NAMA INDAHNYA SEBAGA PERTANDA PANGGILAN SAJA

NAMA INDAHNYA SEBAGA PERTANDA PANGGILAN SAJA

NAMA ANAK Bermacam alasan dan sebab Orang Tua di dalam Memberi nama Pada anaknya, yang pasti Nama di berikan Untuk Pertanda dan Sebagai Pangilan untuk Membedakan Anak Yang Satu dengan yang lainnya, juga masih banyak lagi Sebab dan alasan Orang Tua didalam memberi Nama Anak-nya. Coba bayangkan seandainya Orang tua punya anak katakanlah tiga dan semuanya tidak di beri nama pasti susah seandainya akan memanggil salah satu di antara mereka, maka dari itu anak di beri nama berbeda satu dengan yang lainnya sehingga mudah memanggil dan membedakan anak satu dengan yang lainnya.

nama anak berdasar hari dan pasaran
Selain Orang Tua Memberi Nama Anak sebagai pertanda dan Pembeda ada banyak lagi alasan kenapa Orang Tua memberi Nama Anak. Beberapa diantara yang akan Saya Tulis di sini adalah: Nama Sebagai Pertanda Pembeda Nama Yang Indah Agar Bagus Nan Keren Panggilannya Nama Dengan Makna yang Indah Sebagai Do'a dan Harapan Orang Tua Akan Kebaikan anaknya. Itu alasan di dalam orang Tua Memberi nama Anak yang ku ketahuinya Dan masih bayak lagi sebab dan alasan yang tidak ku ketahui, dan Ketiga kriteria Orang Tua di dalam Memberi Nama Anaknya itulah Yang akan di bahas di sini.

YANG PERTAMA NAMA ANAK SEBAGAI PERTANDA PEMBEDA PANGGILAN SAJA 
yang begini sekarang sudah sangat jarang, di mana Orang Tua masa kini memberi nama anak-nya hanya sekedar sebagai pertanda pembeda panggilan saja, karena rata-rata orang Tua Sekarang di-dalam Memberi nama anak-nya Selalu memilih nama yang Indah untuk di lafalkan. Nama sekedar Pertanda ini di alami generasi sebelum saya atau generasi bapak dan Simbah-Simbah dahulu di mana mereka di dalam memberi nama Anak simpel dan hanya sebagai pengingat kelahiran saja. Misalnya:

Memberi Nama Anak Berdasarkan Hari kelahirannya. Sebagai Contoh Anak Lahir Pada Hari Minggu, yang mana Orang jawa di dalam menamakan Hari sama dengan Arab namun hanya sesuai kemampuan lidah melafalkannya, Minggu sama dengan 'ahad dan orang jawa menyebutnya Ngat jadi anak yang lahir pada hari Minggu diberi nama Ngat: Ngadino, Ngatmanto, Ngadidah dan Ngat-Ngat Yang lain, Nah Blogger Sepertinya juga lahir pada hari Minggu/'Ahad/Ngat. Buktinya para pengurus Blog dinamakan 'atmin/Ngatmin (100% ngawur saja pokoknya)

Anak yang lahir pada hari senin biasanya langsung dinamakan dengan nama hari itu. Masih banyak orang dengan nama Senen namun setelah menikah biasany di tambah nama Tua, sebagai contoh: Senen Raharjo, Senen Kriyo Tomodan lain lain

Anak Yang Lahir Pada hari Selasa Tidak otomatis Selasa Jadi Nama Melainkan Hanya di ambil kata Belakang dari hari itu saja yaitu Loso: Tarloso, Sriloso, Suloso dan Loso-Loso yang lain. Penyanyi terkenal mantan Vokalis Dewa 19 juga lahir Pada Hari Selasa, makanya Da Dinamakan Ari Laso. (100% ngawur)

Hari Rabu Nama hari ini juga lazim buat nama anak banyak simbah simbah yang bernama rebo dengan tambahan nama Tuanya: Rebo Kariyo Manto, Rebo Dikromo dll. Hari Kamis yang orang jawa melafalkannya dengan Kemis juga lazim juga menjadi Nama, Begitu juga dengan Hari Sabtu yang Orang jawa melafalkannya dengan kata Setu juga lazim menjadi Nama

Juam'at atau jumat jarang sekali orang bernama Hari ini namun Orang yang lahir pada Hari Jumat/Jum'at Biasanya diberi Nama penggalan dari Kata Hari itu dan Nama Tambahannya Sebagai contoh: Jumadi, Jumiran,Juminem dan masih banyak Jum-Jum lain

Itu Nama Anak zaman Bapak dan Simbah-Simbah dahulu yang memberi namaAnak sekedar penggingat kelahiran dengan memberi nama anak berdasar hari Kelahirannya. Selain berdasar hari kelahiran ada juga berdasarkan nama Pasaran Saat Kelahiran si Anak.

NAMA ANAK BERDASAR HARI PASARAN KELAHIRAN
Nama hari Pasaran Di Jawa ada lima dan dahulu Nama pasaran juga Sering di jadikan nama Anak yang lahir pada hari pasaran itu:
Anak yang lahir pada Pasaran Wage diberi Nama Wagiman, Wagimin, Wagiyo dan masih banyak Wage wage yang lain

Anak yang lahir pada hari Kliwon diberi nama Wanti, Wando atau Kliwon begitu Saja.

Anak yang lahir pada Pasaran Legi Biasana di beri Nama Legiyem, Leginah, Legiyanto, Legiman dan semacamnya.

Anak yang lahir Pada Pasaran Pahing Biasanya Di beri nama Paiman, Paimo, Paiyem, Parinah dan semacamnya. Mantan gitaris Slank Yang Mendirikan Gup Band BIP Bersama dua Jebolan Slank yang lain Sepertinya juga lahir pada hari Pasaran Pahing
sehingga namanya kini di Panggil Pay BIP (100% ngawur).

Anak yang lahir Pada hari Pon Biasa di namakan Poniyem, Ponari,
Ponimin, dan Semacamnya.

Itu nama Anak zaman Bapak dan Simbah-Simbah dahulu yang memberi nama Anak Berdasarkan Saat pasaran Kelahiran si anak, yang zaman sekarang sudah jarang Orang memakainya Karena Sekarang Orang Tua sudah biasa dan senang Memilih Nama Yang Indah dan Keren Untuk Panggilan Nama Anaknya. Namun ada kalanya Orang tua Hanya sekedar Memilih Nama Yang  Indah Nan Keren Tanpa Tahu Makna, Arti Seta Maksud Nama Itu.

NAMA INDAH NAN KEREN SEKEDAR SEBAGAI PANGGILAN.
Ada di antara Orang Tua yang memberi nama anaknya hanya memilih yang menurutnya Indah maupun Keren Tanpa mengetahui Makna Serta Maksud dari Indah serta Kerenanya Nama Itu.Misalnya Orang Tua Memberi Nama AnakNya DAVIN ALVINO Setelah di tanya arti seta makna Davin Alvino Apa, ternyata tidak tahu dan alasan memberi nama itu Karena Bagus serta Keren Nama itu. Itu satu contoh saja yang Kebetulan Kuketahui mungkin masih banyak hal serupa walau sedikit beda

Ada yang lebih Parah lagi Seorang Yang Memberi Nama Anak Maksudnya baik memberi nama anak Nama Islami Namun karena kurangnya Pengetahuan dan pemahaman di dalam Memberikan Nama Anak Malah jatuh pada memberi Nama yang Tidak Sepantasnya Namun Tetap Mengira Nama Itu Baik Saja Misalnya Memberi Nama Anak Musyrikin Di sangkanya itu Nama Islami Karena Kata itu sering di dengarnya dari ayat Kitab suci. Padahal Itu Sangat Tidak Pantas Menjadi Nama, Apalagi Harapan agar anak menjadi Sebagaimana Nama Musyrikin Yang Berarti Seorang Yang Menyekutukan alias mendualan Tuhan dengan yang Lain.

Pernah juga Teman Saya Ngedapatin Seseorang Yang Karena Kurang Pengetahuannya Memberi Nama Anaknya Dengan nama ABDUL FARJI' Yang Menurutnya Nama Itu Ke Arab-Araban dan dikiranya berarti baik saja, Untungnya Sebelum Mengurus Akta Kelahiran Si Anak Dengan Nama itu di ingatkan Teman saya akan arti dari Nama itu sehingga ganti nama yang lain yang bermakna lebih baik da sebagai do'a akan kebaikan Anaknya. Coba seandainya terlanjur pakai nama sebelumnya yang mana Abdul bermakna Hamba sedangkan Farji Bermakan Kemaluan. Apa tidak Malu kelak Si Anak dengan Nama itu.

Itulah Nama-Nama Anak yang diberikan Orang tua untuk anaknya sekedar Pertanda, Pembeda Anak Yang satu dengan Yang Lainnya dan juga Nama Yang di berikan Orang Tua Sekedar Bagus dan Keren Panggilannya Tanpa Tau Makna dan Maksud nama Sianak. Untuk posting selanjutnya Kriteria yang ke tiga Orang Tua Yang Memberi NAMA INDAH MAKNANYA SEBAGAI HARAPAN DAN DOA





Terimakasih Telah Membaca: "NAMA INDAHNYA SEBAGA PERTANDA PANGGILAN SAJA" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 1:46 AM and have 34 komentar

34 komentar:

  1. Unik sekali kali ini Mas Mus Djono artikelnya simak sampai habis yah Mas?
    Nama yang indah memang dambaan semua insan yah Mas, cuma nama
    Saya aja yang gak indah hhhhh salam sukses Mas Mus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe masak iya seh indah begitu kok Om Karysta

      Delete
    2. Nama saya kaya nya kurang keren gitu, gimana menurut Mas
      Mus Djono..? mau ganti nanti takut error saya nya hehhe :D

      Delete
  2. ya setidaknya memberi nama anak itu harus mengetahui maksud yang lebih baik daripada sekedar pengingat saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. begitulah seharusnya, namun ada kalanya didalam memberi nama tanpa tahu pasti maksudnya asal menurutnya indah saja.

      Delete
  3. jaman sekarang mana mau nama anaknya ngasal, kan kerasa sama kita kita yang jadi gengsi kalau dipanggil dengan nama asli, wong nama asliku ngedeni gedeg jeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lha iya itu kan zamane bapak 'an Zimbah doloe

      Delete
  4. Nama-nama khas orang jawa itu mas yang ada digambar..
    saya nggak begitu asing dengernya..
    kl sekarang sih namanya agak kebarat-baratan..

    ReplyDelete
  5. Nama-nama yang tertera pada gambar diatas, sangatlah banyak ditemukan di desa saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bapak dan simbah-simbah kebanyalannya

      Delete
  6. Nama anak sekarang di ambil dari budaya barat....

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah orangtuaku ngasih nama saya tak ambil hari lahir, tapi nama yang orang lain tak punya, dan berarti cantik dan baik, tak asal bgasih nama yang udah banyak orang pake, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anisa=Wanita, Ayu=Cantik (secara saya) Semoga terwujud harapan dan do'a dan benar benar menjadi Wanita yang cantik rupawan dan lebih cantik lagi hatinya.

      Delete
  8. kalau menurut saya sih, nama adalah do'a mas. Jadi alangkah baik nya jika kita memberi nama anak kita dengan nama yang baik yang bisa mendoakan diri nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. begitulah semeatinya Orang Tua menamakan anaknya

      Delete
  9. nama adalah harapan dan doa orang tua terhadap anaknya
    agar si anak kelak menjadi orang besar dan berguna

    ReplyDelete
    Replies
    1. Besar jiwanya, Luhur budinya, Baik Hati Tentunya.

      Delete
  10. Selamat malam sobat. Maaf baru bisa berkunjung karena sibuk sekolah sobat.
    Artikelnya sangat bermanfaat sob tentang makna sebuah nama orang. Kebetulan saya belum berkeluarga sobat, jadi belum begitu paham. Izin belajar dan menyimak dengan seksama informasi yang dijelaskan dalam artikel diatas. Terimakasih sobatku

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh kalau saya sudah berkeluarga sejak lahir mas Wisma hahahaia..

      Delete
  11. kalau jaman sekarang sih nama anaknya sudah keren keren kang mus, seperti alex widio utomo..atau siti manohara wati.
    kalau nama parji itu keren gak kang mus, lahire ulan sapar tanggal siji.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau Saya seh lebih suka Pari hehehe..

      Delete
  12. nama orang biasanya diberikan oleh ortu ya sob. Untung aja nama ane keren hehehe jadi nggak malu kalau dipanggil dan disapa sama temen-temen ane :D

    ReplyDelete
  13. Kunjungan pagi Mas Mus. simak lagi akh tentang nama Indah
    Kali saja nama saya. lama-lama menjadi Indah,, ehh slah gak ya? hh :D

    ReplyDelete
  14. nama katanya doa ya PAk jadi sebisanya kita bisa memberi nama yang Indah buat anak kita

    ReplyDelete
  15. Selain untuk lebih mudah
    panggilannya
    Sebuah nama..di dalemnya terselip harapan dan doa ya,mas

    ReplyDelete
  16. nama anak jaman sekarang banyak dari perpaduan bahasa mas, mulai dari nama indonesia, arab, dan bahkan ada yang mirip nama artis hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting ngerti maksudnya bisa berabe jika taktau nantinya

      Delete
  17. wah cocok ini sob, ulasannya sangat bagus, dan menambah wawasan buat ane. makasih sudah berbagi

    ReplyDelete