ADUS BAKDO MANDI HARI RAYA LEBARAN

ADUS BAKDO MANDI HARI RAYA LEBARAN


PRKAKAS RUMAH TANGGA DI CUCI/DIMANDIKAN PADA SAAT HARIRAYA
Dalam Tradisi Jawa Lama Pada Saat Bakdo/Hariraya Lebaran Perkakas Rumah Tangga Di mandikan/Dicuci Lalu Di Taruh Di Pelataran/Halaman Rumah
 Mandi Saat hari Raya Itu sudah hal yang lumrah saja, bahkan itu adalah sunah yang sudah semestinya di lakukan,Bahkan dalam tradisi jawa lama tidak hanya manusia yang mandi saat hari raya lebaran, melainkan Binatang ternak dan barang barang perkakas rumah tangga semua dimandikan saat Hari Raya Lebaran.

Perkakas rumah tangga yang berat dan besar besar seperti meja kursi biasanya di mandikan/di cuci satu atau dua hari sebelumnya, sehingga dalam kebiasaan masyarakat dahulu satu dua hari sebelum hari raya di sibuk bersih bersih rumah terutama memandikan/mencuci Meja kursi.

Di Pagi buta Saat hari Raya binatang ternak Kerbau, Sapi, Kambing di arak di mandikan di kali beramai-ramain, begitu pula beragam alat perkakas rumah tangga seperti Pacul, linggis, Sabit, Sapu dan lain lainnya di Mandikan/Dicuci semua lalu di taruh di Pelataran/Halaman Rumah.

Saat ini Adat kebiasaan memandikan Semua perkakas Rumah Tangga Pada Hariraya/Bakdo Begini Sudah sangat langka dan Sedikit sekali yang masih melakukan nya, karena di rasa sudah tidak sesuai lagi dengan perkembangan zaman dan keyakinan yang berkembang pada Masyarakat pada umumnya, yang masih melakukan Tradisi semacam ini hanyalah di keluarga yang masih terdapat Orangtua/Kakek Nenek yang masih memegang teguh tradisi nenek moyang. 

Walaupun Anak Cucu sebenarnya sudah tidak melakukannya namun untuk menghormatinya mereka taat saja apa yang di perintah walaupun yang Dicuci hanya beberapa saja untuk mewakilinya, tidak sebagaimana zaman dahulu dimana semua perkakas rumah tangga Dimandikan Pada pada Saat Bakdo Hari Raya Lebaran Dan tidak boleh menggunakan alat alat-alat itu hingga selesai Dino Bakdo/Hari Raya.






Terimakasih Telah Membaca: "ADUS BAKDO MANDI HARI RAYA LEBARAN" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 6:01 AM and have 30 komentar

30 komentar:

  1. adat yang memang sudah lama tapi bagus juga untuk melestarikan budaya terdahulu ya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang sudah jarang yang masih melakukan di tela perkembangan zaman dan keyakia

      Delete
    2. aku malah nembe krungu ana budaya jamasan ngene iki Mas.

      Delete
    3. seni saya ajah baru ngrungu, apalagi adiknya ini...coba

      Delete
    4. kakak seperguruan saya ajah baru ngrungu, apalagi sayah coba.

      Delete
    5. ya iyalah ini crito ko solo.... .

      Delete
  2. harus dilestarikan adat dan kebiasaan ini ya mas, biar ada tamu pas hari raya, semua peralatan sudah bersuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas hari raya/dino bakdo malah semua peralatan ga boleh di gunakan Mang

      Delete
    2. mamang yono ra ngerti bakdo Mas

      Delete
    3. ga tahu bak do apa tahunya kosong do?

      Delete
    4. sayah juga jawa, tapi kenapa saya juga ra ngerti yea?
      sapah yang salah kalo ginih...coba?

      Delete
  3. efek positifnya sih biar peralatan jadi bersih ya mas, kalo soal keyakinan sih kembali ke orangnya masiang masiang, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastinya sekarang...ya...sekarang...bukannya besok

      Delete
  4. Udah sedikit bergeser ya mas sekarang..malah udah ditinggalkan ding :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. begitulah sudah ga zaman kali, sekarang dah zaman internet sih.. ga musim mandi bakdo lagie

      Delete
    2. mandi susu dong yang hot sekarang

      Delete
  5. saya membayangkan betapa semaraknya warga bareng2 melakukan kegiatan ini pada saat yang sama, dan masing-masing. pasti seru dan ketok guyub.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang begitu ramai kali/sungai sehabis subuh waktu itu. layaknya pasar saja karena semua warga turun ke sungai memandikan perkakas rumah tangga masing-masing.

      Delete
    2. tapi sampeyan aja-aja belum mandi nih sekarang? wkwkwkwk

      Delete
    3. Wduh ga adus bakdo tapi adus pas suro

      Delete
  6. kalau sudah kbiasaan ya pasti slalu di lakukan apalagi sudah menjadi tradisi ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tradisi juga bisa berganti kenyataannya

      Delete
    2. tradisi penekan pucang ada Mas?

      Delete
    3. tak perhatiin kang zavh disini mah bawel euy...coba liat, komentarnya....bawel bingit kan?...
      #cling...menghilang

      Delete
  7. mungkin sudah tergeser dengan gadget kang :)
    atau bisa jadi, keasyikan ngeblog atau pesbukan, jadinya pada lupa ngumbah perkakas nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang jamanya ngumbah moto kayaknya

      Delete
  8. wah ada juga ya tradisi mandi memandikan berkakas, laptop gemana. hahahaha

    ReplyDelete