PEDAGANG HIK TEMPO DULU

PEDAGANG HIK TEMPO DULU

HIK Yang dikenal orang saat ini adalah Warung/ lapak penjaja makanan dan minuman dengan suasana yang enak buat nongkrong atau Wedangan dalam istilah jawanya. Sebab apa di namakan wedangan, karena pada umumnya andalan dari warung HIK adalah Wedang Teh nya. Setiap Warung Punya formula tersendiri dalam meramu dari berbagai merek teh di campur dengan komposisi tersendiri  Hinga jadi ciri khas dari masing masing Warung Wedangan Hik Hick an.
HIK istilah ini kini di kenal sebagai Hidangan Istimewa Kampung. Namun kini yang di jual di warung  di warung Hik tidak lagi istimewa istimewa banget lah ya, yang jajakan di lapak Hick adalah berbagai macam jajanan lauk pauk ada nasi kucing, nasi oseng dan lain jenis nasi bungkus, gorengan, sate usus, sate kerang sate telur dan lauk pauk lainnya. Itulah Hik Sekarang ini, dari mana Nama Hik sebenarnya?  

Yang saya tahu Hik itu dahulu adalah teriakan pedagang penjaja lauk-pauk dan makanan ringan untuk menawarkan dagangannya. Pedagang HIK zaman dahulu yang Bapak-bapak biasanya mengunakan empat Tenongan di pikul dua di kanan dan dua di kiri, sedangkan yang Ibu-ibu mengunakan Dua Tenong di sunggi/di di  di bawa di taruh di atas kepala. Tenong adalah wadah makanan berbentuk bundar terbuat dari Bambu.

Dagangan yang di bawa penjual Hik keliling zaman dahulu Utamanya adalah lauk Pauk dan makanan ringan, ada Goreng Iso, Babat, Kikil, Iwak Loh, Iwak Babi yang terlihat berminyak begitu menggoda terlihatnya, Berbagai Lauk serta jajanan ringan lainya tertata di Tenong yang di pikuk atau di sunggi kala itu. 


Sebenarnya Bukan hanya Hik saja Teriakan penjaja Makanan Keliling waktu itu, ada kata seperti Oeo, Mbokti dan lain semacamnya, hanya saja yang paling banyak yang di ucapkan adalah kata HIK  dan Setiap Pedagang Punya ciri khas masing-masing di dalam Mengucapkannya ada yang melengking ada yang Panjang mengucapkannya dan lain sejenisnya.

Sampai saat ini saya tanyakan kepada Orang-orang generasi di atas saya sebagai pelaku waktu itu apa arti sebenarnya dari Teriakan HIK dari Penjaja makanan keliling waktu itu tidak ada yang tahu pasti, Benarkah HIK itu artinya Hidangan Istimewa Kampung? tidak ada yang bisa memberi jawaban pasti. Yang pasti HIK adalah salah satu Teriakan yang paling Banyak di Suarakan Penjaja Makanan Keliling untuk menawarkan dagangannya.






Terimakasih Telah Membaca: "PEDAGANG HIK TEMPO DULU" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 19.19 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar