LEGENDA GUNUNG GAMPING

LEGENDA GUNUNG GAMPING

LEGENDA GUNUNG GAMPING Yang saya ceritakan kali ini adalah Gunung Gamping atau Bukit Batu Kapur Yang berada di desa Bandardawung, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.  
LEGENDA GUNUNG GAMPING
Setahu Saya Ini adalah satu-satunya Gunung Gamping alias Bukit Kapur yang ada di Karanganyar. Bukit Kapur Ini di manfaatkan warga sekitar di tambang Batunya untuk di bakar di jadikan bubuk kapur Untuk bahan bangunan sebagai pendamping semen. 

Ada Cerita Legenda Masyarakat Lokal Tentang Asal Mula Gunung Gamping Yang mana Asal Mula terjadi Gunung ini adalah dari Otak Isi kepala Raksasa, yang mana dahulu Gunung Gamping ini saat masih gersang sebelum banyak di tumbuhi tanaman jika dilihat dari kejauhan dari warnanya yang putih dan lekukan bebatuan kapur terlihat seperti Otak Yang Teronggok di kejauhan sana. 

Gunung Gamping di Dusun Gamping, Desa Bandardawung, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar berdasarkan cerita legenda Masyarakat sekitar terjadi dari otak Pancatnyono Raksasa Jahat Saat bertarung dengan RADEN GATOTKACA SATRIA PRINGGODANI

Bagaimana dan kena apa Pertarungan Raden Gatotkaca dan Pancatnyo ini bisa terjadi silahkan saja ada di posting terdahulu di link di atas.

Dalam Pertarungan itu Rambut Pancatnyono di tarik hingga kepalanya membentur Watu Gilang yang berada di desa Blumbang Tawangmangu hingga pecah, Otaknya terlempar sampai Desa Bandardawung dan jadilah gunung Gamping ini. Giginya di tanam penduduk sekitar dan tumbuh menjadi Bawang Putih dan Bawang merah. Cerita lebih lengkap bagaimana awal mula pertarungan itu ada di LEGENDA BAWANG PUTIH BAWANG MERAH 

Begitulah Cerita Legenda yang berkembang di masyarakat terjadinya Gunung Gamping Bukit Batu Kapur di Desa Bandar Dawung, Tawangmangu. 







Terimakasih Telah Membaca: "LEGENDA GUNUNG GAMPING" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 12.12 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar