MEMBUAT DAN MEMANFAATKAN PATI GARUT

MEMBUAT DAN MEMANFAATKAN PATI GARUT

Tanaman Garut Tanaman yang telah di bahas di posting sebelumnya, Beragam Sekali Sebutan masing-masing daerah untuk tanaman ini yang telah di bahas di posting sebelumnya, bila belum membacanya silahkan baca TANAMAN GARUT BERMANFAAT DAN BERKHASIAT OBAT dimana banyak manfaat dari Tanaman ini. Salah satu manfaat dari tanaman ini adalah Pati Garut yang merupakan tepung dari umbi atau ubi dari Tanaman garut ini yang berkhasiat Meredakan Gejala gejala Sakit mag. Dari sekian banyak manfaat Tanaman garut Pati Garut inilah yang paling sering keluarga saya manfaatkan sebagai Obat untuk Mengobati dan mencegah sakit Mag.

CARA MEMPROSES UBI GARUT MENJADI PATI GARUT

Mungkin Tanaman garut ini Banyak Tumbuh terutama di pedesaan dan seringkali tanaman garut tumbuh liar tak di manfaatkan. Daripada tanaman garut tak bermanfaat seperti itu ada baiknya Tanaman garut Ubinya di buat pati yang lumayan mudah membuatnya. Pati Garut asli lumayan juga harganya Walaupun seringkali di pasar harga pati garut tak seberapa namuan pati garut asli di tingkat petani saja sudah mahal di atas harga pasar biasanya pati garut asli yang di beli langsung dari petani,  Banyak manfaat dari pati garut selain buat obat Mag, dari pnglaman Saya dahulu pernah juga memanfaatkan pati garut ini sebagai lem kertas.

Nah ngomongin membuat pati Garut jadi teringat zaman SD dahulu dimana sering mendapat pekerjaan/Hasta karya Membuat Patung kertas, Kedok/topeng dan lain-lain hasta karya semacamnya dimana membutuhkan Kertas dan lem sebagai bahannya. lem ini sering kali saya buat dari ubi garut yang diparut lalu di peras dengan kain dan perasannya yang mengandung pati ini di rebus, jadi sudah lem sebagai bahan hastakaraya waktu itu.

Cukup mudah kan mengambil Pati Dari Sari umbi/.ubi Garut. Namun bagaimana caranya membuat pati garut dalam jumlah banyak sehingga menghasilkan tepung Yang bisa di awetkan. Cara berikut mungkin bisa di coba.

CARA MEMPROSES UBI GARUT MENJADI PATI GARUT 
  • Siapkan Umbi/ubi Garut yang telah di cuci bersih dalam jumlah banyak tentunya 
  • Lumatkan/haluskan Umbi/ubi Garut, bisa dengan di parut atau Pengalaman Saya dahulu lebih mudah dengan menumbuknya di lumpang dengan Alu (nama alat tumbuk di tempat saya) 
  • Ubu/umbi Garut yang telah di lumatkan tadi Campur dengan air secukupnya 
  • Peras dan Saring Untuk memisahkan Sari pati Ubi Garut dengan Ampasnya. 
  • Diamkan Air bercampur pati Yang di peras tadi Sampai air berubah menjadi jernih 
  • Tuang Air yang telah menjadi jernih dan tersisa Sari Pati Ubi garut yang mengendap di bawahnya.   
  • Jemur Endapan sari Pati Garut hingga kering dan   
  • Jadilah Tepung Pati Garut yang bisa di simpan dalam waktu lumayan lama da siap di manfaatkan sewaktu-waktu.

Itu tadi Pengalaman Memanfaatkan Tanaman Garut dibuat Pati Begitupula memanfaatkan Pati Garut untuk berbagai keperluan yang pernah Saya dan keluarga terapkan. Pati Garut paling sering Kami manfaatkan untuk Mengatasi Gangguan-ganguan sakit perut, diantaranya untuk:
MENGOBATI SAKIT PERUT KARENA SAMBAL






Terimakasih Telah Membaca: "MEMBUAT DAN MEMANFAATKAN PATI GARUT" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 23.25 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar