PROSEDUR PELAYANAN PASANG BARU LISTRIK PLN

PROSEDUR PELAYANAN PASANG BARU LISTRIK PLN


PROSEDUR PELAYANAN PASANG BARU LISTRIK PLN

PROSEDUR PELAYANAN PASANG BARU LISTRIK PLN. Sebelum penulis lanjutkan posting ini terlebih dahulu penulis mohon maaf untuk pengunjung blog ini, terutama sekali yang datang ke blog ini yang bermaksud cari cari informasi PASANG BARU LISTRIK PLN, disebabkan sekian banyak yang datang ke posting terdahulu yang penulis coba buat tutorial untuk registrasi Pasang Baru, migrasi, Tambah daya Listrik PLN sedang tulisan saat itu saya buat dari pengalaman migrasi dan tambah daya listrik PLN. Jadi tutorial itu bisa di gunakan tuntas hanya untuk migrasi dan tambah daya listrik PLN saja, Sedangkan untuk PASANG BARU LISTRIK PLN Belum Bisa di jadikan panduan secara tuntas. Agar bisa menggunakan layanan listrik PLN atau Sampai Nyalanya listrik PLN di rumah pelanggan masih ada tahap lain yang harus di lalui. Tahap apa saja yang harus di jalani calon pelanggan listrik PLN?
Inilah ALUR DAN PROSEDUR PELAYANAN PASANG BARU LISTRIK PLN yang penulis ketahui:

PELANGGAN MENDAFTAR PASANG BARU
Untuk mengajukan permohonan PASANG BARU LISTRIK PLN calon pelanggan bisa mendaftar via online di Situs/website PLN. Saat ini Kantor PLN tidak lagi melayani pendaftaran baik pasang baru migrasi maupun tambah daya, Untuk keperluan itu Pelanggan atau calon pelanggan Listrik PLN bisa langsung mengaksesnya lewat  situs/website PLN di www.pln.co.id 

Bagaimana cara daftarnya?
Karena diposting terdahulu telah Penulis buat tutorialnya maka dis ini tidak Penulis ulang lagi tentang cara detailnya. Untuk daftar Pasang Baru Listrik PLN. Kunjungi saja posting terdahulu karena disana telah ditulis tutorial lengkap dengan screnshot/gambarnya yang bisa di jadikan panduan untuk daftar Pasang Baru di situs resmi/wesite PLN. Untuk panduan Daftar Pasang Baru Listrik Pln silahkan klik PASANG BARU, MIGRASI, TAMBAH DAYA LISTRIK PLN

Dari Tutorial Di atas mungkin ada sedikit perbedaan/perubahan karena update pada situs PLN sehingga mungkin ada sedikit beda namun setidaknya masih bisa di gunakan sebagai acuan dan tinggal menyesuaikan saja jika ada perubahan.

Pastikan tempat yang akan di ajukan untuk berlangganan Listrik PLN berada di jangkauan jaringan distribusi listrik PLN.

Dengan mendaftar online itu nanti akan mendapat kode pembayaran yang bisa di bayar di setiap loket loket pembayaran rekening Listrik, PLN keliling dan bisa juga di ATM. Setelah pembayaran di laksanakan petugas akan datang dan memasang meter Kwh listrik di rumah calon pelanggan. Lama waktu Pemasangan Meter listrik untuk calon Pelanggan Listrik Baru Tergantung Ketersediaan material-nya. Jika setelah pembayaran lama belum terpasang-pasang bisa anda tanyakan saja ke kantor PLN untuk mengetahui penyebabnya, atau tanyakan saja di akun facebook PLN di PLN123 via Pesan langsung. berdasar pengalaman langsung di langsung/cepat di tanggapi keluhan pelanggan yang meyampaikan lewat akun facebook pln.

Setelah Meter Terpasang Tidak otomatis Listrik menyala di Rumah calon pelanggan baru PLN karena kewenangan PLN hanya Sebatas Menyediakan Jaringan dan Meter Kwh di rumah pelanggan saja. sedangkan untuk Narik Strom listrik Dari jaringan listrik PLN ke rumah pelanggan Begitu pula Instalasi listrik di rumah pelanggan Sepenuhnya tanggung jawab pelanggan. Cara di atas penulis ketahui saat teman penulis mau Pasang Baru Listrik PLN namun tak tahu bagaimana sebenarnya alur pelayanannya dan menyampaikan pada penulis, penulis-pun menanyakan Prosedur itu ke Kantor PLN di daerah Penulis tinggal, dalam hal ini di Kantor PLN Kabupaten Karanganyar. Untuk Daerah lain beda atau tidak penulis tidak tahu, namun sepertinya ini kebijakan PLN pusat sehingga Penulis rasa semua sama seharusnya.

INSTALASI LISTRIK RUMAH BER SLO
Syarat untuk Bisa menyala-nya Listrik di Rumah Pelanggan Listrik PLN, untuk Narik dari Jaringan Listrik PLN begitu pula instalasi listrik Di rumah pelanggan harus menggunakan bahan yang ber standar Nasional Indonesia(SNI) dan ber Sertifikat Standar Layak Operasi (SLO). Untuk Mendapatkan Standar Layak Operasi Calon Pelanggan Bisa Menghubungi Biro Tenaga Listrik(BTL) yang telah bekerja sama dengan PLN pada tahun berjalan.

Biaya Narik Stom Listrik Dari jaringan Listrik PLN Ke rumah dan Instalasi jaringan di rumah pelanggan tergantung Seberapa jauh jarak rumah pelanggan dari jaringan listrik pln begitu pula seberapa banyak instalasi/pemasangan listrik yang di adakan di rumah pelanggan.

Penulis berusaha mengetahui biayanya Saat menanyakan prosedur Resmi Pasang baru Listrik di kantor PLN, namun petugas di kantor saat itu menyarankan agar menanyakannya langsung ke kantor Biro Tenaga Listrik(BTL) yang kantornya berada di belakang Kantor PLN Kabupaten Karanganyar. Di sana Penulis minta rincian biaya Pemasangan Instalasi Listrik, namun saat itu tidak di beri rincian-nya hanya di terangkan global biayanya bila di rumah calon pelanggan sudah terpasang Instalasi sehingga BTL hanya Narik listrik dari jaringan listrik PLN ke rumah pelanggan Biayanya Untuk Listrik 450VA Rp.600.000,-(Enam Ratus Ribu Rupiah) Sedang Untuk Listrik 900VA Rp.700.000,-(Tujuh Ratus Ribu Rupiah) karena beda di Biaya  Standar Layak Oprasi(SLO) itu Untuk Jarak Rumah maksimal 20m(duapuluh meter) dari jaringan listrik PLN. bila lebih dari 20 meter pelanggan menambah Kabel Sendiri.

Di sini yang Jadi ganjalan Penulis tentang SLO. Sampai Saat Ini Penulis Belum tahu apa sebenarnya SLO, bagaimana Prosedur sebenarnya Untuk Mendapatkan SLO dan Berapa Sebenarnya Biayaya SLO itu, karena saat Penulis mencari tahu tidak mendapatkan jawaban yang memuaskan dan hanya mendapat jawaban sebagaimana di atas . Di angan-angan Penulis SLO memang sangat Penting Untuk Mencegah Bahaya akibat dari Listrik. Selama ini sering terjadi Terjadi Kebakaran akibat konsleting listrik dan dengan Instalasi listrik yang ber SLO seharusnya hal itu dapat di cegah. namun kenyataannya SLO tidak berjalan sebagaimana mestinya yang penulis ketahui di tempat penulis lo ya, menurut Penulis SLO hanya di jadikan komoditi oleh Biro Tenaga Listrik, yang seharusnya listrik di rumah pelanggan bisa menyala bila instalasi listrik memenuhi Standar layak Operasi namun kenyataannnya banyak tempat yang Tak Memenuhi Kaidah Standar layak Operasi yang penting Pemasangan Listrik Melalui Biro yang telah bekerja sama dengan PLN listrik bisa tersambung dan menyala.

Demikian Tulisan Ini Saya Buat Yang Tadinya Penulis Cuex Saja dengan ketidak lengkapan Tutorial pasang baru Yang penulis Buat sebelumnya. Namun karena ada yang menyampaikannya lewat Formulir Kontak Baru deh Penulis nyadar merasa Bersalah dan dengan tulisan ini walau tidak sempurna penulis berharap lebih Bisa di gunakan Sebagai Acuan Untuk PASANG BARU LISTRIK PLN.





Terimakasih Telah Membaca: "PROSEDUR PELAYANAN PASANG BARU LISTRIK PLN" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 11:01 PM and have 29 komentar

29 komentar:

  1. Ijin duduk manis disini sambil baca artikel tentang pasang listrik baru ya Mas Mus..?

    ReplyDelete
  2. Eh ternyata dapat Pertamax di artikel Mas Mus Djono syik deh :)

    ReplyDelete
  3. Kebetulan di tempat tinggal saya lagi sulit nih Mas Mus pemasangan Listrik baru..
    Bisa saya minta bantuan Mas untuk menerima pendaftaran listrik baru pada gudang saya. tapi yang masih pakai kilometer masih ada gak tuh Mas..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan daftar sendiri di web pln untuk Pasang baru Listrik Pasca Bayar Minimal dayanya 6600VA dengan biaya Rp.6.045.000,- itu baru ke PLN saja masih ada biaya instalasi dan SLO selanjutnya yang di kerjakan instansi yang telah bekerja sama dengan PLN pada tahun berjalan

      Delete
  4. langsung ke link PLN nya ah kang.'makasih informasi tentang prosedur pelayanan pasang baru listrik di PLN ya kang.
    sangat penting terutama bagi pasangan muda yang baru bikin rumah...kaya saya ini gituh deh

    ReplyDelete
  5. Panjang lebar penjabarannya
    Cocok nih mas mus jd duta PLN

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah Saya sudah dapat SK. SKTM dari kelurahan tapinya

      Delete
  6. NAH bagi pelanggan PLN yang ingin menambah data, mengganti dari meteran manual ke Voucher , dan atau mengurus yang baru, silahkan membaca artikel yang sangat bermanfaat ini

    ReplyDelete
  7. saya udah lewatin masa ini dong. keren nggak?

    ReplyDelete
  8. rumahku pake pulsa pengen diganti sama kilometer bisa ga yah..?

    ReplyDelete
  9. oh gitu ya mas.. saya jadi tahu bagimana alur cara jadi pelanggan pln (pasang listrik)

    ReplyDelete
  10. wahh ternyata ada prosedur nya ya dikira kagak wkwkwk

    ReplyDelete
  11. Ribet ya pasang baru sekarang,orang kecil makin di bikin susah aja,harus nya pake sktm tidak perlu bayar,.nasib orang kecil memang menyedih kan

    ReplyDelete
  12. Mau nanya bang, saya pasang listrik baru untuk 5 kontrakan, saya diberi kabel cuma 40 meter, alasannya untuk 1 unit kontrakan dikasih 20 meter, yang 4 kontrakan dikasih 5 meter jadi totalnya 40 meter, karena jarak tiang listrik jauh, maka penyambungan listrik lewat tetangga, kalau dihitung sambungan kontrakan saya yang ke 4, jadi kalau saya punya kontrakan 5, urutan sambung kabelnya : ke 4, 5, 6, 7, 8. Nah sambungan yang panjang ini ada masalah nggak dikemudian hari, terima kasih.

    ReplyDelete