PENCURIAN KABEL TRANSMISI PLN

PENCURIAN KABEL TRANSMISI PLN

Upaya PLN dalam Mencegah Pencurian Kawat Kabel transmisi yang terpasang di jalanan ini sebenarnya sudah kejadian usang, karena kejadian ini sudah lama terjadi. Marak-maraknya Pencurian kabel Transmisi di sepanjang jalan yang jauh dari pemukiman ini terjadi dahulu saat harga logam membumbung tinggi atau tepatnya saat sebelum krisis global melanda harga logam membumbung tinggi sehingga Ada saja orang yang mengambil jalan pintas memenuhi kebutuhan kesenangan mereka, salah satunya dengan mencuri Kabel PLN yang di jalanan ini.
sisa kabel jaringan pln yang di curi
Sampai saat di publish tulisan ini di beberapa tempat masih di temui sisa kabel jaringan listrik PLN yang dahulu di curi belum di ganti dan di perbaiki PLN
Namun kenapa Kejadian yang usang Saya tulis ini adalah karena pertanyaan putri pertama saya yang duduk di kelas satu SD yang merasa janggal melihat Kabel PLN yang terbalik-balik memasangnya, Ada dua kabel yang posisinya terkadang saling silang bergantian, kadang di atas kadang di bawah karena penasaran tanyalah Dia pada Bapak e. akhirnya dengan dengan segala keterbatasan yang saya ketahui terpaksa harus saya jelaskan. singkat penjelasan nya untuk anak saya saat itu ya untuk mencegah pencurian saja. walaupun banyak cerita tentang itu sebenarnya.

Di kabel PLN yang terpasang di pinggir jalan yang merupakan jalan besar biasanya terpasang tiga kabel Tegangan tinggi yang posisinya sejajar horisontal sebagai jaringan Transmisi. Selain tiga kabel yang posisinya sejajar horisontal ada lagi tiga kabel sejajar vertikal dibawahnya yang menjadi jaringan kabel PLN untuk di distribusikan ke rumah rumah konsumen. Itu jaringan yang biasa Terpasang di pinggir jalan raya sedangkan untuk jaringan jalan desa biasanya hanya terpasang Satu kawat kabel tgangan tinggi  paling atas sebagai jaringan distribusi dan tiga kabel dibawahnya sebagai jaringan tegangan listrik konsumsi(220volt) yang siap di distribusikan. 

Jaringan Listrik Pln yang terdapat Jaringan tiga kabel Distribusi Sudah pasti aman dari pencurian karena dua kabel yang di bawah adalah kabel yang ada tegangan listrik 220volt. Namun untuk jaringan yang jauh dari pemukiman hanya terpasang kawat kabel listrik Transmisi saja. Untuk yang di pinggir jalan raya tiga kabel trasmisi tegangan tinggi (11000 volt mungkin) sejajar horisontal dan satu kabel Groud yang tak ada tegangan listriknya, sedang untuk jalan jalan menuju desa yang jauh dari pmukiman biasannya satu kabel tegangan tinggi untuk transmisi dan satu kabel Ground yang tak ada tgangan listrik di bawahnya. Satu kawat kabel Ground yang terpasang di bawah inilah yang menjadi sasaran empuk para pencuri kawat kabel listrik PLN di pinggir jalanan yang terbuat dari aluminiun. Alumunium juga kan harganyalumayan juga hanya modal memanjat dan gergaji besi cukup untuk mencuri kabel ini. 

Saat itu Sudah beberapa kali Pln mengganti kawat kabel yang di curi, namun selesai diganti tidak lama di curi lagi hingga akhirnya pihak PLN memutuskan mengubah posisi kawat kabel Transmisi Di jalanan yang jauh dari pemukiman yang sebelumnya kawat kabel Ground yang tak bertegangan di taruh di atas sejajar horisontal dengan dua tegangan kawat kabel transmisi lainnya. sedang stu kawat kabel trasmisi yang bertegangan tinggi pasisinya di balik jadi di bawah tiga kabel lainnya.

Dari upaya pihak PLN dengan menukar posisi kawat kabel Trasmisi tegangan tinggi ini Terbukati sangat evektif mencecah pencurian kabel listrik PLN yang dahulu sangat marak terjadi di Seantero Kabupaten Karanganyar dan Daerah daerah sekitar se tahu Saya. Sudah sulit sekarang pencurian serupa terulang, karena dengan posisi kabel tegangan tinggi ini di bawah ini telah membuat mati pencuri karena tersengat tegangan tinggi hingga gosong. jasad pencuri yang kaku gosong terpangang listrik PLN teganagn tinggi untruk Transmisi.

Saat ini sudah aman kawat alumimium kabel jaringasn listrik PLN yang terpasang di sepanjang pinggir jalanan. walau sampai saat ini di beberapa tempat masih bisa di temui sisa sisa pencurian kabel PLN ini yang masih terputus kabelnya dan belum di ganti Pihak PLN.






Terimakasih Telah Membaca: "PENCURIAN KABEL TRANSMISI PLN" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 09.14 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar