DIGAL JONDER TRAKTOR PENGGANTI LOKOMOTIF UAP PENARIK KERETA TEBU

DIGAL JONDER TRAKTOR PENGGANTI LOKOMOTIF UAP PENARIK KERETA TEBU

DIGAL JONDER TRAKTOR PENGGANTI LOKOMOTIF UAP PENARIK LORI KERETA TEBU ini sebagai sambungan cerita sebelumnya yang mana dahulu di pabrik gula Tasikmadu keberadaan Lokomotif Kereta Api Uap Sungguh sangat vital fungsi keberadaannya, namun seiring majunya tehnologi fungsi keberadaannya sedikit demi sedikit mulai terganti.
Jonder Keberadanya saat ini benar benar bisa menggantikan lokomotif kereta api uap
Sebenarnya sudah cukup lama Pabrik Gula Tasikmadu mengoprasikan Digal Jonder Traktor bermesin Diesel ini, salah satu fungsinya membantu Lokomotif Kereta Api Uap menarik Gerbong Lori alias Troli Kereta Tebu.disamping masih banyak fungsi-fungsi lainnya

Yang Paling utama Keberadaan Traktor Digal Jonder ini Fungsinya adalah untuk Nglaci istilah untuk membajak Lahan untuk di tanami tebu. Istilah Nglaci ini sepertinya di dapat ketika dahulu saat menanam tebu dalam membuat bedeng-bedeng media tanam tebu masih manual menggunakan Cangkuk bentuknya mirip-mirip laci Almari yang berjajar di sawah/ladang lokasi yang akan di tanami Tebu, karena itulah mungkin membuat media tanam tebu di lahan/sawah/Ladang ini di sebut Nglaci.

Fungsi Lain dari Digal Jonder Traktor Bermesin Diesel ini adalah membantu Tuk-truk Pengankut. Tebu Saat Panen alis masa Tebang Angkut, Terutama di Lahan-lahan yang Sulit dan rawan Selip, biasanya Digal Jonder di siagakan di tempat seperti itu untuk membantu menarik Truk yang selip dan kesulitan keluar dari Rembangan lokasi panen Tebu.

Musim Panen Tebu Kemarin alias tahun 2015 ini Lokomotif Kereta api Uap yang biasa Menarik Rangkaian Lori/Troli Kereta Tebu tidak lagi beroprasi dan total Fungsinya di gantikan oleh Digal Jonder Traktor Diesel ini, Sedangkan Lokomotif Kereta Api Uap di Oprasikan Khusus untuk Kereta Wisata di Agro Wisata Sondokoro yang lokasinya di Pabrik Gula Tasikmadu ini Juga.

Cara Kerja Lokomotif Uap di dalam mengangkut Tebu dengan Lori adalah menarik Rangkaian Gerbong setelah melewati Rel persimpangan dialihkan arah relnya masuk ke dalam pabrik dengan Mendorong Rankaian Lori/Troli Kereta Tebu Tadi. Silahkan saksikan Videonya di posting sebelumnya LOKOMOTIF UAP PENARIK GERBONG LORI TEBU

Sedangkan Digal Traktor Jonder Dalam mengangkut Rangkaian Gerbong Troli/Lori Tebu hanya Dengan mendorongnya Sampai Rel Persimpangan, di Persimpangan Rel di alihkan menuju Masuk ke dalam pabrik Traktor pindah Posisi mendorongnya dari sisi ujung Kebalikannya dan rangkaian Gerbong Tebu didorong masuk ke dalam pabrik hingga sampai di Derekan/Kreen Bongkar Siap Giling. Dengan menggunakan Digal Jonder ini Tak perlu mengaitkan/menggandeng Lori-lori Tebu karena rangkaian Kereta hanya di dorong tidak di tarik.

Selanjutnya Silahkan Saksilan saja bagaimana Digal Jonder Traktor Diesel ini mendorong Rankaian Kerteta/Troli/Lori Tebu menggantikan Lokomotif Kereta Api Uap.  







Terimakasih Telah Membaca: "DIGAL JONDER TRAKTOR PENGGANTI LOKOMOTIF UAP PENARIK KERETA TEBU" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 07.00 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar