MACAM MACAM LARON DAN RAYAP

MACAM MACAM LARON DAN RAYAP

Laron dan Rayap sudah pasti semua Orang tahu binatang ini di mana ada Laron sudah pasti di situ ada rayap, tapi di tepat yang ada rayap belum tentu ada Laron Begitu sepengamatan ku. untuk kali ini saya akan coba tulis tentang jenis jenis Laron beserta rayap koloninya yang saya ketahui dari yang pernah di lihat dan saya perhatikan selama ini.

Dalam Satu Koloni Rayap ada Satu Ratu Rayap Yang di tempat penulis tinggal biasa disebut Gondik, lalu ada Rayap Prajurit yang bertugas menjaga sarang dari musuh di mana Rayap Prajurit di tempat Penulis tinggal biasa disebut Bantongan karena Rayap Prajurit ini berkepala sangat keras dan ukuran kepala lebih besar dari ukuran tubuhnya hingga mirip-mirip Barong, dan yang paling banyak dalam satu koloni rayap ada rayap Prajurit yang bertugas mencari makanan dengan melumat kayu kayu dengan mulut dan dibentuk menjadi sarang sekaligus sebagai cadangan makanan untuk anak anak rayap yang baru menetas dan semua koloninya. Selain Ratu dan Rayap ada satu lagi dalam koloni rayap yaitu Laron yang di persiapkan untuk bermigrasi untuk demi untuk pemerataan koloni.

Dari yang saya perhatikan saat kegiatan Sehari-hari ada Empat jenis Laron Beserta Rayap koloninya. 4 jenis Rayap dan Laron itu adalah:  Yang pertama

LARON SULUNG DAN RAYAPNYA BERNAMA REGES
Sulung ini adalah laron dari jenis yang paling kecil. Ukuran Binatang sejenis Laron yang bernama Sulung ini sangatlah kecil sekali, besarnya tidak lebih dari seperempat ukuran laron pada umumnya, begitu pula ukuran Rayap dari kelompok ini yang bernama Reges ukuran tubuh Reges tak sampai seperempat besarnya dari rayap pada umumnya dan bentuk tubuhnya cenderung lebih memanjang dan berwarna lebih putih dari rayap pada umumnya. Walau ukuran Reges Sangat Kecil namun Reges ini Tak Kalah Bahaya efek merusak-nya di banding rayap pada umumnya, lebih berbahaya malah kerusakan yang bisa di timbulkan dari Reges ini. Karena Rayap Pada umumnya memakan kayu dari Pinggir dengan menutupi tanah pada jalannya menuju kayu yang di makannya, sedangkan reges ini dalam memakan kayu langsung masuk kedalam sehingga kayu dari luar seolah baik baik saja namun ternyata di dalam telah keropos habis dimakan ini reges. Banyak kejadian atap rumah tahu-tahu roboh karena serangan Reges tanpa terdeteksi sebelumnya, karena kayu dari luar seolah utuh dan baik baik saja. beda dengan rayap pada umumnya yang memakan kayu dari luar dan jalan untuk memakan kayu biasanya di tutup dengan tanah sehingga lebih mudah diketahui lebih dini. yang kedua

LARON KUNIR
Laron Kunir ukuran Tubuhnya juga Kecil namun Tak sekecil Sulung dan Rayap dari jenis Laron Kunir ini bentuk fisik sama saja dengan rayap-rayap pada umumnya hanya ukuran tubuh lebih kecil saja. Laron jenis ini dinamakan laron Kunir Karena warna Tubuh dari laron ini kekuning kuningan hampir hampir mirip dengan Kunir. laron kunir biasanya sangat cocok untuk mancing ikan ikan kecil seperti sepat, wader pari, uceng, dan ikan-ikan kecil yang di pancing dengan Greneng/mata kail yang sangat kecil berukuran setengah sentimeter atau lebih kecil lagi. selanjutnya yang ketiga

LARON BERSAYAP COKLAT GELAP LARON MALAM
Laron Jenis ini Lar atau sayapnya berwarna coklat gelap cenderung ke hitam hitaman. Ukuran Tubuhnya Hampir Sama Dengan laron-laron pada umumnya yang keluar pada pagi hari hanya sedikit lebih kecil saja ukuran tubuhnya. yang paling membedakan dengan laron pada umumnya ada pada Sayapnya yang berwarna lebih gelap dan laron jenis ini hanya keluar pada malam hari, belum pernah selama ini saya menemui laron bersayap gelap ini keluar selain pada malam hari. yang terakhir yang ke empat

LARON PAGI LARON  BERSAYAP KUNING
Laron sayap Kuning ini yang paling banyak dan umum di temui di mana-mana yang biasanya keluar di pagi hari sebelum ada sinar matahari. Laron ini ukuran tubuh paling besar dari jenis jenis sebelumnya dan lar alias Sayapnya berwarna terang kuning keemasan. beda dengan laron yang bersayap coklat gelap yang keluar hanya pada malam hari, jenis laron yang bersayap kuning keemasan ini bisa di temui dan keluar baik di pagi hari maupun Malam hari Dan laron inilah yang paling banyak di temui terutama di awal musim hujan Tiba.

Itulah Empat jenis Laron beserta Rayap Koloninya di mana Tulisan ini hanya berdasar yang saya lihat dan perhatikan di lingkungan sekitar saya yang pernah saya ketahui Selama ini.






Terimakasih Telah Membaca: "MACAM MACAM LARON DAN RAYAP" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 10:12 PM and have 21 komentar

21 komentar:

  1. Saya ga pernah terlalu memperhatikan laron sih. Kirain laron sama semua hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda mas, laron itu gak sama2, ada kakak dan adiknya juga,wakakakaka

      Delete
  2. ternyata ada beberapa jenis, biasanya lihat yg ukuran biasa dan ada yg lebih kecil..
    di bikin peyek katanya enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. rasanya seperti apa yah, laron dibikin peyek, pengen coba, nikmat kayanya....hehehe

      Delete
  3. ternyata empat jenis laron berbeda-beda, saya suka sekali kalau ada laron, hehe...

    ReplyDelete
  4. Kalo liat hewan kaya begituan suka geli dan pengen kabur xixixi

    ReplyDelete
  5. saya sering lihat laron bersayap coklat yang keluar pada malam hari laron tersebut selalu hinggap di lampu iya mas :) atau di cahaya yang terang ,,

    ReplyDelete
  6. wah kalau laron dan rayap di tempatku banyak mas,ono maceme juga y

    ReplyDelete
  7. walah .... sy taunya laron cuma satu mas ...ternyata ada macamnya toh ...hehehe

    ReplyDelete
  8. Ternyata dia banyak modelnya ya, engga terlalu memperhatikan juga soalnya hehe.. tapi tapi katanya ada laron yang dibuat peyek ya ? itu gimana rasanya :"

    ReplyDelete
  9. Baru tahu saya ternyata laron juga ada jenis jenis nya :v kerenn infonya nambah wawasan banget ini :D

    ReplyDelete
  10. barau tahu, ternyata laron banyak jenisnya juga
    mantab info nya mas

    ReplyDelete
  11. segitu banyak jenisnya, ada jenis yang buat dibudidaya ga mas ?

    ReplyDelete
  12. Sampeyan ki hebat, nganti tekan laron wae ngerti lho ya.
    tapi saya jadi tambah pikiran, jenis laron yang ada di rumah saya itu jenis yang mana ya

    ReplyDelete
  13. duh takut aku klo laronnya ilang sayapnya mirip uget uget

    ReplyDelete
  14. ternyata banyak ya jenis laron. kalau saya taunya laron kalau dimasak enak juga gan.

    oh saya sudah masukkan link blog ini ke dalam daftar sahabat blogwalking. maaf ya gan baru dimasukkan.

    ReplyDelete
  15. Kadang saya suka bingung kalo liat laron.. Tiba tiba langsung banyak kalo sedang mau masuk musim penghujan,

    ReplyDelete
  16. Rayap memang membahayakan, apalagi bila perabot di rumah sebagian besar dari kayu kualitas biasa. Sudah dipastikan akan habis dalam beberapa waktu.

    ReplyDelete
  17. kalau ga salah dulu pernah ngebahas laron ya pada musim hujan, sekarang ada macam macamnya ya mas..

    ReplyDelete