MENETRALKAN STROM PADA BODI CASING KOMPUTER

MENETRALKAN STROM PADA BODI CASING KOMPUTER

Terkejut karena Strum Saat Menyentuh Bodi/Casing Komputer mungkin bukan saya saja yang mengalami, karena di antar Teman teman saya juga ada yang bilang begitu. walaupun sebenarnya Strum yang ada pada Bodi/Casing komputer itu hanya Strum listrik kecil saja dan sebenarnya strom itu tak akan terasa jika kita dengan sengaja menyentuh dengan sepenuhnya, namun jika kita menyentuh tidak sepenuhnya atau hanya sedikit dari anggota tubuh kita yang menempel pada Bodi/Casing Komputer ini justru stom listrik pada Casing Komputer ini akan terasa menyengat anggota tubuh yang sedikit menempel padanya.

MENETRALKAN STROM PADA BODI CASING KOMPUTER

Untuk Tip Cara Menetralkan Strom Pada Bodi Casing Komputer kali ini saya tulis berdasrkan pengalaman yang pernah di lakukan dalam mengatasi bocoran strom listrik yang mengimbas pada Bodi Casing komputer. Sebenarnya Saya tak tahu ilmu pastinya untuk untuk mengatasi ini dan cara ini hanya iseng saya coba coba dari penalaran saya saja yang bisa di bilang ngawur ngawuran saja, sekali lagi karena memang saya tak tahu pasti ilmunya.

Sebenarnya jika sistem Groud dalam jaringan listrik di rumah kita sudah benar Casing Bodi Komputer Nyetrum ini harusnya tak akan terjadi. Namun pada umumnya standar jaringan listrik di rumah pada colokan/stopkontak listrik hanya ada dua yang berfungsi, satu lobang Strom dan satunya lagi lobang Grond yang sering di sebut min ples, sedang groud yang semestinya kebanyakan tidak terpasang/terpakai, Padahal idealnya listrik bolak balik Dua lubang colokan itu strom semua dan satu lagi ground yang ada di samping sanpingnya.

Untuk Menetralkan Strom Pada Bodi Casing Komputer Bisa Beberapa Cara Di Coba.
Cara Pertama sambung groud yang semestinya pada colokan listrik/stopkontak yang ada di samping dengan ground yang ada di lubang colokan/Stopkontak atau yang biasa di sebut min. ini bisa di lakukan jika ground dalam jaringan listrik di rumah sempurna di beberapa tempat yang dalam jaringan groudnya sempurna hal ini berhasil, namun bila groud dalam jaringan listrik di tempat itu tidak sempurna bukannya casing komputer yang nyerum ini teratasi melainkan malah lebih parah jadinya. satu lagi resiko dari cara ini, jika suatu saat sumber dari dua kabel stop kontak ini terbalik maka bodi/casing langsung terhubung dengan tegangan PLN dan ini sangat bahaya tentunya,

Yang kedua yang lebih aman adalah buat Ground sendiri pada Grund yang sebenarnya Pada Colokan Listrik/Stopkontak dengan memasang kabel pada bagian Groud itu dan hubungkan kabel ini pada besi yang tertancap pada tanah yang selalu basah.

Ketiga, yang paling mudah adalah dengan memasang kabel pada bodi/casing komputer. Caranya: kendorkan salah satu baut casingnya lalu lilitkan kabel yang sudah di kupas ujungnya secukupnya pada baut yang di kenduokan tadi lalu kencangkan bautnya lagi dengan obeng,  bubungkan kabel tadi dengan besi yang tertancap pada tanah yang selalu basah.

Itulah cara Untuk menetralkan strom pada bodi/casing komputer namun sebenar nya tidak perlu juga cara itu semua untuk menghindari stom pada Bodi/Casing Komputer, asal tubuh kita tak terhubung langsung pada lantai maupun tembok maka strom tidak akan melewati tubuh kita dan tak akan merasakan stom itu.





Terimakasih Telah Membaca: "MENETRALKAN STROM PADA BODI CASING KOMPUTER " Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 12:28 AM and have 29 komentar

29 komentar:

  1. cpu ane juga begitu gan, kalau dipegang bisa nyetrum, jadi nya ane takut kalau ngidupin komputer soalnya bikin listrik mahal bayar nya haha
    tapi sekarang ane lebih sering pakai laptop gan, dan komputer nya malah ngganggur di rumah
    makasih gan informasinya, kapan-kapan boleh dicoba gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dngant trik ini bakalan hilang masalah pada CPU Komputer jadul
      Saya nih Mas Mus. ijin coba yah Mas trima kasih Mas :)

      Delete
  2. ih akang termasuk berani maen-maen dengan strum ya,saya mah takut ih.
    lagian kalau PC ngeluarinstrum mendingan di matiin ajah terus bawa ke ahli servis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa om-om ini selalu menyeintemi(baca: sentimen) sama saya selalu coba?

      Delete
  3. Nah.. Infonya nanti bisa tak teruskan ke pemilik warnet deket rumah.. Karna asal mau saben main kesana..suka nyetrumin orang yg pada main kang
    #kagak nanya

    ReplyDelete
  4. Wah kalau sudah membahas WARNET saya jadi ingat saat saya masih bekerja di Warnet,. Kerja di BILLING yang ngurus pembayaran orang pake warnet. jaga Billing. Hiks hiks kenangan indah masa itu. 3 tahun saya kerja di Biling warnet. KErja apa aja yang penting HALAL. Tulisan ini mengingatkan saya saat kerja di warnet

    ReplyDelete
  5. Kalo sedang kena setrum
    biasanya aku senyum
    tapi kurang harum
    sebab takut nyawa tercium

    ReplyDelete
  6. Artikel ini menjawab masalah yang saya alami pada komputer jadul saya
    Mas Mus Djono. Rupanya ada solusinya ya Mas menetralisir strum listrik
    Dengan memasang ground pada body casing komputernya ,makasih Mas
    Atas kiat yang bermanfaat ini.

    ReplyDelete
  7. lengkap sekali mas ulasannya, bisa dicoba nih untuk pc saya yang kebetulan sering nyetrumin saaya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. apaa? Kang Mus nyoba nyetrumin Mbak?

      Delete
    2. Kalau distrum langsung "Bengkak"
      Waa berabeee gawat ituuu

      Delete
    3. hihiii mas Asep suka yang bengkak-bengkak ya.. :D

      Delete
  8. kalau masalah kesetrum ringan sudah menjadi "santapan" saya sehari-hari soalnya kerjaan saya berhubungan dengan reparasi komputer, mas.. makanya rambut saya berubah dari lurus jadi agak keriting kayak gini

    #sruput kopi

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah beruban to? payah juga ya senior tenan

      Delete
    2. berubah kayak satria baja kehitaman

      Delete
  9. tenanan iki uwong jago setrum tenan koq. aku dadi malah wedi je.
    tuluuung..

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar aja kesetrum, kang. siapa tau berubah jadi the flash

      Delete
    2. haha piye to mas budy ki temannya kesetrum kok malah di biarin hehe..

      Delete
  10. hohohoh, kreen sekali mas, mantap tutorialnya

    ReplyDelete
  11. ssaya sering tersetrum di kantor kalau mau ngidupin power komputer gak tahu kenapa kalau pas nggak sengaja pegang bagian besinya cpu tiba tiba jreeettt, kesetrum aku mas...

    ReplyDelete
  12. heheheheheh ..:D lumayan rasa nya bang kaya di gigit semut..:v

    ReplyDelete
  13. takut kestrum ah kalau otak-atik masalah yg beginia hehe

    ReplyDelete