PENCURIAN KABEL TRANSMISI PLN

PENCURIAN KABEL TRANSMISI PLN

Upaya PLN dalam Mencegah Pencurian Kawat Kabel transmisi yang terpasang di jalanan ini sebenarnya sudah kejadian usang, karena kejadian ini sudah lama terjadi. Marak-maraknya Pencurian kabel Transmisi di sepanjang jalan yang jauh dari pemukiman ini terjadi dahulu saat harga logam membumbung tinggi atau tepatnya saat sebelum krisis global melanda harga logam membumbung tinggi sehingga Ada saja orang yang mengambil jalan pintas memenuhi kebutuhan kesenangan mereka, salah satunya dengan mencuri Kabel PLN yang di jalanan ini.
sisa kabel jaringan pln yang di curi
Sampai saat di publish tulisan ini di beberapa tempat masih di temui sisa kabel jaringan listrik PLN yang dahulu di curi belum di ganti dan di perbaiki PLN
Namun kenapa Kejadian yang usang Saya tulis ini adalah karena pertanyaan putri pertama saya yang duduk di kelas satu SD yang merasa janggal melihat Kabel PLN yang terbalik-balik memasangnya, Ada dua kabel yang posisinya terkadang saling silang bergantian, kadang di atas kadang di bawah karena penasaran tanyalah Dia pada Bapak e. akhirnya dengan dengan segala keterbatasan yang saya ketahui terpaksa harus saya jelaskan. singkat penjelasan nya untuk anak saya saat itu ya untuk mencegah pencurian saja. walaupun banyak cerita tentang itu sebenarnya.

Di kabel PLN yang terpasang di pinggir jalan yang merupakan jalan besar biasanya terpasang tiga kabel Tegangan tinggi yang posisinya sejajar horisontal sebagai jaringan Transmisi. Selain tiga kabel yang posisinya sejajar horisontal ada lagi tiga kabel sejajar vertikal dibawahnya yang menjadi jaringan kabel PLN untuk di distribusikan ke rumah rumah konsumen. Itu jaringan yang biasa Terpasang di pinggir jalan raya sedangkan untuk jaringan jalan desa biasanya hanya terpasang Satu kawat kabel tgangan tinggi  paling atas sebagai jaringan distribusi dan tiga kabel dibawahnya sebagai jaringan tegangan listrik konsumsi(220volt) yang siap di distribusikan. 

Jaringan Listrik Pln yang terdapat Jaringan tiga kabel Distribusi Sudah pasti aman dari pencurian karena dua kabel yang di bawah adalah kabel yang ada tegangan listrik 220volt. Namun untuk jaringan yang jauh dari pemukiman hanya terpasang kawat kabel listrik Transmisi saja. Untuk yang di pinggir jalan raya tiga kabel trasmisi tegangan tinggi (11000 volt mungkin) sejajar horisontal dan satu kabel Groud yang tak ada tegangan listriknya, sedang untuk jalan jalan menuju desa yang jauh dari pmukiman biasannya satu kabel tegangan tinggi untuk transmisi dan satu kabel Ground yang tak ada tgangan listrik di bawahnya. Satu kawat kabel Ground yang terpasang di bawah inilah yang menjadi sasaran empuk para pencuri kawat kabel listrik PLN di pinggir jalanan yang terbuat dari aluminiun. Alumunium juga kan harganyalumayan juga hanya modal memanjat dan gergaji besi cukup untuk mencuri kabel ini. 

Saat itu Sudah beberapa kali Pln mengganti kawat kabel yang di curi, namun selesai diganti tidak lama di curi lagi hingga akhirnya pihak PLN memutuskan mengubah posisi kawat kabel Transmisi Di jalanan yang jauh dari pemukiman yang sebelumnya kawat kabel Ground yang tak bertegangan di taruh di atas sejajar horisontal dengan dua tegangan kawat kabel transmisi lainnya. sedang stu kawat kabel trasmisi yang bertegangan tinggi pasisinya di balik jadi di bawah tiga kabel lainnya.

Dari upaya pihak PLN dengan menukar posisi kawat kabel Trasmisi tegangan tinggi ini Terbukati sangat evektif mencecah pencurian kabel listrik PLN yang dahulu sangat marak terjadi di Seantero Kabupaten Karanganyar dan Daerah daerah sekitar se tahu Saya. Sudah sulit sekarang pencurian serupa terulang, karena dengan posisi kabel tegangan tinggi ini di bawah ini telah membuat mati pencuri karena tersengat tegangan tinggi hingga gosong. jasad pencuri yang kaku gosong terpangang listrik PLN teganagn tinggi untruk Transmisi.

Saat ini sudah aman kawat alumimium kabel jaringasn listrik PLN yang terpasang di sepanjang pinggir jalanan. walau sampai saat ini di beberapa tempat masih bisa di temui sisa sisa pencurian kabel PLN ini yang masih terputus kabelnya dan belum di ganti Pihak PLN.






Terimakasih Telah Membaca: "PENCURIAN KABEL TRANSMISI PLN" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 9:14 AM and have 20 komentar

20 komentar:

  1. Kalau ditempat saya pencurian kabel sudah meraja lela mas, dari pencurian kabel PLN dan pencurian kabel Telepon, saya sampai bangkrut tuh pasang telepon dirumah, sampai - sampai tiang dan jalurnya diambil kembali oleh Telkom hehehe,,

    sekarang lagi marak pencurian kabel BTS, padahal itu sarana komunikasi saat ini ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ternyata saya pertamax saudara - saudara hehehe

      Delete
    2. Wahh saya kira saya dapat Pertomax eeehhh Mang Yono
      Selamat ya Mang, silahkan award nya ambil di Mas Mus Djono :D

      Delete
  2. Ternyata bukan di tempat saya aja ya Mas Mus.? Pencurian Kabel PLN
    Ternyata di tempat Mas Mus juga sama' sungguh tak ada jeranya para
    Pelaku pencurian itu, walau hukuman sudah siap menantinya :(

    ReplyDelete
  3. Aduh ampun deh pada gak ngeri kesetrum apa ya..

    Gak cuman kabel yg lagi marak ya mas..kayu bantalan kereta jg ikutan di sabet

    ReplyDelete
    Replies
    1. lha itu kan bisa menyebabkan kereta tergelincir, mas........

      Delete
    2. kalo kereta mainnan nggak papa

      Delete
  4. budaya Indonesia yang harus diberantas nih ya mas
    ...apa ndak ngeri juga gitu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngeri kalo ketemu kuntilanak berwajah gendruwo

      Delete
  5. kebutuhan perutlah yang memaksa orang mengambil resiko tersengat aliran listrik bertegangan tinggi, perutlah penyebabnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo perutnya mblending kayak Akang makannya nggak boleh banyak ya Kang?

      Delete
  6. saya request foto yg menunjukkan posisi kabel tegangan tinggi yg berada dibawah, mas. untuk menambah pengetahuan saja.. boleh kan? pliiiiiss....

    #melas banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini kabel di tempat saya mau? kabel jemuran.

      Delete
  7. pancen susah brayan sama orang2 yang nggak paham ya Kang Mus. arep dikepenakke malah dicolong. ampuun. kudune digantung ta uwong2 kuwi.

    ReplyDelete
  8. orang jaman sekarang bener-bener nekad ya mas, kabel pln berani dicuri juga hmmmm :)

    ReplyDelete
  9. kalo sudah kesetrum baru kapok tuh maling
    dikampung saya dulu juga marak pencurian kabel, trutama yg kabel min

    ReplyDelete
  10. Betul mas dulu di tempat saya pencurian seperti itu sering sekali sampai pernah ada yang di tangkap pulisi dan ternyata tetangga saya sendir dan masih sekolah lagi, jadi malau ngelihatnya sebagai tetangga, tetapi emang waktu itu anaknya bandel dari sekian banyak anak muda di desa saya. akhirnya di jebloskan di jeruji penjara.

    ReplyDelete