BAKDO GULA TEH GULATEH BA'DA

BAKDO GULA TEH GULATEH BA'DA

Gula teh ba'da

BAKDO GULA TEH GULATEH BA'DA Tradisi adat kebiasaan yang di lakukan Orang Jawa menjelang bakdo atau Hari Raya Idul fitri diantaranya adalah Badan Gula Teh yaitu pemberian gula teh dari yang muda kepada yag lebih Tua. Walau adat kebiasaan beginian sudah banyak di tinggalkan namun masih ada beberapa orang yang masih melakukannya.

Didalam memberikan gula teh itu terkadang menyuruh Anak-anakNya dan Yang unik adalah mengajarkan kata-kata di dalam menyerahkan pemberian itu yang masih menggunakan istilah zaman dahulu yang sebenarnya kini sudah tidak sesuai lagi. Sebagai Contoh Begini kata-katanya: "Pakde niki Dalem Diutus Bapak Simbok Caos Teh kalih Gulo Sesompil" Yang kurang lebih berari "PakDhe ini saya di suruh Bapak Ibu memberikan Teh serta gula seSompil".

GULA SESOMPIL. Apa maksud Gula sesompil coba?, Padahal yang di berikan adalah gula sekilo dua kilo, dan ternyata itu adalah istilah yang di gunakan zaman dahulu yang mana gula dahulu di bungkus dengan kertas dengan bentuk Contong/Kerucut yang bentuknya seperti Sompil. Sompil adalah binatang sejenis siput kecil berwarna Hitam berbentuk kerucut yang biasa hidup di kali/Sungai. Dengan maksud merendah bahwa yang diberikan hanya sedikit gula sehingga gulanya di sebut seSompil atau Sebesar Sompil yang merupakan binatang sejenis siput yang sangat kecil.

Setelah menerima Bakdan Gula Yang di berikan biasanya yang menerima akan memberikan Plitrah yang berupa uang kepada anak yang di suruh memberikan Bakdan Gola Teh Gula Teh Bakdan tadi..






Terimakasih Telah Membaca: "BAKDO GULA TEH GULATEH BA'DA" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 4:43 AM and have 21 komentar

21 komentar:

  1. tradisi ini harus dilestarikan ya mas, biara tetap ada..

    Kalau didaerah saya di Subang, tradisi menjelang lebaran yaitu tradisi Nganteuran " Tukar rantang " memberikan olahan atau masakan kepada kerabat atau tetangga dengan olahan tersebut dimasukan ke dalam wadah rantang susun " nanti sianak dikasih amplop yang ada isinya dari orang yang dikasih masakan" tukar rantang "

    ReplyDelete
  2. tradisinya unik ya mas, harus dilestarikan...kalau didaerah saya sudah jarang tradisi yang seperti ini menjelang Idul Fitri, palingan yang ada tradisi perang bedil lodong/meriam bambu :)

    ReplyDelete
  3. baru dengar ane gan, tradisi yang unik....dan patut dilestarikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo perlu sampe akhir zaman :)

      Delete
    2. akhir ronde pertama sudah KO, ya termasuk belum top

      Delete
  4. Mbiyen banget ya mas..
    Seinget saya waktu kecil dulu ngalamin jg ..pas di suruh kewarung beku gula atau kopi di pakcing kerucut gitu... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake kertas koran kalo nggak kertas buku tulis yang nilainya jelek kan Mas?hehe

      Delete
    2. Hehe... mas zach ngalamin juga toh mas :)

      Delete
    3. kan saya unda-undi sama njenengan to mas

      Delete
  5. wahh nek saya malah ora ono begitu lho Mas. malah wong tuwo sing ngekeki bocah-bocah. wahh sayangnya saya sudah tuwa sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blm keliatan banget kok..mas tuwir nya hehe

      Delete
    2. saingan sama mas mus tentunya, wkwkwk

      Delete
  6. tradisi unik yang sebenarnya meskipun sudah dianggap tidak sesuai saman..namun layak dipertahankan sebagai salah satu warisan luhur bangsa......keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  7. tradisi kyk gini baru tau nih saya mas, unik ya tradisinya, mungkin itu kalo diceritain anak di taun 2020 cekikik kali ya, soalnya gak paham maksudnya, jaman sekarang malah tukeran pin bb ama WA :D

    ReplyDelete
  8. jawanya mana mas...? kalo di lamongan seh salam tempel adatnya... hehehhehe
    ====================
    mengenal kelinci raksasa (FG)

    ReplyDelete
  9. Owh ada tradisi kayak itu ya, baru tau saya

    ReplyDelete