CARA LAS ALUMINIUM DENGAN LAS KARBIT

CARA LAS ALUMINIUM DENGAN LAS KARBIT

Las Aluminium, Posting ini sebagai kelanjutan posting Sebelumnya walau dengan jeda cukup lama  yang membahas cara membuat salah satu bahan mengerjakan Las Aluminium. pada dasarnya sama saja Las Aluminium dengan las besi pada umumnya yang mana pada intinya melelahkan dua bagian logam agar bersatu, hanya saja untuk aluminium titik lebur logam jenis ini lebih luas dibanding titik lebur besi, sehingga diperlukan ketelitian dan kesabaran ekstra untuk mengerjakannya.

Selain ketelitian yang lebih masih ada lagi bahan dan alat khusus yang diperlukan untuk mengerjakannya pekerjaan las aluminium dalam hal ini las Aluminium menggunakan las Karbit. 

BAHAN DAN PERLENGKAPAN YANG DIBUTUHKAN UNTUK LAS ALUMINIUM (LAS KARBI) 

  • SEPERANGKAT LAS KARBIT yang berupa Tabung Karbit atau gas asetelien, Tabung gas oksigen beserta regulatornya, selang beserta blender dan peralatan pendukung seperti penekil korek api dan lain-lainya. 
  • STIK ISIAN UNTUK LAS ALUMUNIUM. Utuk Las besi hal ini cukup menggunakan kawat besi yang bisa di beli di toko besi, namun Utuk Aluminium sepertinya tidak ada yang menjualnya, maka bahan ini harus membuat sendiri. Cara buat telah di bahas di posting sebelumnya....... 
  • STIK KAWAT BESI Untuk Menata lelehan kedua sisi aluminium yang di las. 


CARA MENGELAS ALUMINIUM (LAS KARBIT)

Satukan Kedua sisi aluminium yang akan di Sambung dan lelehkan dengan Blender di sisi kedua ujungnya untuk mengunci agar tidak berubah-ubah. 

Setelah terkunci tinggal melelehkan dua diantara kedua sisi Aluminium yang akan di satukan entah karena retak atau memang sengaja akan menyambung logam aluminium ini 

Tata Lelehan Kedua sisi Aluminium yang melebur dengan Stik kawat besi. Titik lebur Aluminium terbilang cukup luas maka di perlukan kesabaran dan ketelitian ektra dalam melakukanya. 

Beri Tambah Lelehan kedua sisi aluminium tadi Dengan melelehkan stik isian untuk las aluminium yang telah dipersiapkan sambil di tata mengunakan stik kawat dan di buang senyawa-senyawa lain yang mengotorinya. 

Setelah tersambung sempurna tinggal menunggu dingin dan di gerinda atau di kikir untuk menghaluskannya. 

Untuk bagian yang perlu ketepatan tinggi sebagai contoh rumah Lakers dan sejenisnya tidak lah memungkinkan kalau hanya di gerinda atau di haluskan memakai kikir, namun untuk hal  ini harus ahli Bubut yang menanganinya.






Terimakasih Telah Membaca: "CARA LAS ALUMINIUM DENGAN LAS KARBIT" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 6:02 AM and have 1 komentar

1 komentar:

  1. Di tempat saya banyak pengrajin almunium...mulai dari alat2 dapur, rumah sampai aksesoris kendaraan. Jadi udah biasa lihat proses las almunium. silau men!

    ReplyDelete