LOKOMOTIF UAP PENARIK GERBONG LORI TEBU

LOKOMOTIF UAP PENARIK GERBONG LORI TEBU

LOKOMOTIF KERETA API UAP PENARIK LORI GERBONG TEBU DI PABRIK GULA TASIKMADU KABUPATEN KARANGANYAR Mungkin suatu saat tinggal cerita keberadaannya karena kini untuk oprasional menarik rangkaian gerbong lori/troli tebu keberadaan Lokomotif Uap Kereta Tua buatan Jerman kau tidak salah, telah di gantikan dengan Digal Jonder Traktor bermesin diesel.
Lokomotif uap penarik lori gerbong tebu buatan jerman peningalan belanda jaman belanda saat masih mengelola pabrik gula Tasikmau
Dahulu saat masih masanya wilayah Kecamnatan Karanganayar, Tasikmadu dan Jaten dimana Sawah-sawah di wilayah itu seakan wajib untuk menanam Tebu ya kira-kira sampai awal dekade sembilanpuluhan Lokomotif Uap ini sangat vital keberadaannya. Di lokasi tanam tebu tiga kecamatan yang berdekatan dengan pabrik itu dahulu saat masa Rembang/Tebang panen tebu. Tebu yang di panen langsung di angkut dengan Lori yang mana lori di buatkan rel hingga masuk lokasi penanaman tebu. Rembang adalah istilah di Tasikmadu Karanganyar Untuk Panen/Menebang Tebu Sedangkan Lokasi Panen Tebu di sebut Rembanagan.

Mungkin banyak Yang tidak familier/kenal dengan istilah Lori., Lori adalah Kereta tempat Tebu yang barangkali ini sebenarnya adalah Troli namun karena lidah orang jawa kaku mengucapkannya jadi mudahnya sebut saja Lori, begitu kira-kira. Alat Utama pengangkutan Tebu Zaman dahulu adalah Lori. Untuk Mengankut tebu Lori/Troli di buatkan Rel hingga masuk Rembangan/lokasi panen tebu dan setelah di Rembang/di tebang di Amper/dipanggul di naikan Lori/Troli, Setelah Troli Penuh yang kuat di dorong, didorong yang relnya agak menanjak di tarik dengan sapi hingga di pos-pos timbangan tertentu, di pull itu nanti Lori/Troli di jadikan satu dan Gerbong kereta tebu ini di tarik dengan Lokomotiv uap Sampai ke pabrik.

Untuk lokasi tanam tebu yang sangat jauh ari lokasi pabrik zaman dahulu sebelum ada Truk Tebu di angkut dengan Gerobag yang di tarik Sapi dan dibongkar di pindah ke Lori/Troli di Pos-pos Timbangan tertentu, Sebagai contoh lokasi Tanam Tebu di Matesih Setelah Tebu di Rembang/Tebang di angkut dengan Gerobag yang di tarik Sapi Sampai di Desa Tunggul, Kecamatan Karanganyar, di situ ada suatu Tempat yang hingga kini di kenal dengan nama Timbangan, Karena di situlah dahulu Tebu dari wilayah sekitar, dibongkar dari Gerobang Sapi di pindah Ke Lori/Troli, di timbang lalu Lori-lori itu di gandeng jadi satu dan di tarik dengan Lokomotiv Kereta api Uap Sampai ke Pabrik Gula Tasik madu.

Setelah Zamannya Berkembang dan seiring Majunya Transportasi Gerobak sapi digantikan dengan Truk, Fungsi Pos-pos timbangan di tiadakan dan tebu langsung di angkut dan di bongkar dipindah ke Lori Troli dan di Timbang Langsung di Pabrik Gula Tasikmadu.

Seiring dengan Perkembangan Zaman pula cara bongkar tebu juga semakin maju. Dahulu saat Tebu masih di angkut degan gerobag Sapi Bongkar muatan Tebu masih dengan cara manual di amperi alais di pangul per ikat dari Gerobag di pindah ke Lori /troli Kereta tebu. Kini zaman telah maju Bongkar Muatan tebu cukup dengan mengaitkan rantai, ditarik dengan Derek/Kreen pindah sudah muatan tebu ari Truk ke Lori

Walaupun Tebu sudah di angkut sampai Pabrik Fungsi Lokomotif Uap Untuk Menarik Tebu Masih vital Keberadaannya Untuk menarik dari Lokasi Bongkar hingga masuk Pabrik sampai Pengilingan. Namun akhir-akhir ini keberadaan Lokomotif Kereta Api Uap sudah tergantikan oleh Digal Jonder Traktor Bermesin Disel yang Multi guna Keberadannya di Pabrik Gula tasikmadu. Dan Tahun 2015 LOKOMOTIV KERETA API UAP         penarik Lori alias Troli Gerbong kereta tebu sudah benar benar tidak beroprasi lagi dan total di gantikan dengan Traktor Bermesin disel, mungkin kurang efesien kalau masih mengoprasikannya walaupun sebenarnya Salah satu komponen bahan bakar Lokomotiv Uap ini tersedia gratis di pabrik ini, yaitu Sepah ampas tebu yang biasanya untuk bahan bakar lokomotif telah dijadikan balok Kotak-kotak. Pernik-pernik perawatan dan Oprasioanalnya lebih njlimet alias ribet tak se praktis Traktor disel yang tinggal Pancal/injak gas jalan bebas…

Entah Untuk Panen Tahun depan Lokomotif Uap Kereta Penarik Gerbong Tebu ini masih beroprasi atau tidak, jika tidak mungkin saja ini akan jadi kenangan semata dan untuk itu kebetulan saya masih ada Videonya yang saya ambil Tahun sebelumnya jadi biarlah saya tempel di sini, barangkali ada yang berkenan melihat video Kereta Tebu di bawah ini


Karena posting sebelumnya saya tempeli video, Saya di komplain teman saya karena video tidak ada di lihat dari hapenya. Usut punya usut ternyata penyebab tidak terliahat video karena Broser yang di pakai. Ternyata tamanku ini Sama dengan Saya pakai HP buduk Jadul dengan UC broser nya. Baiklah daripada di komlain lagi saya tempel saja tautan ke yutub dimana vieo ini berada.https://youtu.be/7nSN2rznVY4





Terimakasih Telah Membaca: "LOKOMOTIF UAP PENARIK GERBONG LORI TEBU" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 7:30 AM and have 9 komentar

9 komentar:

  1. lokomotif uap untuk kereta komersil sudah nggak ada ya, hanya di area perkebunan dan pabrik tebu bisa ditemukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang sudah tidak ada untuk komersil Transportasi reguler, sedang untuk Transportasi komersil wisata masih banyak kayaknya, Sebagai contoh: di Ambarawa ada kereta bergigi, di Kota Solo Ada Kereta jala Dara, Di Kabupaten Karanganyar ada Agrowisata Sondokoro

      Delete
  2. Keretanya seperti kereta di film2...
    masih bentuk yang jaman dulu. Unik. Hebat ya masih bisa beroperasi.
    Semoga bisa tetap terawat deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin.
      Jadi Bukti dan saksi sejarah itu ya

      Delete
  3. Seiring berkembangnya zaman dan maju pesatnya ilmu tehnologi manusia sedikit demi sedikit pada beralih menggunakan alat yg modern , seperti
    LOKOMOTIF KERETA API UAP PENARIK LORI TASIKMADU KABUPATEN KARANGANYAR , benda ini mangker tak bergerak dan sudah lama tak di gunakan ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mangker bagaimana maksudnya? Apa yang di maksud yang buat pajangan di tepi jalan itu mangkrak tak di gunakan, memnag banyak lokomotif di PG Tasikmadu yang yang mankrak tak di oprasikan namun setidaknya masih ada beberapa yang masih beroprasi hingga kini

      Delete
  4. di daerah saya hanya tinggal bangkai nya aja mas,.,?

    ReplyDelete