ARTI ASLI BHINNEKA TUNGGAL IKA

ARTI ASLI BHINNEKA TUNGGAL IKA

BHINNEKA TUNGGAL IKA istilah yang semua orang Indonesia mengetahui makna serta penjabaraNnya. Kalimat yang tertulis pada pita tempat bertengger Burung Garuda Pancasila dengan di genggam eratnya. Semua sudah paham pastinya akan makna filosofis dari burung garuda yang mencengkeram Pita Bhinneka Tunggal Ika. 

Semua juga pasti tahu akan arti Bhinneka tungal Ika dan penjabarannya, jadi tidak perlu Saya menjelaskannya karena Saya sendiri kurang jelas ternyata.

Namun walau banyak yang tahu arti dan fasih di dalam menjabarkan arti Bhinneka Tunggal Ika Pasti tidak sedikit yang kurang mengetahui tentang makna atau arti Asli Secara Harfiah dari Bhinneka Tunggal Ika.

Kebanyakan mengtahuinya bahwa Bhineka Tungal Ika Berarti Berbeda-beda Tetapi Tetap Satu Juga dan itulah gambaran dari Indonesia yang terdiri dari beragam suku bangsa, dan bahasa yang berbeda beda Namun tetap satu Indonesia dan seterusnya dan seterusnya.

Sedangkan Makna Harfiah Dari Bineka apa? Tunggal Apa? Ika apa? Pasti banyak yang kurang mengetahuinya.

Bhinneka Tunggal Ika istilah dari bahasa sansekerta Yang Tertulis dalam kitab Tripitaka yang di tulis Empu Tantular. BhinnekaTunggal Ika Tika kata yang berbeda namun arti ketiganya adalah sama

BHINNEKA sama dengan SATU. istilah yang agak jarang digunakan dalam bahasa sehari hari memang.

TUNGGAL sama dengan SATU. Semua juga pasti tahu arti tunggal adalah satu karena memang istilah tunggal sudah lazim di gunakan dalam bahasa sehari hari.

IKA sama dengan SATU. Ika juga berarti satu di masyarakat Jawa Anak yang benama Ika biasanya adalah anak yang pertama.

Secara Harfiah BHINNEKA, TUNGGAL dan IKA berarti SATU, SATU dan SATU dari makna itu jadi filosofi Bangsa Indonesia Yang Terdiri Dari Beragam Suku, Ras, Agama, Bahasa dan masih banyak lainnya yang berbeda-beda namun tetap satu Indonesia. Bhineka Tunggal Ika walau berbeda beda kata dan lafalnya namun artinya Satu Semua.





Terimakasih Telah Membaca: "ARTI ASLI BHINNEKA TUNGGAL IKA" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 1:00 AM and have 35 komentar

35 komentar:

  1. Selamat pagi Mas Mus Djono ijin simak artikel pendidikan
    Arti Bhineka tunggal ika. baru tau saya Mas Arti tersebut
    Jadi nambah ilmu pengetahuan terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah yang bener kang Saud... bukannya dah tau dari dulu? hehehe

      Delete
    2. iyah saya juga baru tahu dan tak tulis saja biar ga lupa ya..

      Delete
  2. Asyik nambah juga Pertmax saya dari blognya Mas Mus
    Salam sukses yah Mas artikel cemerlang

    ReplyDelete
  3. mmm ternyata artinya satu semua ya mas djono...
    saya baru tau , dan memang jarang merenungkan kata2 tersebut, saya ikuti saja yang tertanam dalam otak sejak dulu yaitu walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu jua...

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang begitu kan makna sesunguhnya cuma ati harfiahnya memnag gak banyak yang tahu kayaknya

      Delete
  4. indah ya Mas bahasanya.
    kalo gak salah Mpu Tantular di Kitab Sutasoma bukan, yang pertama kali meyebutnya?

    Bhinneka Tunggal Ika, Tan Hana Dharma Mangrwa

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya ya Bhinneka Tungal ika Ada di kitap Sutasoma nya Empu Tantular ya. Ingat saya hanya Empu Ranubaya pembuat pedang naga puspa, hahahaiiii

      Delete
  5. Dulu ada yg bertanya, kenapa kita kesulitan mengusir penjajah, pdhal kita ada banyak?

    Yg ditanya menjawab, justru krn kalian ada 'banyak' itulah kalian kalah. seharusnya kalian itu 'SATU'.

    ReplyDelete
  6. bagus juga ternyata artinya... kebanyakan seseorang hanya bisa mengucap tapi tidak tahu arti dan maknanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua tahu maksunya harusnya sob, dari sd juga sudah di ajarkan. cuma arti secara harfiah yang tak semua mengetahuinya

      Delete
  7. jadi satu sampai tiga kali kalau di gabung jadi satu besar, akan menjadi kekuatan besar nih kang mus?
    misalnya ijuk jika satu kan tidak berguna, paling berguna buat ukrik2 upil nya kang mus.
    kalau disatukan bisa untuk nggepuk jidatnya kang mus kan?
    sakit lho kang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh jadi jenong bathok saya kang Setya kudu tanggung jawab kena denda ya..

      Delete
  8. Jadi makna dari 3 kata itu, satu, satu dan satu ya,,,
    padahal tahunya tunggal aja, tunggal ya pertama, satu, eh ternyata bhineka dan ika artinya satu juga :)

    ReplyDelete
  9. ternyata kalo dijabarkan artinya ya SATU SATU SATU.. tak pernah terpikirkan oleh saya. terimakasih gan buat ilmunya :)

    ReplyDelete
  10. Dari cara menjelaskannya masih berbelit-belit, tapi intinya dapat dipahami kok, yaitu satu jua, sekalipun berbeda tapi harus bersatu.

    ReplyDelete
  11. jadi harus tunggal ya mas.. maksud sayah harus satu .. bersatu kita teguh.. merdeka

    ReplyDelete
  12. Baru tahu kalo arti semuanya satu,satu,satu

    ReplyDelete
    Replies
    1. lha terus berbeda beda dan juga didapat dari mana ya?

      Delete
  13. Setelah arti dari Bhinneka Tunggal Ika diketahui, tinggal makna dan cara penerapan dilingkungan dan negara ini khususnya. Banyak yang mungkin cuma sekedar tahu artinya tapi yaa maish kurang dalam bertindak, mungkin saya salah satunya tapi tidak menutup kemungkinan untuk bertindak sedikit demi sedikit dari yang paling mudah haha salam kenal mas!

    ReplyDelete
  14. Banyak sekali yang mungkin cuma sekedar tahu artinya tapi. maisih kurang dalam bertindak,,,
    hehehehe...
    :d

    ReplyDelete
  15. wah baru tahu saya mas kalau bineka tunggal eka mempunyai makna yang sangat bagus sekali ya, pantas saja dijadikan sebagai prinsip indonesia ;)

    ReplyDelete
  16. ini lo yang dinamakan pendidikan dan pengetahuan, saya baru tahu juga maknanya begitu dalam dan menyatu dalam kebinekaan indonesia

    ReplyDelete
  17. berbeda-beda tetapi tetap satu, keren sekali semboyan kita :)

    ReplyDelete
  18. manteb jawaban nya gan jadi kita orang2 di indonesia tetap bersahabat tapi tidak sama mengenali gan.

    ReplyDelete
  19. Wah saya juga baru tahu nih soal yang seperti ini. Bhinneka Tunggal Ika, luas banget maknanya.

    ReplyDelete