MEMBUAT INDUK BAKTERI

MEMBUAT INDUK BAKTERI

MEMBUAT INDUK BAKTERI. Melanjutkan catatan sebelumnya di salah satu segmen acara Karanganyar Taman Kabudayan KTK #19, Workshop Pembuatan Pupuk Organik, Salah satu unsur yang di perlukan untuk membuat Pupuk Organik adalah Induk Bakteri.
Cara membuat induk Bakteri Karanganyar Taman Kabudayan #19
Induk Bakteri ini adalah  yang akan di gunakan sebagai bakteri pengurai unsur hara yang ada di bahan organik sehingga siap jadi pupuk yang bisa di serap dan bermanfaat untuk tanaman di sekitar kita. 

Fungsi dari induk bakteri ini untuk mempercepat atau memaksimalkan pada proses pembuatan pupuk kimia Nabati atau Pupuk Organik, baik pupuk cair maupun pupuk padat. 

Bakteri yang akan di kembangkan jadi indukan di sini diambil dari Rumen Sapi yaitu Kotoran yang ada di dalam lambung Sapi yang dalam istilah Jawa Brodot namanya. Bahan ini bisa di dapatkan di tempat-tempatPemotongan Hewan, Brodot/Rumen Sapi di rumah pemotongan hewan biasanya di buang begitu saja. 

Selain dari Brodot/Rumen Sapi Bakteri Yang akan di kembangkan juga dari Urin Sapi, Kambing atau paling bagus sebenarnya pakai urin Kelinci. 

Bahan lain untuk Bakteri induk ini mengunakan Kecambah atau toge, Tetes tebu atau  Molase serta bekatul untuk makanan bakteri yang akan di kembangkan sebagai induk bakteri ini.  

Diperlukan juga Penetral jamur atau Fungisida organik JLK dua  JLKK yaitu fermentasi Jahe Laos Kencur dan kunyit yang cara buatnya di posting sebelumnya, silahkan baca J L K DUA FUNGISIDA PENETRAL JAMUR ORGANIK

Komposisi bahan yang di gunakan 
  • 10 kg Brodot/Rumen Sapi 
  • 20 Kg Bekatul 
  • 3 liter JLKK Penetral Jamur 
  • 3 liter Molase/Tetes Tebu 
  • 25 Liter urin Sapi/Kambing/kelinci 

Cara Membuatnya: 
Bekatul di seterilkan dengan si kukus lalu di dinginkan, Masukan ke dalam wadah Gentong, Drum Plastik atau Bak Bersama dengannya Brodot/Rumen atau Kotoran yang ada di lambung Sapi, Kecambah/Toge, JLKK Penetral jamur, Tetes Tebu/Molase Dan Urin Sapi/Kambing/Kelinci. Aduk-aduk sampai rata lalu di Tutup di fermentasi selama 14 hari, Setelah dua Minggu Saring dan Cairan fermentasi ini bisa di gunakan sebagai Induk bakteri ini. 

Induk bakteri yang Sudah Jadi bisa dia awaetkan dengan di Beri Makan Tetes Tebu atau Molase Sebagai Makanan yang Menutrisi Bakteri Pengurai yang di jadikan Indukan ini.







Terimakasih Telah Membaca: "MEMBUAT INDUK BAKTERI" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 9:13 AM and have 1 komentar

1 komentar:

  1. Boleh di coba, tapi aplikasinya bisa buat apa saja?

    ReplyDelete