LOR PASAR KAMPUNG YANG BIKIN BINGUNG

LOR PASAR KAMPUNG YANG BIKIN BINGUNG

Lor Pasar adalah kata dalam bahasa Jawa yang berarti Utara pasar, Namun ada yang unik dari nama sebuah Kampung atau Dusun di Desa Matesih yang bernama Lor Pasar yang sering kali membuat orang merasa bingung, heran, aneh atau expresi rasa semacamnya, Hal ini beberapa kali temui orang dengan expresi semacam itu yang salah satu kejadian yang terakhir adalah saat Saya mengurus perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Satlantas Karanganyar Beberapa saat lalu, Begini ceritanya:

Saat antri mengurus perpanjangan SIM yang dahulu saya ceritakan dalam MENGURUS PERPANJANGAN SIM Dalam antrean biasalah saling mengobrol dengan mereka yang berkepentingan sama dan karena antrean lumayan banyak jadi ya sempat mengobrol cerita banyak hal, salah satunya lawan bicara saya menceritakan Dia punya teman di Matesih namun Kampung/Dusunnya mana Dia lupa, yang  di ingat secara pasti adalah lokasi rumah temannya di barat terminal Matesih, itu kampung apa? (Tanya dia).
LOR PASAR KAMPUNG YANG BIKIN BINGUNG

Kampung/Dusun di barat Terminal Matesih adalah Lor Pasar (jawab Saya). Mendengar Jawaban saya Lawan bicara saya ini terlihat merasa aneh, bingung atau semacamnya karena Terminal dan pasar itu satu tempat bagaimana bisa dusun di barat Pasar bernama LorPasar yang berarti Utara Pasar. Di sinilah saya cerita bagaimana bisa Tempat di Barat Pasar Bernama LorPasar dan akhirnya saya tulis ini.
Cerita ini Saya dapat dari Simbok (baca Ibu) Saya, Karena memang saya sendiri tahunya Pasar Matesih ya tempatnya yang sekarang ini berada. Sedangkan Menurut Simbok (baca Ibu) Pasar Matesih dahulu lokasinya bukan sebagai mana sekarang, Lokasi Pasar Matesih Sedianya adalah di Selatan Kampung/Dusun LorPasar atau tepatnya saat ini adalah Kampung Mbayanan. Dahulu Pasar Matesih Lokasinya di barat Jalan Raya  Matesih Jl. TP. Joko Songo di Kampung Mbayanan, di barat lokasi Pasar Matesih yang sekarang ini.

Di tengah-tengah Pasar Matesih lama terdapat Belik/Sendang istilah dalam bahasa Jawa untuk Sumber/mata air yang bernama  Mber Putri, mata air Sumber Putri ini masih ada dan masih lestari hingga saat ini (saat di publis tulisan ini) ada sedikit cerita menarik sebenarnya tentang ini Belik Sendang alias mata air namun di tunda dulu saja cerita mengenai Sendang ini dan kita kembali pada cerita tentang kampung Lor Pasar lagi.

Pasar Matesih Dahulu memang berada di Selatan Kampung/Dusun LorPasar yang berati Kampung Lor Pasar memang Berada di  Utara Pasar cocok sebagaimana namanya Lor Pasar yang artinya Utara Pasar.

Namun pada akhirnya Pasar Matesih Pindah lokasi dari yang semula di Barat jalan raya pindah ke timur Jalan Raya Matesih, Jl. TP. Joko Songo alias jalan Tentara Pelajar Joko Songo.

Walau Pasar Matesih Pindah namun nama dusun yang sedianya berada di Utara Pasar sehingga nama Dusun/Kampung itu LorPasar, tetap melekat hingga kini, walaupun kini posisi Kampung LorPasar Sudah tidak berada di Utara Pasar lagi melainkan sekarang ini kampung LorPasar posisinya di sebelah barat Pasar Matesih.

Hal inilah yang sering kali orang yang tidak tahu sejarahnya mungkin merasa aneh ketika datang ke tempat ini ataupun sekedar mendengar nama kampung Lor Pasar Desa Matesih ini, karena tidak sesuai antara nama dan kenyataannya, termasuk Saya sendiri sebelum mengetahui cerita sejarah nya juga merasa aneh dan bingung juga dengan nama kampung ini. Namun tidak ada yang aneh sebenarnya dengan Nama Kampung Lor Pasar Desa Matesih ini setelah tahu bagaimana awal sejarah namanya karena yang namanya sejarah tidak akan berubah dan tidak bisa di rubah.







Terimakasih Telah Membaca: "LOR PASAR KAMPUNG YANG BIKIN BINGUNG" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 10:44 PM and have 12 komentar

12 komentar:

  1. jadi karena sesuai sejarah masa lalu ya posisinya, dan menjadi kebiasaan warga setmpat dngan penyebutan lor pasar

    ReplyDelete
  2. Namanya juga sejarah kang dari dulu sampai hari ini pasti namanya tetep lor pasar gak mungkin bisa di ganti kang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih namun bagi yang tidak tahu jadi merasa aneh bingung dan semacamnya biasanya

      Delete
  3. Hmmm biar saja mas kan itu sebagian dari sejarah juga.

    ReplyDelete
  4. Benar sekali kang, yang namanya sejarah memang tak bisa diubah,. hehe gak banyak komen kang salam sukses aja.

    ReplyDelete
  5. Lor itu bahasa jawa kalau nggak salah. Artinya Utara ya kan !

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ngolor kang apa artinya keutara ya kang.

      Delete
  6. wajar saja jika kemudian saya juga ikutan bingung dengan lorpasar pasar utara dan bapak yang di ajak ngobrol juga bingung kan?

    ReplyDelete
  7. wajar saja jika kemudian saya juga ikutan bingung dengan lorpasar pasar utara dan bapak yang di ajak ngobrol juga bingung kan?

    ReplyDelete
  8. yang jelas, aku juga bingung mau bikin komen apa....hahah

    ReplyDelete