TUPANG SEMUT YANG BISA TERBANG

TUPANG SEMUT YANG BISA TERBANG

TUPANG SEMUT TERBANG--Diantara berbagai binatang yang ada dan keluar di awal musim Penghujan selain beberapa binatang yang telah diceritakan pada posting sebelumnya ada lagi Tupang. Tupang adalah Salah satu varian dari koloni semut yang mana tupang ini di siapkan untuk migrasi dengan tujuan expansi pemerataan koloni sebagai mana laron dari koloni Rayap. Bentuk Tubuh Tupang sebagaimana bentuk semut pada umumnya hanya saja mempunyai sayap dan ukuran  tubuhnya jauh lebih besar di banding tubuh semut biasa dari koloninya. Ukuran tubuh tupang sangat beragam tergantung dari jenis semut apa Tupang berasal, ada yang kecil sedang dan besar.
TUPANG SEMUT TERBANG
Semua jenis semut  sebenarnya mempunyai jenis semut yang bisa terbang beginian, namun semut semut biasa pada umumnya jenis yang bisa terbang sebagai mekanisme atau cara bermigrasi beginian tak jauh beda ukuran tubuhnya di banding semut lain pada kelompok/koloni semut itu. Sedangkan Tupang ini dari jenis semut yang seperti apa sebenarnya Sampai saat ini saya juga belum tahu pasti, hanya saja yang sering keluar di rumah saya adalah dari jenis semut yang berwarna merah dan ukuran tupang si semut terbang ini jauh lebih besar dari ukuran tubuh semut semut lain pada kelompoknya. disamping ukuran tubuh warna tupang juga beragam Warna tupang pada umumnya ada coklat gelap kehitaman hingga yang paling menarik ada yang berwarna coklat kemerahan
.
Kena apa binatang ini di beri nama Tupang sampai saat ini saya juga belum tahu pasti, namun akan coba saja saya karang cerita Kena apa Semut Terbang ini bernama Tupang.Yang Saya ketahui kerap kali Semut membuat candi alias lubang keluar  masuk sarang di dekat Tumang. Apa itu Tumang? Tumang iku Lambe Pawon alias bibir tungku kayu di dapur. Dapur rumah di pedesaan yang masih memakai tungku kayu biasanya ada dua tungku, satu tungku di gunakan sehari-hari dan satu tungku lagi digunakan hanya saat saat masak besar semisal ada hajatan. Dari tungku yang jarang di gunakan ini biasanya semut biasa membuat candi lubang yang di gunakan keluar masuk menuju sarang dan pada saatnya nanti dari bawah Tumang ini Semut yang bisa terbang yang bernama Tupang keluar. Karena binatang ini biasa keluar dari bawah Tumang maka binatang ini di beri nama Tupang. Nah ngacokan ceritanya, sebenarnya tidak begitu jugalah itu hanya karangan saya saja, Sebenarnya hanya sedikit saja tupang yang keluar dari bawah tumang lambe pawon alias bibir tungku kayu, lebih banyak lagi Tupang yang keluar di sembarang tempat di alam bebas sana.

Tupang Binatang di awal musim penghujan ini bagi penulis ada kenangan alias nostalgila tersendiri di mana dahulu ternyata saya adalah Badoger yang oportunis atau apalah istilahnya yang pasti bukan opor ayam, yang mana tak pilih pilih makanan yang masuk mulut ditelan ke perut, Termasuk ini Tupang semut terbang juga di ganyang. Apakah enak binatang beginian di makan? ya enak lah... bagi yang doyan tentunya. Tupang setelah di goreng rasanya gurih seperti belalang, (ini lagi belalang juga di embat juga ngragas tenan ikue bocah) atau yang lazim di makan orang ya kayak kayak rasa udang begitu lah. Tapi Tupang digoreng di jadikan lauk atau sekedar camilan kini sih sudah jarang di temui karena sudah bukan zamannya lagi sepertinya binatang aneh-aneh begini di makan, masa kini dari pada makan makanan aneh begitu lebih baik makan ayam ketaki resikonya imu sirah inie.





Terimakasih Telah Membaca: "TUPANG SEMUT YANG BISA TERBANG" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 11:29 PM and have 14 komentar

14 komentar:

  1. kalau saya pernah lihat tupang semut itu, saya kira waktu itu ratu semut, hehe... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah mengira semut tupang itu malah asyanti mas...heee

      Delete
  2. kayaknya saya pernah lihat tupang semut ini deh, tapi lupa dimana mas?

    ReplyDelete
  3. haaaah di goreng mas? baru denger tupang semut bisa di makan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibeberapa tempat di indonesia semut kadang menjadi santapan lezat suatu masyarakat. layaknya laron, pada beberapa masyarakat malah dijadikan makanan dan memang lezat juga mbak ipah.

      Delete
  4. ternyata ada juga semut tupang yang bisa terbang. terus terang saya baru kali ini tau ada semut bisa terbang dan perpindahannya dari suatu tempat ke tempat lain adalah untuk ekspansi pemerataan koloni mereka. sungguh gaya hidup yang luar biasa. menarik dan informatif mas artikelnya. makasih.

    ReplyDelete
  5. kalau bisa gitu ini sejenis semut apa ya mas? apa bisa dikategorikan belalang? nggak nyambung ya

    ReplyDelete
  6. Semut yang seperti ini pasti tingkat ekspansinya sangat luas karena mungkin jarak jelajahnya yang jauh dibanding yg tanpa sayap.

    ReplyDelete
  7. Salah satu hewan yang saya hindari, Soalnya biasanya semut yang bisa terbang Daya capit/menggigitnya sakit sekali. apalagi ukurannya jauh lebih besar dari ukuran tubuh semut semut lain... Baru tau nama semutnya itu Tupang..

    ReplyDelete
  8. mungkin kalau ditempat saya namanya siraru, semut terbang yang kaya akan protein.. apakah sama ngga ya..

    ReplyDelete
  9. sudah jarang banget melihat tupang

    ReplyDelete
  10. Memang sering banget muncul semut sejenis ini di awal musim'!!
    oh ya, blog anda sudah saya follow. Mohon follow juga blog saya ya :)

    ReplyDelete
  11. unik juga gan semutnya bisa terbang, ane jadi penasaran sama itu semut :)

    ReplyDelete