MERCON PIPA KALENG SUSU

MERCON PIPA KALENG SUSU

Sudah Sekian Lama tidak Buka Blogger, seakan Berkarat ini blog hingga serasa berat untuk memulainya lagi hehehe.. Menjelang Bakdo Istilah untuk Hari raya di daerahku Biasanya Anak-anak memeriahkan dengan bermacam-macam mainan diantaranya yang paling marak semasa kecil Saya dahulu adalah Lonng/Bleng-Blengan Alias Mercon/Meriam Bambu yang menggunakan minyak tanah untuk menghasilkan ledakan menggunakan minyak tanah.

Karena saat ini minyak tanah susah di dapat menjadikan Sudah jarang lagi dijumpai yang memainkan Long Bumbung atau mercon/Meriam Bambu. Dengan tidak adanya minyak tanah untuk Long Bumbong alias Mercon/Meriam Bambu justru menjadikan Anak-anak di tempatku berkreasi untuk tetap memainkan mainan dengan suara ledakan Seperti Long Bumbog atau Mercon/Meriam Bambu Beginian.

Salah satu Mainan yang menggantikan Long Bumbong alias Mercon/Meriam Bambu adalah Long/Mercon pipa Kaleng Susu Dengan Berbahan bakar Sepirtus yang dengan mudah didapat di toko-toko bahan bangunan. Long/Mercon/Meriam kaleng Susu ini relatif lebih bersih, Praktis dan aman namun bisa menghasilkan bunyi ledakan menggelegar sebagaimana Long Bumbong alias Meriam Bambu.
Mainan ini bisa di buat dari tabung/pipa apa saja, akan tetapi yang paling mudah di jumpai anak-anak adalah bekas kaleng Susu, sehingga benda itulah yang banyak di gunakan untuk Long/Mercon Jenis ini, Membuatnya pun cukup mudah dengan bahan yang sangat murah.

BAHAN-BAHAN PEMBUATAN LONG/MERCON KALENG SUSU
  • Pipa paralon atau pipa apa saja atau di biat dari kaleng susu dengan di sambung isolasi. 
  • Botol air mineral atau sejenisnya yang seukuran dengan pipa yang disiapkan. 
  • .Pematik korek gas 
  • Semprotan bekas botol minyak wangi atau sejenisnya. 
  • Sepiritus untuk bahan bakarnya.

CARA MEMBUAT LONG/MERCON/MERIAM PIPA KALENG SUSU
  • Siapkan Pipa bisa pralon atau kalau dibuat dari kaleng susu kedua sisi penutup kaleng susu di lubangi,
  • Lalu di sambung dengan solasi hingga jadi pipa kurang lebih Satu meter.
  • Potong botol air mineral atau sejenisnya yang seukuran dengan pipa yang di siapkan tadi, lalu bagian yang ada tutupnya sambungkan pada pipa dan di tali karet atau islasi dengan rapat. 
  • Lepas tutup botolnya dan di pasang pematik korek gas elektrik sebagai pemicu ledakan natinya. 
  • Selesai sudah perakitan Long/mercon pipa kaleng susu, tinggal menyiapkan bahan bakarnya. 
  • Siapkan spirtus dalam semprotan apa saja bisa dari  bekas semprotan botol minyak wangi atau alat alat semacamnya, yang penting bisa membuat kabut dari spirtus untuk disemprotkan di tabung Long/mercon kaleng susu ini. 
  • Setelah siap buka penutup botol air mineral di ujung pipa yang telah terpasang pematik korek gas elektrik tadi 
  • Semprokan Sepirtus dari situ dan tutup kembali.
  • Angkat Long/mercon pipa ini dan di usahakan sejauh mungkin dengan telinga Tekan pematik elektrikya sehingga percikan api dari pematik membakar kabut sepirtus dalam tabung yang menyebabkan terjadi suara ledakan  (BLAMB...... .)

Untuk segera memainkan lagi buka tutupnya dan kocok-kocok itu tabung Long/mercon Paralon kaleng Susu untuk mengeluarkan udara sisa pembakaran ledakan sebelumnya agar terisi udara segar yang baru, lalu semrpotkan sebagaima proses sebelumnya.

itu mainan pengganti meriam bambu yang di buat dari pipa kaleng susu yang relatif lebih aman, dan praktis yang marak di mainkan anak-anak di desaku saat ini. 

mercon pipa terbuat dari kaleng susu
memasukan sepirtus dengan menyemprotkan kedalam pipa

meriam pipa pengganti meriam bambu
Pematik di tekan percikan api membakar uap sepirtus yang di semprotkan hingga terjadilah ledakan






Terimakasih Telah Membaca: "MERCON PIPA KALENG SUSU" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 23.18 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar