JAMUR BARAT JAMUR NIKMAT TUMBUH DARI SARANG RAYAP

JAMUR BARAT JAMUR NIKMAT TUMBUH DARI SARANG RAYAP

Jamur tumbuh subur saat masuk musim hujan dan dari jamur yang tumbuh ada sebagian yang aman untuk di konsumsi dan ada sebagian lagi beracun dan berbahaya jika sampai di konsumsi manusia. Banyak Macam jenis Jamur yang aman di konsumsi yang tumbuh dari beragam jenis sisa-sisa tumbuhan dan tak sedikit pula jamur beracun. Kali ini akan saya tulis satu jenis jamur yang aman di konsumsi yang banyak tumbuh setelah beberapa saat masuk musim hujan. Untuk jamur beracun tidak layak di konsumsi dahulu  pernah saya tulis salah satu jamur beracun yang tumbuh dari sisa kotoran hewan maupun pembusukan jerami, gedebok pisang dan semacamnya yang racunnya ada yang memanfaatkannya untuk Gedem mabuk-mabukan. selengkapnya silahkan baca Mendem Mabuk Jamur Letong   

Jamur Tumbuh dari sisa sisa tumbuhan, namun jamur sendiri bukan termasuk tanaman karena tumbuhan itu mengolah makanan sendiri dengan menyerap mineral dari tanah dan mengolahnya menjadi makanan dengan bantuan sinar matahari istilah kerennya fotosintesa, sedangkan jamur hanya memanfaatkan nutrisi dari sisa sisa tumbuhan saja bukan mengolah makanan sendiri. Ada banyak jenis sisa tumbuhan sebagai media tumbuh jamur dan satu bagian media tumbuh jamur  yang tumbuh di musim hujan yang aman di konsumsi adalah jamur yang tumbuh dari sarang rayap. Sarang rayap terbuat dari kayu yang di lumatkan oleh rayap pekerja dan di bentuk sarang sekaligus sebagai cadangan makanan bayi-bayi rayap yang baru menetas. dari sarang rayap ini biasa tumbuh jamur yang aman untuk di olah menjadi makanan dan di konsumsi sehari-hari. 

Di tempat yang menjadi sarang rayap dengan di tandai di tempat itu pernah keluar laron biasanya selang beberapa saat di tempat yang sama di sekitar tempat keluar laron itu akan tumbuh jamur. Jamur yang tumbuh di tempat itu yang berasal dari sarang rayap adalah jamur yang tidak mengandung racun dan aman untuk di konsumsi. Namun begitu tidak selamanya di tempat yang terdapat sarang rayap di tumbuhi jamur jenis ini, karena banyak faktor yang mempengaruhi bisa tidaknya jamur tumbuh di tempat itu. 

Jamur yang tumbuh dari sarang rayap sebenarnya hampir sama dan semua layak konsumsi, namun karena bentuk dan ukuran bermacam macam maka banyak pula nama untuk jamur dari sarang rayap ini. Beberapa nama  jamur yang tumbuh dari sarang rayap yang aman dan enak untuk di konsumsi sehari-hari diantaranya ada: Jamur Barat, Jamur Taun, Jamur Trucuk, Jamur Cikrak, Jamur Genuk dan ada beberapa lagi. Nama nama jamur itu di berikan berdasarkan bentuk serta sifat tumbuh jamur tadi. 

JAMUR BARAT
Nama jamur barat ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan Barat arah mata angin, Nanun Barat dalam nama jamur ini adalah dari bahasa jawa di mana Barat Berarti Angin yang Bertiup dengan Kencang. Jamur Barat biasanya banyak tumbuh pada saat Siang hari matahari bersinar dengan terik lalu sore sampai malamnya hujan di sertai angin yang bertiup kencang, dalam istilah bahasa jawa namanya Udan Barat. Setelah Udan Barat di pagi hari biasanya banyak jamur-jamur tumbuh dari Sarang rayap yang jamurnya aman di masak di jadikan makanan. menurut perkiraan Saya penyebab jamur ini banyak tumbuh setelah panas seharian lalu hujan angin datang, mungkin saat tanah panas terkena sinar matahari pada siang hari lalu di guyur hujan lebat menyebabkan kelembaan yang tinggi di lubang dalam tanah tempat sarang rayap berada, sehingga Spora jamur pada sarang rayap yang terbuat dari kayu lapuk itu tumbuh sempurna hingga menyembul ke atas tanah, jamur ini namanya Jamur Barat. 

JAMUR TAUN
Jamur Tahun bentuknya hampir sama dengan Jamur Barat hanya ukurannya lebih besar dan warnanya cenderung lebih putih bersih sebagaimana warna jamur tiram sedang jamur yang tumbuh dari sarang rayap selain jamur taun warnanya agak lebih gelap kecoklatan. Di beri Jamur Taun karena jamur ini biasanya tumbuh di tempat yang sama hanya Satu Tahun sekali, itu pun tidak pasti. 

JAMUR TRUCUK 
Jamur Trucuk ukurannya agak kecil-kecil namun tumbuh serempak dalam jumlah yang banyak dan saat baru tumbuk terlihat berkuncup-kuncup yang dalam istilah bahasa jawa namanya Pating Trucuk. sebab itulah jamur ini namanya Jamur Trucuk. 

JAMUR CIKRAK
Jamur cikrak ini bentuk kelopak mahkotanya lebih panjang sebelah sehingga bentuknya mirip Cikrak atau Ikrak alat untuk mengeruk membuang sampah. 

JAMUR GENUK
Jamur Genuk Mahkotanya agak mengkuncup dan batangnya mengelembung yang dalam bahasa jawa namanya Mblenuk, Karena bentuk Mblenuk itulah jamur ini namanya Jamur Genuk. 

Itu tadi beberapa jamur yang tumbuh alami namun aman di konsumsi yang tumbuh dari sarang rayap. dari sarang rayap itulah tumbuh bermacam-macam jamur yang enak dan aman dimakan. Masih banyak lagi jamur yang tumbuh alami namun aman di konsumsi, diantaranya ada jumur kuping yang tumbuh pada kayu pohon yang mati, Jamur So yang tumbuh dari akar So atau akar pohon kacang Melijo dan yang saya dengar ada jamur yang sangat fantastis dimana satu kilogram saja harganya berjuta-juta bernama jamur pelawan yang tumbuh dari akar pohon pelawan yang ada di tanah Bangka sana.





Terimakasih Telah Membaca: "JAMUR BARAT JAMUR NIKMAT TUMBUH DARI SARANG RAYAP" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 12:28 AM and have 51 komentar

51 komentar:

  1. ternyata jamur-jamur tersebut dapat dikonsumsi, sepertinya saya pernah lihat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dikasih sambel trasi enak banget nggak ya?

      Delete
    2. pernah lihat di sini yang pasti.

      ya enaklah kalau ga enah di kasih kali aja di belakang rumah

      Delete
    3. Emangnya ada apa di Belakang rumah?

      Delete
    4. di depan juga ada, tapi kurang keren

      Delete
    5. itu sering dimkn kok mas, coba dech enk kooo

      Delete
    6. dimkn dan ank itu apa Mas, saya jadi pengen dimkn enk deh

      Delete
    7. Manteb banget itu jamurnya kang, apalagi kalo ditumis hempt yummi.
      Dikeripik juga mantab kang.

      Delete
  2. jadi dia nggak bisa fotosintesis ya Kang.
    kalo foto langsung jadi kan bisa kali kalo nama tokonya "Jamur Photo"

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bisa poto selpi dia termyata

      Delete
    2. Nah itu dia,. Baru juga saya mau komen Foto SELFIE
      E sudah keduluan sama Admin Mas Djono nan keren ini
      Kasian kan saya

      Delete
  3. aku dadi tertarik artikel jamur lethonge

    ReplyDelete
    Replies
    1. wegah. lethong sih, coba dudu lethong

      Delete
    2. akhirnya bisa juga saya komentar, kemaren susah banget pengen bilang kalau jamur rayap ini berkhasiat untuk kekuatan pria loh mang

      Delete
  4. nek ibu saya tuh ngerti banget soal jamur kayak sampeyan iki. kalo saya taunya ya tiram sama merang tok

    ReplyDelete
  5. waktu dulu saya suka mencari jamur di kebun orang hehe tapi sekarang sudah engga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya malah pernah cari jamur ke kebun binatang

      Delete
  6. wah Jamur ya Saya taunya jamur ini dihidangkan dalam Mie Ayam. Selebihnya belum pernah coba JAMUR yang dari sumber lain. SATE JAMUR pun yang konon enak itu juga belum pernah saya cobain. Kasian kan sayah

    ReplyDelete
  7. Jamur emang enak dimakan apalagi kalo dipepes campur tahu beuhhhh mantabb

    ReplyDelete
  8. enak deh masa jamur pake tahu , terus sama nasi sama sambel

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bikin laper aja nih neng devi, mau donk

      Delete
    2. cieeee mas zach lagi promosi :v

      Delete
  9. Jamur barat memang nikmat
    Banyak ngandung manfaat
    Bikin badan sehat
    Tubuh kuat

    ReplyDelete
  10. dari jamur yang disebut kan diatas hanya jamur barat yang tidak asing
    itu Jamur So tumbuh di pohon yang sudah mati atau masih hidup mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya tumbuh di pohon yang udah mati...
      tapi ada juga tumbuh pada beberapa batang pohon bagian bawah yang lembab dan seperti melapuk.

      Delete
  11. diwilayah pegunungan seperti Desa Cilembu jamur dari berbagai jenis tumbuh dan banyak dijajakan di tepi jalan Daendels, tapi kalau jamur barat dari sarang rayap sepertinya rada tjarang deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang jamur ini tidak tidak musti tumbuh di sarang rayap, tapi malah tumbuh di batang pohon mati yang sudah separu ambles ketanah...

      Delete
    2. ternyata khasiat jamur rayap ini makjleb untuk pasutri loh kang, pria bisa sangat kuat, dan jika di makan oleh wanita bisa mengagresipkan loch..cobain deh

      Delete
  12. Klo di kampung saya, jamur yang kayak gitu banyak skali di temukan. .
    Setiap musim hujan pasti selalu tumbuh, .

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah biasanya kalau udah hujan berburu deh tuh jamur barat...pulangnya langsung masak dan bisa merasakan kelezatan jamur barat ya gan?

      Delete
  13. dulunya saya sering nyari jamur barat dan memang enak untuk dimakan. apalagi kalau di buat sop. kalau jamur trucuk sekali tumbuh memang bergerombol namun kecil-kecil.

    ReplyDelete
  14. Klo liat jamur jadi inget mantan.... doi doyan banget

    ReplyDelete
  15. cikrak kalo bahasa endonesanya pengki kang

    ReplyDelete