MENAMBANG DAN MENGANGKUT BATU DI KALI BAKAL WADUK GONDANG KERJO

MENAMBANG DAN MENGANGKUT BATU DI KALI BAKAL WADUK GONDANG KERJO

AKTIVITAS MENAMBANG DAN MENGANGKUT BATU DI KALI BAKAL WADUK GONDANG ini Saya ambil Videonya Saat kebetulan melintas di jalan dekat Sungai yang akan di bendung di jadikan Waduk Gondang, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karangayar, saat itu Melihat Truk melintas di Tempat yang tidak semestinya, Truk biasanya melintas di jalan raya sedang yang di lihat kali ini Truk melintas di tengah sungai Hingga menggugah Rasa Penasaran Saya untuk melihat dari dekat kejadiannya.
MENAMBANG DAN MENGANGKUT BATU DI KALI BAKAL WADUK GONDANG KERJO
Sungai ini Dahulunya sebagaimana Sungai-sugai lain pada umumnya di mana ada larangan mengambil Batu di Sungai karena keberadaan batu-batu itu sebagai penahan erosi yang akan terjadi bila batu-batu di sungai itu sampai diambil/ditambang sampai habis, namun karena Sungai ini akan di bendung di jadikan Waduk alias Danau Buatan, maka di bolehkan Batu–batu di kali ini di ambil di tambang Warga untuk di jual sebagai bahan bangunan.

Inilah Kesempatan Bagi Warga sekitar yang biasa bermata pencaharian memecah mencari batu mendapat sedikit kemudahan dalam mengais rezeki, menambang batu lebih mudah dari biasanya. Biasanya menambang Batu di Sungai harus mamanggul ataupun memikul bebatuan yang akan di jual sampai tepian Jalan Raya agar bisa menaikkan batu-batu itu ke Truk di tempat ini Truk dibuatkan Jalan hingga masuk Kali yang menjadikan Pencari batu Tidak perlu lagi Memanggul Batu ke tepi jalan raya namun bisa langsung menaikkan Batu ke atas bal truk di tengah kali itu juga, lebih hemat waktu dan tenaga jadinya.

Para Pemecah pencari/menambang Batu Kali/sungai yang Saya Temui Waktu itu adalah Rombongan Dari Warga Desa Karanggandu Sebanyak Duabelas orang yang saat itu dalam Sehari mendapat lima Rit istilah untuk lima Bak Truk, Sak Rit/Satu Truk Penuh Seharga Limaratus ribu rupiah, Kena dana Jalan untuk yang Punya lahan/Sawah yang dijadikan akses jalan dan sebagian masuk kas desa setempat sebesar Seratus ribu rupiah, Rata rata sehari Pendapatan mereka Seratus limapuluh ribu rupiah.

Keuntungan Juga di dapat dari Truk yang muat Batu ini, Satu Truk biasanya enamratus hingga tujuhratus ribu rupiah di tempat ini hanya Limaratus rupiah saja, namun walau harga lebih murah lebih besar pula resiko yang di tanggung tentunya, dimana jalan melintasi Kali ini begitu sulitnya yang mengakibatkan Cepat ausnya Suku cadang/Onderstel Kaki-kaki Truk angkutan batu matrial bahan bangunan ini, ya itulah resikonya dapat Harga murah namun ada konsekuensi tambahan yang harus di tanggung karenanya.

Itulah Sisi lain Dari Pembangunan Bedungan Waduk Gondag Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganayar Yang menjadi Berkah tersendiri bagi Sebagian Warga, Merekalah Yang Biasa berprofesi sebagai Pemecah pencari batu dijual sebagai materiual bahan Bangunan, Begitu pula Bagi Sopir Truk Yang biasa membeli dan mengangkut Batu dari Penambang batu ini.

Inilah Video Aktifitas Penambangan dan Pengangkutan Batu Kali yang akan di jadikan  Sebagai Bahan Bangunan Di Kali yang akan di bendung dijadikan Waduk Gondang yang nantinya Wauk ini akan menggenangi sebagian wilayah dari Dua Kecamatan Kerjo dan Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganayar.






Terimakasih Telah Membaca: "MENAMBANG DAN MENGANGKUT BATU DI KALI BAKAL WADUK GONDANG KERJO " Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 7:44 PM and have 20 komentar

20 komentar:

  1. penambangan bagaimanapun harus senantiasa memperhatikan faktor keselamatan dan kelestarian lingkungan ya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam hangat di pagi hari...mari ngopi, dan izin menyimak artikel2 lainnya :)

      Delete
    2. liat videonya jadi inget pas jaman Jepang disuruh bikin waduk Jatigede, ngangkut batu dari kali yang kelak akan di rendam oleh air waduknya

      Delete
    3. eith kok buss sama artinya ini njipak dong ya

      Delete
    4. saya duduk dibawah yo mas sambil memantau :)

      Delete
  2. Semoga gak terlalu di eksploitasi berlebihan mas,,,bisa ngerusak lingkungan nantinya....

    ReplyDelete
  3. Waah dengan pendapatan 150 ribu...kalau menurut saya dah lumayan mas....apa lagi posisi hidup di desa jadi harga belanja bahan pokok tidak terlalu mahal seperti di k ota...

    ReplyDelete
  4. Akhir-akhir ini ternyata ramai rencana proyek pembangunan waduk baru di beberapa daerah. Aartinya beberapa luas lahan akan ditenggelamkan. Ya moga aja ini bagian dari pembangunan yang akan membawa hal yang positif bagi rakyat.

    ReplyDelete
  5. persis yang terjadi di daerah saya dalam pembangunan waduk jatigede mas :)

    ReplyDelete
  6. malam malam bertamu ke mari amu memantau langsung menambang dan mengangkut batunya :)

    ReplyDelete
  7. Artikel yang sangat bermanfaat. Jangan Lupa Kunjungi http://mesinindo.com/ Untuk Melihat Artikel Bermanfaat Lainnya.

    ReplyDelete