MANUK TERIK BURUNG BERPRILAKU UNIK

MANUK TERIK BURUNG BERPRILAKU UNIK

Manuk Terik, Burung ini di beri nama manuk terik sepertinya di ambil dari suara burung ini yang sambil terbang mengeluarkan suara-suara yang hampir-hampir mirip dengan bunyi Trik terik crick atau semacamnya. Burung ini sepertinya adalah burung migran karena muncul alias terlihat hanya di awal musim hujan saja. Sebenarnya penulis sendiri tidak tahu dari mana burung ini datang dan ke mana tempat burung Terik ini menuju, yang pasti burung ini dahulu di awal selalu penghujan selalu muncul terlihat terbang dari arah utara menuju ke selatan.
MANUK TERIK BURUNG BERPRILAKU UNIK
Bentuk tubuh serta prilaku terbang burung Terik hampir mirip-mirip dengan burung Sriti atau Serwiti ya, Walet atau burung semacamnya, hanya saja burung Terik lebih besar tubuhnya di banding dengan burung Sriti maupun Walet. Yang pasti beda adalah kalau burung Seriti maupun Walet sudah pasti sarang tempat tinggalnya dan terlihat di setiap hari sedang burung Terik ini hanya terlihat di awal musim Hujan terbang dari utara menuju ke selatan di ketinggian, walaupun  terkadang di waktu pagi atau petang saat Laron keluar dari sarang burung ini terbang rendah menyambar-nyambar laron yang keluar dari sarang di dalam tanah untuk di mangsanya. Kelompok Burung Terik Terlihat berhari hari baik siang maupun malam burung ini dapat di temui terbang dari arah utara ke arah selatan, jadi terbayang lagi dahulu begitu banyak sekali ini burung Terik yang terlihat berhari hari terbang mudik atau hilir karna terbang satu arah saja.

Tapi entah kenapa sudah beberapa tahun belakangan di awal musim penghujan kini langit tempat penulis tinggal tidak lagi di warnai dengan migrasi burung terik ini sebagaimana masa kecil penulis dahulu. Mungkinkah Burung ini Punah atau pindah jalur migrasi atau yang sebab lainnya penulis tak tahu Pasti, dan tulisan ini hanya sebagai kenangan penulis saja bahwa dahulu di Tempat Penulis Berada Pernah ada Burung Terik Ini yang terlihat hanya di awal musim Penghujan dan orang orang sering menyebutnya sebagai Manuk Terik Labuh Jagung.

Di sebut Manuk Terik Labuh Jagung Karena awal musim penghujan itu biasa di sebut mongso labuhan dan saat burung Terik ini Muncul Biasanya adalah Saat Tanaman Jagung yang di tanam di ladang mulai tumbuh, yang mana ladang yang pengairannya hanya bergantung pada curah hujan, ketika menanam jagung dan terlihat burung Terik ini menandakan tanaman jagung di ladang akan tumbuh dan besar kemungkinan bisa memanen hasilnya,. karena dahulu terkadang saat hujan sudah mulai turun jika buru-buru  menanam Jagung di ladang saat tanaman jagung mulai tumbuh namun burung Terik Belum juga terlihat biasanya Tanaman Jagung kering karena kepanasan dan kurangnya curah hujan.

Tulisan Burung ini adalah sedikit yang Penulis ingat saat kecil dahulu di mana ada burung yang berprilaku unik karena hanya terlihat di awal musim penghujan, itupun hanya terbang dan melintas di langit tempat tinggal Penulis berada dan tak pernah penulis tahu dari mana burung ini berasal dan ke mana tujuan burung ini. Uniknya lagi burung ini hanya terlihat terbang dari utara ke selatan dan tidak pernah terlihat terbang dari selatan ke utara . Apa mungkin burung ini bermigrasi mengelilingi bumi, sehingga hanya terlihat terbang satu arah saja, ah tak tahu lah orang burung ini terlihat juga sudah dahulu sekali saat Penulis masih Kecil dan kini telah lama tak terlihat lagi.






Terimakasih Telah Membaca: "MANUK TERIK BURUNG BERPRILAKU UNIK" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 2:21 PM and have 15 komentar

15 komentar:

  1. Keberadaan burung tetik ini juga bisa jadi pertanda hasil panen jagung akan bagus ya...

    Kayaknya sering lihat dimusim tertentu, mirip sriti

    ReplyDelete
    Replies
    1. bner bngt tuh kata mas wong ... aplgi klo panennya serempak ... waaaah ... panen burung jg ...hehehe

      Delete
  2. ubik ya burungnya. adanya di langit dan nggak tau dari mana dan tujuannya mana.
    inilah yang disebut burung nggak jelas. sekian.

    ReplyDelete
  3. sekali-kali nanti tolong tangkap dan difoto. lalu bikin posting lagi soal burung ini jilid 3

    ReplyDelete
  4. jadi gitu ya mas asal usul dari nama Manuk Terik Labuh Jagung, sering muncul ketika musim panen jagung, kalau di daerah q kok jarang ya

    ReplyDelete
  5. hmm, baru tau. uniqe, beda nih burungnya :))

    ReplyDelete
  6. memang setiap mahluk itu punya suatu keunikan yang mungkin kadang ga disadari, seperti burung terik ini :D

    ReplyDelete
  7. Burung terik termasuk burung liar ya. saya kira termasuk burung peliharaan. kisah kecil yang menyenangkan. mungkin sekarang namanya sudah berubah mas, bukannya punah..

    ReplyDelete
  8. jadi burung terik bisa juga dianggap sebagai penanda kalau jagung akan berhasil di panen ya mas.

    ReplyDelete
  9. banyak banget burung nya mas, itu kalau di ambil satu lumayan tuh bisa buat di sate hehehehe :D

    ReplyDelete
  10. bukanya burung gituan pratanda ujan ya?? :D

    ReplyDelete