PROSEDUR MENGURUS PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI SAMSAT KARANGANYAR

PROSEDUR MENGURUS PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI SAMSAT KARANGANYAR

PROSEDUR MENGURUS PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI SAMSAT KARANGANYAR-- Mengurus pajak kendaraan bila tidak sempat atau tidak mau repot, tinggal serahkan biro jasa pajak kendaraan bermotor kelar sudah pajaknya tanpa repot. Namun ada baiknya Pajak Kendaraan diurus sendiri karena semakin ke sini pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor Samsat Karanganyar Semakin Memuaskan (menurut saya).


Sebelumnya saya telah tulis Pajak Online Kendaraan Bermotor yang mengurusannya sangat cepat dan mudah, hanya menyerahkan BKB, STNK dan KTP lansung di proses tanpa harus memfoto kopinya. Namun itu hanya untuk Pajak ulang atau Pengesahan STNK untuk tiap setahun sekali.

Sedangkan untuk Pajak setiap lima tahun Sekali yang Brasama Dengan Pengantian Plat Tanda Nomer Kendaraan, Prosedurnya Lain Lagi.

Prosedur Pengurusan Pajak Kendaraan Bermotor yang bersamaan gantinya Plat Tanda Nomor Kendaraan Di Kantor Pajak Samsat Karanganyar:

PETAMA-TAMA FOTOKOPI STNK DAN KTP
Serahkan STNK dan KTP kepada petugas Fotokopi yang Berada disebelah timur, di lorong gedung meng hadap ke timur. Oleh petugas Potokopi nanti akan di fotokopi (lima lembar atau berapa saya lupa) sesuai keperluan pengurusan Pajak.

YANG KEDUA CEK FISIK
Tempatnya sebelah selatannya tempat Fotokopi. Serahkan foto kopi STNK dan KTP dan Nanti Akan di beri kertas untuk mengesek nomer Mesin dan nomer Rangka, ikuti saja prosesnya.

SELANJUTNYA AMBIL FORMULIR
Masuk ke gedung utama lalu ambil formulir sesuai keperluan dengan menyerahkan fotokopi KTP STNK beserta aslinya. Setelah dapat Formulir Masukan Map beserta BPKB lalu serahkan pada petugas, bila semua lenkap dan beres semua Silahkan duduk di bangku tunggu dan menunggu Proses Selesei.

Pelayanan Petugas Kantor Pajak Samsat Karanganyar Sangatlah ramah kepada Pemilik Kendaraan yang mengurus Pajak Sendiri, namun tidak begitu apabila yang mengurus bukan pemilik sendiri atau yang dianggap calo. Hal ini pernah saya alami saat diminta sahabat mengurus pajak mutasi. Saat itu mutasi Dari Jakarta Dan tingal memasukan Ke Karanganyar. Karena tidak sempat mengurus memasukan berkas pajak sendiri SohibKu minta tolong Saya.

Saya lalui prosedur memasukan berkas mulai dari fotokopi, cek fisik, ambil formulir sampai memasukan berkas. Pelayanan para Petugas sangat ramah, namun sampai disini Kudapati Ketidak ramahn Petugas, tadinya biasa, dilayani dengan ramahnya namun saat memeriksa formulir belum di isi tanda tangan dan menyuruh untuk mengisinya dalm bahasa jawa: Niki formulire di kompliti, tanda tangane dereng diisi (Ini isi formulirnya dilengkapi, tanda tangannya belum disi), saya jawab: menawi tanda tangan mboten sami kaleh KTP pripun Pak? Niki Kulo namung dikengken(Kalau tanda tangan tidak sama dengan KTP gimana Pak? Karena saya ini hanya disuruh)

Mendengar jawaban saya Petugas yang tadinya berwajah ramah langsung berubah, dengan nada agak tinggi menjawab: Ngo surat kuasa Po prosedure Piye?! Ora mudeng ngurus-ngurusne ( Buat Surat Kuasa atu
gimana Prosedurnya?! Tidak Ngeti kok Jadi Perantara) begitu kira-kira.

Mendengar jawaban petugas dengan nada agak keras dan wajah yang semula ramah kok berubah Saya Jadi keder dan gematar. Berkas beserta formulir saya bawa pulang dan saya mintakan tanda tangan Pemiliknya dan saya lengkapi isi formulirnya baru saya kembali lagi. Saya serahkan berkas pada petugas tadi lalu diperiksa langsung dilihat pada tanda tangnnya. Setelah mengetahui tandatangan formulir sama dengan KTP pelayanan petugas tadi kembali Raah lagi, ada beberaa isi formulir yang belum terisi di suruh melenkapi, Saya tidak begitu Paham karna baru petama mengurus beginian sayapun banyak bertanya pada petugas dan di jawab dengan ramahnya.

Setelah semua lengkap Berkas diproses Sampai selesei dan Menerima STNK. Namun untuk BPKB dan Plat Tanda Nomer Kendaraan saat Itu tidak langsung jadi dan harus kembali lagi setelah lima hari.

Itu Tadi Prosedur Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor Pajak Samsat Karanganyar Saat Itu. Dan sepertinya masih sama sampai saat saya tulis artikel ini. Pelayanan Pengurusan Pajak Sepertinya Semakin Baik dan cepat jika dibandingkan dengan dahulu. Maka bagi yang tidak biasa mengurus sendiri Pajak Kendaraan Bermotor di Samsat Karanganyar Jangan Ragu-ragu untuk Mengurus Sendiri, asal Komplit Semua Pelayanan Disana Cepat Dan Ramah. Dan semakin Baik Dari Hari kehari.





Terimakasih Telah Membaca: "PROSEDUR MENGURUS PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI SAMSAT KARANGANYAR" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 12:12 PM and have 7 komentar

7 komentar:

  1. Karangnyar memang hebat....salut......

    ReplyDelete
  2. dari bulan mei sampai skrng plat nomer sm bpkb ku ko durung metu, tau kanapa lama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa ya? ga tahu juga aku shob, ini cuma nulis pengalaman saja. urus sendiri apa lewat siapa? Klo urus sendiri coba tanyakan langsung ke bagian informasi biar jelasnya

      Delete
  3. Artikel menarik :)
    Di daerah saya di bali juga cepat dan mudah, tentu saja praktek calo masih ada.

    qiulsme-rock.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Alamat web untuk samsat Online Karanganyar apakah?

    ReplyDelete
  5. klo biaya ganti plat it apa aja ya??

    ReplyDelete