DAMPAK ERUPSI GUNUNG KELUT DI MATESIH

DAMPAK ERUPSI GUNUNG KELUT DI MATESIH

Erupsi Gunung Kelut Kali adalah yang ter parah dampaknya Setidaknya yang dirasakan di Tempatku sepanjang Letusan Letusan sebelumnya yang ku ingat bahkan sepanjang ingatan Simbok Ku. Suara letusan Gunung Kelud kali ini bahkan sampai terdengar dari daerah ku di Matesih, Karanganyar, Jawa tengah yang jarak dari Gunung Kelud Sangat jauh yang mencapai Ratusan Kilometer kira kira. Saya sendiri tidak mendengar Suara letusan itu karena sedang asyik dengan kegiatan saya sendiri namun banyak yang mengaku mendengar suara letusan gunung Kelud Mertua Saya Salah satunya dan masih ada beberapa lagi yang tinggal di seputar Kabupaten Karanganyar yang mengaku mendengar letusan itu. 

Di Matesih Kabupaten Karanganyar Sudah sering di guyur hujan abu Bila terjadi letusan Gunung seperti Gunung Merapi, Gunung Kelut. Gunung Agung dan gunung-gunung api lain namun belum pernah sampai separah ini yang mana ketebalan abu Vulkanik yang terbawa Sampai Matesih, Karanganyar, Solo Hingga Mencapai 3Seti meter bahkan bisa lebih tebal lagi di beberapa tempat.

Abu mulai mengguyur Di tempatku Matesih Karanganyar, Solo Saat Dini hari namun tidak tahu Saya tepatnya jam berapa namun setahu saya setelah Subuh keluar rumah aspal jalan jalan sudah tidak terlihat karena tertutup hujan abu Vulkanik Gunung Kelud dan hujan abu saat itu sangat deras hingga di siang hari.

Kira kira jam 10 Pagi Angin kencang datang sehingga abu beterbangan yang menjadikan kabut debu yang sangat pekat sampai masuk ke dalam rumah. Banyak yang panik akan kejadian itu bahkan mengira itu letusan susulan padahal cuma karena kencangnya angin saja sehingga membuat abu yang begitu tebal di daun daun pepohonan beterbangan menjadi kabut debu abu vulkanik yang sangat tebal nan pekat.

Selang beberapa Saat gerimis hujan turun sehingga mengurangi dengan drastis kabut debu yang beterbangan dan saat hujan gerimis berhenti hujan abu pun seakan berakhir sehingga lantai masjid yang semula di penuhi debu tak dapat di bersihkan karena setiap kali di sapu debu abu vulkanik kembali lagi. Degan turunnya gerimis hujan jadi mudah di dalam membersihkan nya dan abu tidak segera kembali sehingga saat tiba waktu Ibadah Jum'at masjid-pun bisa siap di gunakan.

Setelah Hujan gerimis begitu pula hujan abu vulkanik Reda Saatnya masyarakat bersibuk-sibuk ria untuk membersihkan jalan begitu juga halaman dari tumpukan material abu vulkanik. parit-parit di pinggir jalan di bendung sehingga air membanjiri jalan dan di manfaatkan untuk membersihkan tumpukan abu vulkanik.

Dampak letusan gunung kelud di jlokowetan
Jam tujuh pagi serasa jam lima saja karena pekatnya hujan abu gunung kelut


abu vulkanik gunung kelud di jlokowetan
Ketebalan abu vulkanik di jalan gajahmada Jloko wetan mencapai tiga sentimeter

debu semakin pekat saat kendaraan lewat








daun pisang roboh tak kuat menahan tebalnya abu vulkanik
daun pisang roboh tak kuat menahan tebalnya abu vulkanik

ketebalan abu vulkanik
Ketebalan abu vulkanik di tengah dusun mencapai tiga sentimeter

abu vulkanik di jloko sangat pekat
sudah jam sembilan Pagi namun mentari tak sanggup menembus tebalnya hujan abu


abu vulkanik di terminal matesih
Suasana terminal Matesih jam sembilan pagi

abu vulkanik di terminal matesih

abu vulkanik di terminal matesih

abu vulkanik di terminal matesih
anak-anak sekolah memilih kembali pulang

hujan turun mengurangi debu abu vulkanik

Untung saja jam setengah sebelas turun gerimis hujan sehingga mengurangi debu abu vulkanik gunung kelut
Untuk membersihkan tumpukan abu vukanik di jalanan parir di bendung di buat banjir ke jalanan
Parit parit di pinggir jalan di bendung dan di buat banjir ke jalanan untuk melarutkan tumpukan material abu vulkaniak








Terimakasih Telah Membaca: "DAMPAK ERUPSI GUNUNG KELUT DI MATESIH" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 11:12 AM and have 27 komentar

27 komentar:

  1. ketebalan abu dijalan sampai 3 senti? WOW tebal sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Subbhanallah semoga becana ini segera berlalu agar
      Saudara saya yang tinggal di Jawa Tengah-Jawa Barat selamat semua :)

      Delete
    2. Alhamdulillah Siang ini hujan turun lagi lumayan berkurang drastis debu dari abu fulkanik gunung kelud ini di sini

      Delete
  2. Turut Prihatin dan Iba buat saudara saya semua yang Berada di daerah
    Jawa Timur Jawa Tengah atas bencana alam Gunung Kelut ini
    Sabar tawakal dan tetap Waspada yah Mas Mus Djono semoga
    Mas Sekeluarga juga Saudara sya semua. selamat dan baik-baik saj Amin

    ReplyDelete
  3. mengerika juga ya masalah gunung meletus ini heu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. lumayan mengerikan terutama pas siang angin bertiup kencang itu debu begiti pekat masuk ke rumah rumah

      Delete
  4. semoga bencana ini segera selesai ya gan.. biar semua aktivitas bisa berjalan normal seperti biasanya :)

    ReplyDelete
  5. padahal gunungnya ada di jawa timur,, dampaknya bisa sampek ke bandung ya gan... semoga keluarga yang terkena musibah ini selalu diberi ketabahan dan semoga ada hikmah dibalik semua ini

    ReplyDelete
  6. Kebayang ngeri,panik dan binggung nya ya mas...dampak dari letusannya...
    Debu nya Sampe setebel 3 centi gitu

    Moga..sekarang keadaannya udah balik normal..seperti biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah sudah jauh lebih baik sekarang di sini

      Delete
  7. pinter juga ya mas masyarakat disana. Parit nya dibikin banjir agar bisa membersihkan abu vulkanik. Bisa dicontoh trik nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah di tempat dataran tinggi air di alirkan ke jalan mengalir dengan deras tapi kalau di dataran rendah tanbah membahayakan sepertinya

      Delete
    2. owh getu ya. Jadi perlu juga kita ukur kemiringan lereng nya ya mas. Wah mantap mas mus jono. Keren ilmu nya ;)

      Delete
  8. Semoga tidak menelan korban lebih banyak, aamiin..

    Hujan abu benar2 hampir memenuhi pulau jawa ckckckck

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin..
      Hampir rata kayaknya dan yang lebih mengerikan gelegar suara letusan gunung kelud terdengar dari Karanganyar, Solo Yang jaraknya kira kira 170Km bahkan kata mertua Saya yang tinggal di Kebakkramat, Karanganyar Dipan tempat tidurnya sampai berasa bergertar saat terdengar suara letusan gunung Kelud itu

      Delete
  9. imbas letusan gunung kelud kerasa banget sampe ke Karanganyar ya kang, hati hati dan selalu make masker ya kang kalau keluar rumah, kalau ng'blog mah ngga usah pake masker n'tar dianggap lebay pula....;o)
    semoga para korban kelud yang sedang mengungsi selalu diberikankekuatan dan kesabaran oleh sang pemberi hidup....aaaaamiiiiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trus tutupan pake tutup panci gitu..ngeblognya ^^

      Delete
  10. sepertinya banyak daerah yang terkena hujan abu vulkanik ya mas. Jadi kita harus berhati-hati dan jaga kebersihan agar kesehatan kita bagus nggak terkena penyakit sebagai akibat dari abu vulkanik tersebut :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak Rin...yg di kuatirin dari dampak abhnua buat kesehatan para warganya..

      Mudah2an..sih pada baik baik aja ..

      Delete
  11. Dulu saat MErapi meletus dahsyat yang kedua sekitar tanggall 5 Nopember 2010, saya berada di Kulon Progo. Jaraknya sekiar 40 KM dari MErapi. Jarak sejauh itu saja masih kena dampak DEBU dan goyangan gempa nya. Apalagi yang jaraknta dekat dengan KELUD.

    ReplyDelete
  12. maha suci Allah...hmm, semoga bencana ini membuat saya dan kita tersadar akan kuasa Allah

    ReplyDelete
  13. meski gunung nya berda di tempat jauh, tapi dampak erupsinya bisa menyebar kemana-mana ya mas. Luar biasa alam ini ya mas,. Ini adalah tanda-tanda kebesaran yang diatas :)

    ReplyDelete
  14. memang besar banget ya mas erupsi nya. Saya sudh lihat video amatir nya di youtube terkait erupsi gunung kelud ini :)

    ReplyDelete