MENGURUS AKTA KELAHIRAN

MENGURUS AKTA KELAHIRAN

MENGURUS AKTA KELAHIRAN  Posting Kali ini saya akan cerita saat mengurus Akta Kelahiran Anak Saya. Ini adalah pengalaman mengurus Akta kelahiran di Kabupaten Karanganyar, mungkin di tempat lain tidak sama atau ada sedikit beda.

Walaupun peraturan yang mengharuskan pengurusan Akta Kudu Diurus Secepatnya dan jika terlambat Akan di kenakan denda telah di batalkan Mahkamah Konstitusi/MK namun tidak pas juga jika hal itu dijadikan alasan untuk menunda-nunda pengurusan Akta Kelahiran Anak karena memang Akta Kelahiran sangatlah Penting, lebih cepat pengurusanya lebih baik tentunya. 

Setelah Anak di beri Nama secepatnya di urus untuk mendapat Akta Kelahiran dengan meminta surat pengantar pengurusan Akta kelahiran dari Ketua RT dan di bubuhi cap stempel serta tanda tangan dari RW dan Kadus/Bayan.

Lalu datang ke Kantor Kepala desa dan menyerahkan Kartu Keluarga/KK dan Fotokopi Kartu Tanda Penduduk Serta Surat Pengantar Dari Ketua RT Lengkap dengan Cap Stempel seta Tanda Tangan RW dan Kadus/Bayan, lalu mengisi formulir pelaporan kelahiran si anak. Kantor kepala desa akan mengeluarkan Surat Kelahiran serta membuatkan Surat Pengantar Ke Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil Guna Keperluan Pengurusan Akta Kelahiran.

Setelah mendapat Surat Kelahiran Serta Pengantar lalu menyerhkannya ke Kantor Kecamatan. Di Kecamatan akan di buatkan Kartu Keluarga/KK Baru yang sudah tercantum Nama Anak yang akan di urus Akta Kelahirannya sebagai pengganti Kartu Keluarga/KK Lama. Proses pembuatan KK baru kira kira Satu Minggu lamanya.

Selama menunggu Proses Pembuatan Kartu Keluarga/KK Baru di kantor Kecamatan Datang ke Kantor Urusan Agama membawa Potokopi Buku Nikah/Akta Nikah Untuk Mendapatkan Legalisir Fotokopi Buku Nikah/Akta Nikah Di kantor Urusan Agama Yang Mengeluarkan Buku/Akta Nikah Tersebut.
Setelah Kartu Keluarga/KK jadi datang ke Kantor Kependudukan Catatan Sipil Untuk pengurusan Akta dengan Membawa Syarat-Syarat  Pengurusan Akta Kelahiran:
  • Potokopi KK Baru yang telah tercantum nama anak yang akan di urus Akta Kelahirannya 
  • Surat Kelahiran Dari Kantor Kepala Desa 
  • Surat Pengantar Pengurusan Akta Kelahiran Dari Kantor Kepala desa 
  • Potokopi KTP Pemohon/Pelapor 
  • Potokopi Buku Nikah/Akta nikah yang di legalisir Kantor Urusan Agama/KUA yang mengeluarkan Buku nikah/Akta nikah tersebut.

Setelah Persyaratan lengkap Tinggal mengisi Formulir permohonan Akta Kelahiran dan Akta Kelahiran akan di proses oleh petugas di Kantor Kependudukan dan Catatan sipil.





Terimakasih Telah Membaca: "MENGURUS AKTA KELAHIRAN" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 8:32 AM and have 26 komentar

26 komentar:

  1. Jadi Jika punya anak cepet-cepet urus akte lahir
    Kalo lambat nyengir

    Terimakasih

    ReplyDelete
  2. kayaknya sama sih ya Mas kayak di daerah lain.
    cuma kalo untuk anak-anak saya, pengurusannya including di biaya rumah sakit. jadi begitu keluar rumah sakit setelah persalinan isteri saya, anak2 pada dapet akta lahir.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini juga sebenarnya namun Surh cari surat lahir dan pengantar dari desa. yaudah nanggung sekalian ke kecamatan dan ke kantor kependudukan dan catatan sipil sekalian

      Delete
    2. Sepakat dengan Bang Zachflazz, Ayah idaman tahun ini. Rata rata pengursan Akte Kelahiran relatif sama atau mempunyai banyak kesamaan dengan daerah daerah lainnya di Indonesia. Saya sendiri saat kelahiran anak pertama dan kedua langsung mengurus AKTA KELAHIRAN secepatnya. Sebab kuatir juga sih kalau ditunda tunda malah tidak dikerjakan sama sekali

      Delete
  3. ALhamdulillah semua anak udah punya aktenya masing masing, secara...kitakan petugas pencatat akta...;o)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya iya percaya deh pokoknya...

      Delete
    2. Kang Cilembu maunya yang dicatat pasti

      Delete
    3. dicatet dan dapet amplop yang isinya tebel dong...;o)

      Delete
    4. pasti mantap kang cilembu kalau dapat amplop yg isinya tebal,, hehe

      Delete
  4. sepertinya gampang ya, mas... tapi prakteknya rempongggg banget... ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe begitu ya memang ribet apalagi belum ngerti prosedur dan kelengkapan. ya sabar dan ikuti aturan saja sih saya mas Pri

      Delete
  5. yang penting cepat jadi sehingga gak menunggu lama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga cepat juga ini butuh waktu untuk prosesnya katanya

      Delete
  6. Nah lengkap neh...makasih

    Dulu pernh di bidan sudah sepaket

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi ga repot urus sana sini gitu ya sob

      Delete
  7. mantap mas,, lanjutkan sharingnya ya
    jangan lupa follow dan kunjangannya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok..Tpi maaf agak lambat jarang online :)

      Delete
  8. Mas musjono
    Mau numpang tanya...
    Apakah njenengan kenal atau tau dengan pak Sri hadi yg tinggal di daerah matesih dusun bayanan
    Kalo kenal dan tau tlong info ke saya ya

    Saya tinggalkan nmr whatsapp
    +85251691453

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mbak Bayanan memang mash satu kecamatan dengan tempat saya namun beda desa jadi saya kurang tahu siapa pak sri hadi.

      Delete
  9. telat terus nih saya Kang..hehehe

    langsung baca dan komen aja.

    ReplyDelete
  10. Info yang sangat penting nih, apalagi bagi para orangtua-orangtua baru yang belum terlalu familiar dengan pengurusan akta kelahiran :)

    ReplyDelete
  11. Iya.. ngurus akte lahir juga gak boleh salah.. krn kalo salah ini ngaruh ke surat berharga seterusnya itu anak. Kayak ijazah dia, ktp, rapot, dll

    ReplyDelete
    Replies
    1. begitulah. memang akta kelahiran begitu sangat Penting

      Delete