GANTOL KOPOH KEPEK ALAT TRADISIONAL PEMADAM KEBAKARAN

GANTOL KOPOH KEPEK ALAT TRADISIONAL PEMADAM KEBAKARAN

GANTOL KOPOH KEPEK Alat pemadam Kebakaran Tradisional yang dahulu sangat berguna sekali sebagai alat bantu memadamkan api mana kala terjadi kebakaran, namun untuk zaman sekarang ini, Ketiga alat ini mungkin sudah tidak lagi relevan dengan keadaan zaman dan semakin jarang orang yang mengenalnya.

Zaman. Dahulu Gantol Kopoh Kepek Selalu Tersedia di setiap rumah dan biasa di tempatkan di depan rumah Sebagai antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi musibah kebakaran alat ini siap segera di gunakan, namun sekarang ini sudah sangat jarang ada rumah yang masih menyediakan alat semacam ini kecuali tempat tempat tertentu.

GANTOL KOPOH KEPEK ALAT TRADISIONAL PEMADAM KEBAKARAN

Beberapa saat lalu Saat melintas di sebuah dusun di Desa Ndoplang Kecamatan Karangpandan masih menemui sebuah Pos Kamling Pos Keamanan Lingkungan, di situ masih berdiri terpasang Tiga alat yang sepertinya asing untuk anak-anak zaman sekarang, Salah satunya adalah Anak saya yang duduk di kelas dua SD merasa Heran dan aneh dengan tiga buah Galah dengan ujung galah yang berbeda beda berdiri di depan Pos Ronda itu, mungkin Terdorong rasa penasaran dengan tiga Galah ini Dia pun bertanya nama dan fungsi tiga alat  ini, jadilah kudu menerangkan nya Saya sekalian saya Posting di sini saja.

GANTOL adalah Galah Dengan Pengait di bagian ujungnya. Fungsi Gantol manakala terjadi Musibah kebakaran adalah untuk Ngantol Mengait Menyinkirkan ataupun Mengambil benda-benda tertentu, mungkin untuk menyelamatkannya atau mungkin untuk menyingkirkan benda-benda yang mudah terbakar sehingga kebakaran lebih cepat di padamkan.

Zaman dahulu rumah-rumah masyarakat hanya terbuat dari Gedhek Dinding anyaman bambu dan  Kerangka rumah juga berbahan Kayu ataupun bambu, jadi manakala terjadi musibah kebakaran Gantol ini Sangat berguna untuk menyelamatkan suatu barang ataupun Sekedar menyingkirkan suatu barang agar kebakaran mudah di kendalikan dan di padamkan.

Untuk Zaman Sekarang ini di mana Rumah-rumah masyarakat Sudah terbuat dari Tembok Semen dan kerangka juga terbuat dari Cor Beton, jadi Seandainya terjadi bencana kebakaran Mungkin alat ini tidak terlalu banyak membantu sebagaimana Zaman dahulu.Alat selanjutnya adalah

KOPOH alat ini berupa Galah yang di ujungnya terdapat Kain ataupun Karung Goni yang fungsinya manakala Terjadi kebakaran sebagai alat Bantu memadamkan api dengan menyelupkannya ke dalam air lalu di gunakan untuk Ngopohi atau Menutupi, memukul-mukul api agar padam.

KEPEK alat ini berupa Galah dengan Plat Besi, Seng dan semacamnya yang fungsinya manakala Terjadi musibah kebakaran berguna untuk Ngepek-ngepek alias menepuk-nepuk api agar segera padam.

Itulah Tiga alat bantu Pemadam Kebakaran yang Zaman Dahulu Sangat vital dan Selalu tersedia di masing-masing rumah, namun zaman sekarang Gantol Kopoh Kepek sudah sangat jarang ada yang masih mempersiapkannya, jika ada paling hanya di tempat tempat tertentu saja mungkin memang karena sudah beda Zaman dan Keadaan dan kebanyakan anak anak Zaman Sekarang tidak Tahu lagi itu alat apa dan apa Kegunaannya.







Terimakasih Telah Membaca: "GANTOL KOPOH KEPEK ALAT TRADISIONAL PEMADAM KEBAKARAN" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 01.46 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar