BRAMBANG ASEM SEGAR DI MAKAN SAAT TERIK MATAHARI

BRAMBANG ASEM SEGAR DI MAKAN SAAT TERIK MATAHARI

Brambang Asem masakan sederhana yang kini sudah jarang di temui, mungkin karena jarang orang yang menyukainya hingga panganan yang dulu gampang di temui di pasar-pasar dan penjual makanan keliling di Solo dan sekitarnya ini, kini sudah jarang yang menjajakan, bilalah ada paling satu dua saja.


Masakan berbahan Long nama untuk daun ketela atau daun ubi sangat segar jika di makan di siang siang saat terik matahari. Kebetulan setelah beberapa saat di guyur hujan kebun yan Tadinya gersang bahkan rumput liarpun mati, kini kebun telah menhijau diantaranya long/daun ktela/daun ubi yang tumbuh di kebun begitu lebat hijau nan segar hingga kepingin sama masakan dari Solo berbahan ubi Brambang asem yang sepertinya segar di makan di siang saat terik Matahari. Lansung saja petik long daun ubi dan persiapkan bahan bahan lainnya. 
 

BAHAN UNTUK BRAMBANG ASEM
  • Long nama untuk daun ketela atau daun ubi 
  •  Bramban/Bawang merah 
  •  Asem/Buah asam atau buah tamarin 
  •  Terasi 
  •  Gula merah dan 
  • Garam

CARA MEMASAK BRAMBNG ASEM
  • Potonng-potong Long/daun ketela ikutkan batang yang muda juga gak papa
  • Masak air hinga mendidih tambahkan sedikit garam lalu masukan Long daun ketela. Fungsi garam agar warna long daun ketela tetap hijau segar saat direbus. Rebus sebentar saja jangan sampai terlelu empuk.
  • Bakar Brambang/Bawang merah dan terasi lalu ulek bersama Cabai, buah asam 
  • Tambahkan gula jawa/gula merah dan garam secukupnya
  • Setelah sambal jadi campur sambal dengan rebusan long daun ketela hingga rata dan Brambang asem siap di santap.
Brambang asem segar dinikmati di siang hari saat terik matahari dengan rasa asam pedas dan saat di kunyah dengan suara khas yang penuh sensasi, Kres krekket-krekket sebagai mana suara kunyahan Sapi.
Wuii Ndeso Buanget jebul Bcah iki masak akanan sapi di embat juga trus sapi suruh makan apa coba
Hihihi...  






Terimakasih Telah Membaca: "BRAMBANG ASEM SEGAR DI MAKAN SAAT TERIK MATAHARI" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 3:29 AM and have 29 komentar

29 komentar:

  1. wah saya sangat doyang banget dengan daun ketela hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya lebih suka ketelanya sajah.

      Delete
    2. kalau ubi nya kang lembu suka gak ?

      Delete
    3. ketela sama daunnya saya suka mas :D

      Delete
    4. AS: Punya Mang ubi sih Kudu ijin Dia Punya istri.
      IS: Saya suka yang udah jadi ajah tinggal ngantongi.

      Delete
    5. hahahahaha.....soalnya singkongnya barusan jadi tape sih

      Delete
  2. Replies
    1. sayur mayur bukan ea, karna lebih umumnya long/daun ubi adalah makanan Sapie

      Delete
  3. wah lezat nya, saya sering juga makan ini mas ^_^

    ReplyDelete
  4. tak kirain makanan cuman enak dimakannya pas perut lagi lapar doang, ngga taunya ada makanan yang enaknya dimakan sambil panas panasan ya...;o)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas perut lapar bisa tambah sakit mules oleh kecut dan pedasnya sambelnya Mang..

      Delete
    2. apalagi kalau kecut itu tidak dikasih kecap..merana banget kan ?

      Delete
    3. arti kecut disana dengan di cilembu ko' berbeda ya...?
      kalau disini kecut itu artinya CD nya wanita kang...norak banget ngga seh?

      Delete
    4. hah.......yang setipis silet pakai jaring berenda itu ya ?
      mau dong

      Delete
  5. Di makassar dan sulawesi selatan..masih sangat banyak yg membuat sayur ini..cuman namanya agak berbeda....
    Untunglah sapinya nggak menuntut minta makan nasi goreng dan telur mata sapi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ternyata di sulawesi ada juga yang mau berebut sama sapi ya Bang Har

      Delete
  6. saya baru denger dan baru tau kalau ada masakan seperti itu Mas..hehe

    pasti nikmat sekali ya... nyum..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yahh tapie kalah nikmat sama Iwak Sapi Bli...

      Delete
  7. mas mus pintar memasak deh ah. sayang tidak mengajak kita kita makan bareng di panas panasan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mo gimana lagi panas panasan jadi gosong kalie..

      Delete
    2. kan sambil berjemur kayak bule itu lhooo kang..
      kan asik kalau gosong gigi kita kelihatan putih

      Delete