PERGANTIAN TANGGAL BULAN HIJRIAH

PERGANTIAN TANGGAL BULAN HIJRIAH

PENAGGALAN SYAMSYIAH DAN KHOMARIAH---Ada banyak perbedaan perhitungan penanggalan Komariyah/Hijriah yang perhitungannya berdasarkan perputara Bulan Dengan Penanggalan Syamsiyah/Masehi yang Perhitungannya di dasari Peredaran Matahari. Sebenarnya Saya juga tidak paham dan Kurang mengetahui, namun yang pasti saya ketahui adalah perbedaan Pergantian tanggal penanggalan Komariyah/Hijriah terjadi Pada Petang hari sedang pergantian Penanggalan Syamsiyah/Masehi Pergantian tanggal terjadi pada malam hari tepatnya setelah pukul 24.00 atau Pukul 00.00 

awal bulan hijriah dimulai petang hari saat mata hari terbenam
 
Pergantian Bulan di Penanggalan Syamsiyah/Hijriah ditandai Saat matahari terbenam habis di bawah ufuk barat sedangkan saat itu Bulan masih berada di atas ufuk, jadi awal bulan adalah saat pertama kali terlihatnya bulan sabit di petang hari, Sedangkan tanda pergantian bulan Penangalan Syamsiyah/masei sampai saat ini saya belum paham apalagi mengetahui secara pasti.

Dengan begitu berarti pergantian tanggal, Bulan, Begitu pula Tahun, Hijriah di petang hari, hari Sebelumnya. Sebagai contoh Tanggal Satu Bulan Rabiul Tsani bersamaan dengan tanggal satu bulan Februari pada hari Sabtu maka berarti pergantian bulan Hijriah berawal pada hari Ahad/Minggu di petang harinya saat matahari terbenam habis di bawah ufuk sedang saat itu bulan masih berada di atas ufuk.

Itu yang Saya ketahui tentang pergantian Bulan di Penanggalan Islam/Hijriah dan itu sangat mungkin banget salah karena itu hanya yang ketahui dari mendengar-dengar saja dan belum sempat cari referensi namun langsung Tulis saja apa yang ada di kepala.

Sebenarnya Saya mau membuat catatan awal bulan Hijriah tahun Ini sebagai Pengingat Pribadi yang biasa tidak mengetahui kapan waktu pergantian bulan di penanggalan islam, namun sampai di sini tak akhiri dulu nulisnya, sedang catatan Pergantian bulan Hijriah Tak jadikan Posting Selanjutnya saja.





Terimakasih Telah Membaca: "PERGANTIAN TANGGAL BULAN HIJRIAH" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 2:01 AM and have 5 komentar

5 komentar:

  1. Selamat Pagi Mas Mus Djono simak artikel tentang
    Tanggal hijriah nya sangat bermanfaat artikelnya.
    Terima kasih sudah berbagi. salam silaturrahmi :)

    ReplyDelete
  2. semoga saja polemik seperti ini tidak menjadi masalah yang besar seperti halnya penentuan hari lebaran hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang mana yang jadi polemik Mas Dib. Tidak ada deh kayaknya

      Delete
  3. tanggal dan bulan hijriah ini memang selalu berganti ya mas, soalnya beda jumlah hari nya dengan kalender masehi :)

    ReplyDelete