MENGASPAL JALAN DENGAN ASPAL HOTMIX BUATAN SENDIRI

MENGASPAL JALAN DENGAN ASPAL HOTMIX BUATAN SENDIRI

MENGASPAL JALAN DENGAN ASPAL HOTMIX BUATAN SENDIRI Ini adalah cerita kerja bakti gotong royong di kampung/dusun tempat aku yang mana ini adalah kegiatan gotong royong melapisi jalan kampung dengan aspal Hotmik buatan sendiri.
MENGASPAL JALAN DENGAN ASPAL HOTMIX BUATAN SENDIRI
Sebenarnya Jalan di Dusun/Kampung ku ini Sudah lumayan halus rata dengan Cor Beton, Namun Masalah serius akan muncul di musim penghujan di sebabkan di sepanjang jalan kampungKu ini di kiri kanan rimbun Oleh Pohon sehingga saat musim penghujan datang jalan di tumbuhi lumut dan menjadikan jalan di kampungKu ini Licin, sehingga sangat besar potensi celaka karenanya. Sebab itulah meski jalanya sudah rata tetap di lapisi dengan ini aspal hotmix campuran sendiri.

Jadi Jalan yang akan di aspal dengan aspal HOTMIX buatan sendiri ini harus jalan yang sudah keras dan rata, bisa dengan Cor Beton Maupun Aspal Coolmix.

Bahan yang digunakan untuk membuat Aspal HOTMIX buatan sendiri ini sebenarnya hanya dua saja yaitu : PSIR dan ASPAL
Namun ada Beberapa Bahan dan Alat Penunjang untuk Mencampur aspal Hotmik buatan sendiri ini diantaranya : Kasa kawat Penyaring/Saringan/Ayakan Pasir Tungku Kayu bakar Penggorengan Cangkul Pengaduk Gayung/Dudukan Kaleng bergalah

Cara Membuat Aspal HOTMIX campuran Sendiri Ini

Pertama Saring Pasir Dengan Kawat Kasa Saringan pasir yang ukuranya lebih kecil atau minimal Sam dengan ketebalan minimal dari pengaspalan jalan nanti, lalu

Buka Drum Aspal dan di panaskan diatasi Tungku api Kayu bakar Hingga leleh Mencair, begitupula

Pasir di panaskan dengan Tungku api Kayubakar di atas Penggorengan yang terbuat dari Drum Bekas wadah Aspal yang sudah di ratakan dan di tekuk pada ketiga Sisinya.

Setelah pasir panas Tuang  Aspal Cair Panas dengan Gayung yang terbuat dari kaleng Biskuit yang di kasih galah panjang, agar aspal tidak sampai mengenai kulit, bisa melepuh kulit kita nantinya jika galah gayung penuangan aspal ini kurang panjang.

Perbandingan Aspal Sama Pasir dalam membuat Aspal Hotmik buatan sendiri ini secukupnya saja kira kira Satu Aspal Banding Empat atau lima Pasir, tergantung jenis pasir yang di pakai saat itu di sesuaikan saja pokoknya.

Aduk Pasir Panas dan Aspal Panas Hinga tercampur rata saat Panas-panasnya, kenapa mesti panas? Ya iyalah namanya HOTMIX ya di campu dalam keadaan panas kali, kalau pelan-pelan itu baru namanya Timik-timik. 😄

Setelah Pasir Pasir dan Aspal tercampur rata tuang ke bak, Sorok, Angkong atau apalah alat semacamnya untuk mengangkut ini Aspal HOTMIX buatan sendiri ke jalan yang akan di aspal dilapisi yang sebelumnya jalan tadi sudah di kasih lem dengan di Kocori Aspal Cair.

Ratakan Aspal HOTMIX buatan sendiri ini sesuai ketebalan yang di inginkan lalu Kocori dengan air dan aspal HOTMIX yang telah diratakan di atas jalan di lindas dengan setom hingga padat merata.

Kalau berkenan silahkan saksikan videonya dimana ini adalah dokumentasi saya ketika ada kegiatan Melapisi jalan Kampung dengan Aspal Hotmik buatan sendiri







Terimakasih Telah Membaca: "MENGASPAL JALAN DENGAN ASPAL HOTMIX BUATAN SENDIRI" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 10.37 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar