FAKTA FAKTA UNIK DAN MITOS-NYA BUAH KEPEL

FAKTA FAKTA UNIK DAN MITOS-NYA BUAH KEPEL

FAKTA FAKTA UNIK DAN MITOS-NYA BUAH KEPEL
BERAGAM FAKTA UNIK DAN JUGA MITOS TENTANG BUAH KEPEL Yang Dituls di sini hanyalah fersi Musjono semata dimana itu hanya berdasar apa yang di pernah dilihat di dengar di rasakan di alami penulis tentang buah satu ini. Buah Kepel Buah Bulat seukuran tak lebih dari Bola kasti yang kini Buah Kepel ini sudah lumayan jarang di jumpai keberadaannya alias buah yang rada langka, di kota-kota besar terutama, kalau di desa Saya sih masih cukup mudah menemui buah satu ini kalau pas lagi musim tapi-nya. Buah dengan nama Ilmiah Stelechocarplus Burahol ini dari yang penulis ketahui ada beberapa keunikan yang merupakan fakta dan juga ada mitos yang di percaya sebagian masyarakat berkaitan dengan Buah Kepel ini. Berikut Beberapa Mitos dan Fakta Unik Dan Menarik Buah Kepel/Stelechocarplus Burahol : 

KENA APA BUAH INI NAMANYA BUAH KEPEL?
KEPEL sama dengan KEPAL atau GENGGAM Buah satu ini di beri nama buah kepel karena besar buah ini kurang lebihnya SakKepel alis satu Kepal atau satu genggaman tangan.

BUAH KEPEL BUAH MALANG
Bagaimana Bisa Buah Kepel Dikatakan Buah Malang? Terkait Buah Kepel juga di sebut Sebagai Buah Malang ada mitos dan ada pula fakta tentang Bua Kepel ini di beri nama Buah Malang:

FAKTA BUAH KEPEL BUAH MALANG
Buah Kepel Buah MalangBuah Kepel Buah Malang Ini tidak ada kaitan langsung dengan kota malang sebagaimana Buah apel yang salah satu fariannya berasal dari Kota Batu yang masih masuk wilayah Malang jadi wajar ada istilah buah Apel Malang. Lalu Pertanyaannya, kena apa buah Kepel juga di beri nama buah malang? Buah Kepel juga di sebut Buah Malang karena Biji buah ini malang yang artinya melintang tidak sebagaimana buah lain pada umumnya dimana biji buah sejajar dengan bentuk buahnya. Biji buah kepel tidak memanjang dari ujung ke pangkal buah melainkan melintang ke samping yang dalam bahasa jawa namanya Malang sebab itulah Buah Kepel disebut Buah Malang.

MITOS BUAH KEPEL BUAH MALANG
Dari Biji Buah Kepel yang letaknya Melintang ini ada suatu keyakinan alias Gugun Tuhon yang di yakini oleh sebagian masyarakat Kalu orang hamil pantang untuk Makan Buah Kepel, Kalau Sampai Orang hamil Memakan Buah Kepel Bayi/Janin yang di kandungnya saat akan lahir nanti bisa-bisa Dalam posisi Malang hingga terjadi susah Melahirkan. Hal ini saya rasa Mitos belaka, kalaupun pernah ada peristiwa seperti itu menurut saya hanya kebetulan saja.

Itu tadi Mitos dan juga Fakta tentang Buah Kepel Buah Malang, sekarang Kita kembali bahas tentang Keunikan lain yang Merupakan Fakta dari Buah Kepel ini.

BUAH KEPEL BUAH DI BATANG
Keunikan Dari Buah Kepel adalah Posisi Buah Berada di Batang, Sedangkan Buah-buahan  lain pada umumnya posisi buah  berada di ujung tangkai atau setidaknya berada pada Dahan bukan pada batang pohon seperti Buah Kepel ini. Buah kepel menempel pada pangkal-pangkal dahan dan pada Batang Pohon-nya, bahkan terkadang posisi buah sampai di pangkal batang/Pangkal Akar menempel di tanah. 

Buah Kepel Berbuah di batangUntuk Mengetahui Buah kepel yang sudah matang bisa di ketahui dengan menggores/mengelupas kulit ari buah ini. Jika warnanya kuning Kecoklatan Tandanya Buah Sudah Matang, Buah yang masih mentah saat di gores kulit arinya berwarna kuning Kehijauan. Kalau Ingat Buah Kepel Yang sudah Matang jadi ingat masa kecil dahulu yang suka nyolong kepel tetangga, biasanya Buah Kepel dibungkus dengan melingkarkan Kepang/Tlompo/gedek atau apalah itu namanya anyaman dari bambu itu. Tinggal memutar mutar Tlompo/Kepang Pembungkus Buah Kepel yang Masih di Pohon Ini Buah Kepel Yang matang Jatuh dan Tinggal mengambil di bawah tanpa susah susah memanjat pohonnya.

BUNGA KEPEL BUNGA TUNGGAL
Buah Kepel Ber Bunga TunggalBunga pada Tanaman Buah Kepel adalah bunga Tunggal dimana bunga jantan dan bunga betina tidak menjadi satu akan tetapi sendiri-sendiri. Bunga Betina tumbuh di Bagian Batang yang kelak akan berubah menjadi buah sedangkan bunga jantan penghasil serbuk sari tumbuh di ujung dahan dan ranting rantingnya. Dahulu sempat heran saya di ranting buah pohon kepel ini terdapat banyak sekali bunga tapi yang jadi buah kenapa hanya yang berada di batang pohon saja? ternyata yang di ranting ranting itu hanyalah bungga jantan yang tidak bisa menjadi buah. Bunga-bunga di ranting rontok seiring matangnya serbuk sari bunga jantan yang akan jatuh menempel membuahi kepala putik bunga Betina hingga terbentuk buah darinya.

BUAH KEPEL BUAH WANGI BISA BERFUNGSI SEBAGAI DEODORAN ALAMI
Buah Kepel Rasanya Manis legit wangi Harum aromanya. Keharuman Buah kepel ini bisa dijadikan Pewangi Tubuh/Deodoran alami. Dengan Memakan/mengkonsumsi Buah Kepel air seni yang biasanya berbau pesing akan ada aroma sedikit wangi buah kepel ini, Begitu pula bau keringat juga akan ada bau-bau wangi dari dari keharuman buah Kepel ini. Dengan Begitu Buah Kepel Bisa di jadikan pewanggi Tubuh alias Deodoran Alami. Namun Setelah Makan Buah Kepel Tidak Mau mandi pasti tak ada fungsi dan tetap saja Tubuh Bau Kecut Ora Mbetahi.

Bukti lain dari Fakta Unik dari buah kepel Bikin Wangi Tubuh ini adalah manakala di tempat yang masih banyak terdapat Buah kepel Saat Masanya Buah Matang Codot alias Kelelawar Buah Yang di tangkap pada Masa itu di masak/diolah di jadikan makanan akan berrasa aroma Harum wangi Buah Kepel.

Buah Kepel Buah Survival
BUAH KEPEL BUAH SURVIVAL
Pohon Buah Kepel Tumbuh meninngi dengan dahan yang tidak terlalu panjang sehingga tidak terlalu lebar/luas area tumbuh pohon kepel ini. Tanaman Buah kepel Mampu tumbuh dan berkembang di sela-sela Tanaman keras lain ynng telah tumbuh besar dan rindang sebelumnya. Sebab itulah Saya beri nama Buah Kepel Buah Survival karena tanaman ini mampu tumbuh di tempat yang di itu jarang ada tanaman yang mampu tumbuh dan berkembang dengan baik sebagaimana buah kepel ini.

BUAH KEPEL BUAH YANG BIKIN MANGKEL
Ada sebagian Orang yang mengatakan Buah Kepek Ki Nganyelke alias Bikin Anyel Bin Kesel. Kenapa Bisa Buah ini Bikin kesel? Karena saat makan Buah ini hanya sedikit saja daging Buah yang bisa di makan. Lebih besar porsi Biji daripada bagian daging buah yang bisa di makan. Nah ini buah enak sekali namun bagian yang bisa di makan hanya sedikit sekali, Bagaimana tak bikin hati mangkel, anyel alias Kezel kalu seperti itu yang terjadi. Ya sudah Saya nobatkan saja buah Kepel Ini sebagai Buah Bikin Mangkel, Anyel bin Kesel





Terimakasih Telah Membaca: "FAKTA FAKTA UNIK DAN MITOS-NYA BUAH KEPEL" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 03.00 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar