HARI LEBARAN SAAT PALING KOTOR HALAMAN RUMAH

HARI LEBARAN SAAT PALING KOTOR HALAMAN RUMAH

Lebaran Hari Raya Idulfitri adalah saat umat islam kembali bersih suci sebagaimana bayi yang baru lahir setelah satu bulan sebelumnya menjalani kewajiban berpuasa dan di tutup dengan Zakat Fitrah bagi mereka yang mampu. dalam cerita bakda di posting sebelumnya di tradisi jawa setidaknya di tempat saya tidak hanya raga yang di bersihkan saat hari raya melainkan semua perkakas rumah tangga juga di bersihkan dengan mencuci/memandikannya (ADUS BAKDO MANDI HARI RAYA LEBARAN)

Namun saat DINO BKDO/Hari Raya Lebaran itulah saat paling kotor halaman rumah di banding hari hari lainnya, karena saat hari raya setelah semua perkakas yang biasanya di buat bekerja semisal Pacul/Cangkul, Sapu dan semacamnya dimandikan/dicuci dan di kumpulkan di halaman maka tidak boleh di gunakan hingga selesai Hari Raya atau Hingga hari berikutnya.

Dengan tidak diperbolehkan peralatan yang biasa buat bekerja maka pada hari itu tak ada orang yang bekerja melainkan semua larut dalam kegiatan Hari Raya. Bahkan Menyapu Halaman Saja tidak boleh sampai selesai Bakdo/Hari Raya atau hingga hari berikutnya, padahal dahulu masih marak membakar mercon di halaman rumah sehingga pecahan kertas dari mercon berhamburan dan berserakan yang menjadikan begitu Kotor pelataran/halaman Rumah.

Begitulah Tradisi lama di tempat saya Saat Hari Raya Idulfitri saat kembali suci namun halaman rumah malah kembali kotor bahkan paling kotor lagi. Tradisi Tidak boleh menyapu halaman Saat Hari Raya sudah tidak ada yang masih menjalankannya saat ini setahu Saya. lagi pula sekarang tidak musim lagi membakar mercon yang membuat kotor halaman Rumah.

Mercon Dan Meriam Bambu yang dahulu mewarnai Hari Raya Idulfitri kini terganti dengan Mercon/Meriam Pipa Kaleng susu yang lebih murah dan relatif lebih aman namun tak kalah gelegar suaranya dan begitu semangat Anak-anak sekarang memainkannya. (CARA MEMBUAT MERCON/MERIAM PIPA KALENG SUSU)

saat hari lebaran adalah saat halaman rumah terkotor
Saat Hari Raya Dahulu Halaman Rumah Di Buat Kotor oleh Kertas Pecahan Mercon, Kini Sudah Tidak Lagi Karena Mercon Telah terganti dengan mercon/Meriam Pipa Kaleng Susu Yang Mulai Populer Lebaran Tahun Lalu, hingga Selesai Lebaran Kini Masih Pada Asyik Anak-anak Memainkannya







Terimakasih Telah Membaca: "HARI LEBARAN SAAT PALING KOTOR HALAMAN RUMAH" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 12:30 AM and have 43 komentar

43 komentar:

  1. ditambah lagi ramainya petasan yang dibakar secara sembarangan oleh anak-anak ampe2 ngeganggu tetangga..hmzz

    ReplyDelete
    Replies
    1. petasan itu sampahnya bisa buat pupuk kompos nggak ya?

      Delete
    2. Tergantung mas
      Kalo dibuntelnya sama daun pisang.. potensi tuh

      Delete
    3. owh bisa di bikin kompas hebat inih sampah buat bisa nunjukin arah

      Delete
    4. Kompos yg tiap pagi sy baca

      Delete
    5. kompor yang bisa buat masak nih

      Delete
    6. komps gas apa kompos minyak ya?

      Delete
    7. Mamang Hadi kita kompasin aja yuk

      Delete
  2. kalo saya, halaman kotor nggak masalah, soalnya yang nyapu sekarang harusnya anak-anak saya. kalo dahulu jaman masih kecil, saya dong yang tersiksa nyapu halaman.

    ReplyDelete
  3. Cara anak anak megangin...longsong meriamnya.. ngalahin arnol di film komando mas

    ReplyDelete
  4. kreatif juga mercon kaleng susunya... tapi tetap bahaya ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa iya..bisa juga engga...
      yang paling ngga bahaya banget mah...beli/bikin petasan mercon ke'ginih...simpen deh di lemari...pasti dijamin aman...percaya ke saya ngga ?

      Delete
    2. tuh tip paling aman ya punya mang ubi, klo'menurut saya di banding mainan serupa yang ini yang paling aman kayaknya

      Delete
    3. nggak aman juga kok, gimana kalau lemarinya kebakaran

      Delete
  5. nyeletuk di komentar orang...udah.

    tinggal dikolomku sendiri...mau ngomong apa ya...?

    ReplyDelete
  6. wah iya, kertas-kertas bekas petasan, aku paling sebel kalo denger petasan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Besok bakal ada petasan yg di bakar keluar nya lagu dangdut loh mas

      Delete
    2. suara senapan
      sugali anggap itu swara meron pipa saja

      Delete
  7. Hahhaha, ia beneran, seprtinya dimana mana ya petasan hadir saat lebaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga juga deh sudah punah petasan di dusun saya

      Delete
    2. adanya Laskarbit sama LasListrik

      Delete