebagai penambah ilmu pengetahuan nih Mas Mus.

    Terima kasih Mas Mus atas share artikelnya..

    ReplyDelete
  19. Semoga bisa bermanfaat bagi ibu hamil artikel.nya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekedar berbagi pengalaman kehamilan dan persalinan istri saja. Syukur2 bermanfat bagi yang lainnya

      Delete