J L K DUA FUNGISIDA PENETRAL JAMUR ORGANIK

J L K DUA FUNGISIDA PENETRAL JAMUR ORGANIK

J L K DUA FUNGISIDA PENETRAL JAMUR ORGANIK. Cara Membuat Penetral Jamur/Fungisida organik ini adalah salah satu catatan buat saya sendiri sebenarnya, namun saya tulis di sini mungkin saja ada manfaat buat buat orang lain.
Cara membuat Fungisida Penetral jamur alami ini adalah apa yang di terangkan Mas Dian Yang Mewakili Kelompok Pemuda Mekarsari dan Sekam Dari Mojogedang Di salah satu sesi dalam acara Karanganyar Taman Kabudayan #19 sesi Workshop Pembuatan Pupuk Organik.

Salah satu komponen atau bahan untuk membuat pupuk Organik adalah JLK dua atau JLKK yang berfungsi untuk mengendalikan jamur. Karena dari bahan-bahan organik yang akan di gunakan untuk Pupuk mungkin mengandung jamur yang merugikan, untuk itu perlu di netralkan dengan JLK dua ini.

Apa itu JLKK alias JLK dua?
JLKK adalah rempah-rempah atau empon-empon di sekitar kita yang bisa di fugsikan sebagai Pengendali jamur alias Fungisida siada yaitu yang terdiri dari JJ ny adalah  Jahe, L samadengan Laos/Lengkuas, K yang pertama Kencur, sedangkan K yang ke dua adalah Kunir/Kunyit.

Apa saja dan seberapa banyak bahan yang di perlukan untuk membuat Fungisida Nabati ini?

Yang Harus di siapkan pasti JLK dua tadi dan bahan tambahan untuk permentasi yaitu:
  • Jahe 2,5 kg 
  • Laos/Lengkuas 2,5 kg 
  • Kencur 2,5 kg
  • Kunir/Kunyit 5 kg 
  • Air kelapa 20 liter 
  • Ragi tapai secukupnya
  • Gentong, Dum, Bak atau wadah semacamnya

Cara Membuat:
Jahe, Laos, Kencur, Kunir Di cacah/di cincang di masukan kedalam gentong atau drum lalu masukan air kelapa dan di taburi ragi tapai. Tutup dengan plastik dan dibuka tutupnya secara berkala setelah dua Minggu Ambil airnya Siap di gunakan sebagai Pengendali jamur atau Fungisida Nabati. Setelah air habis bisa di kasih 20 liter air kelapa sekali lagi untuk mengandakannya. Air permentasi inilah yang​ berfungsi sebagai Fungisida/Pengendali Jamur Organik Yang ramah lingkungan.






Terimakasih Telah Membaca: "J L K DUA FUNGISIDA PENETRAL JAMUR ORGANIK" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 7:32 AM and have 0 komentar

No comments:

Post a Comment