MENGURUS SURAT KETERANGAN TIDAK MAMPU/SKTM

MENGURUS SURAT KETERANGAN TIDAK MAMPU/SKTM

PROSEDUR MENGURUS SURAT KETERANGAN TIDAK MAMPU/SKTM-- Ini adalah Kisah Pribadi saya yang di Posting Sebelumnya telah di jelaskan Bu Bidan untuk mendapat layanan persalinan dengan cuma-cuma ada dua cara dengan ikut menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional JKN dengan mendaftar di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial/BPJS Kesehatan dan berkewajiban membayar premi tiap bulan atau dengan Surat Keterangan Tidak Mampu SKTM yang mana yang menjamin surat itu berderet-deret alias berenteng-renteng Sehingga Bu Bidan Menyebut Surat Tanggung Renteng.

Persyaratan yang harus di lengkapi untuk mendapat layanan persalinan secara cuma-cuma dengan SKTM alias Surat Tanggung Renteng kata BuBidan masih Berubah rubah yang Kata Kang Zach Kasihan Lambe Bu Bidan yang dari Setumang (Bibir Tungku) Jadi Semerang (Bulir Padi) didalam menjelaskan persyaratan layanan persalinan Cuma-cuma dengan SKTM, namun menurut Saya tidak kasihan juga sih bila benar lambe alias bibir Bu Bidan yang semula Setumang hingga tinggal semerang, bagaimana tidak Orang bibir Setumang Yang memble bisa jadi setipis merang, Pasti jadi bibir tersexi yang lebih indah dibandingkan bibir boneka Barbie.

Dari dua pilihan antara mendaftar BPJS Kesehatan atau dengan Membayar premi tiap Bulan, untuk saat ini sepertinya bagi saya masih keberatan maka pilihan Saya adalah dengan Mengurus Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) agar dapat akses layanan Persalinan(Istri saya tentunya)Secara Cuma-cuma, walaupun mengurusnya agak ribet tapi tak masalah bagi saya yang peting gratis saja.

Ini adalah Pengalaman pribadi saya saja dan saya tulis di sini barangkali bermanfaat, dan ini hanya pengalaman Mencari Surat Keterangan Tidak Mampu Di Desa Saya dan Mungkin saja di tempat lain ada beda.

POSEDUR PENGURUSAN SURAT KETERANGAN TIDAK MAMPU (SKTM)
  1. Minta surat pengantar dari ketua Rukun Tetangga RT untuk mendapatkan SKTM yang di tandatangani dan di bibuhi cap stempel Ketua RT, RW, Dan Pak Bayan atau Kepala Dusun/Kadus. 
  2. Datang ke Kantor Kepala Desa/Balai Desa dan menyerahkan surat pengantar tadi maka Kantor Kepala Desa akan mengeluarkan Surat Keterangan tidak Mampu SKTM yang di tanda tangani Kepala Kepala desa atau Carik alias Sekretaris Desa/Sekdes. Setelah Surat Keterangan Tidak Mampu di keluarkan Kantor kepala Desa surat tersebut harus di tandatangani dan di bubuhi setempel 
  3. Ketua RT 
  4. Ketua RW 
  5. Bidan Desa 
  6. Kepala Puskesmas dan 
  7. Kantor Kecamatan 
Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) alias Surat Tanggung Renteng
Semua tanda tangan dan Setempel itu harus komplit jika tidak tak berlakulah SKTM itu.
Itulah diriku lumayanlah walau ribet begitu ngurus Surat Keterangan Tidak Mampu SKTM Yang Di Tanggung Berenteng-renteng yang penting dapat layanan Cuma cuma alias Gratis saja.





Terimakasih Telah Membaca: "MENGURUS SURAT KETERANGAN TIDAK MAMPU/SKTM" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 3:29 AM and have 33 komentar

33 komentar:

  1. Ternyata banyak prosedurnya juga yah Mas Mus Djono mengurus
    SKTM ini, tapi saya dapat pengetahuan dari artikel ini terima kasih Mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulilah pengetahuan SKTM saya dapat Pertamax nya juga thanks

      Delete
    2. silahkan penuhin itu tanngki dengan pertamaxna

      Delete
    3. Mengurus Surat Keterangan Tidak Mampu ini sangat penting dan perlu disosialisasikan kepada mereka yang membutuhkan Saya sendiri aja baru tau prosedur menvgurus surat keterangan tidak mampu ini. Mudah udahan tidak disalahgunakan sama mereka yang sudah kaya namun tetap mengurus surat keterangan tidak mampu

      Delete
    4. sudah seharusnya / kewajiban pemerintah untuk menanggung beban biaya rakyatnya dalam hal apapun termasuk dalam urusan kesehatan

      Delete
  2. tunggang renteng lagi nih kang mus, Cara nya sih memang seperti itu, tapi praktiknya sering ngoyo sekali, bahkan mencari perangkat desa itu lho kok sulit banget. belum lagi dipersulit dengan ujung ujungnya duit juga.
    semoga aman dan lancar kang mus

    ReplyDelete
    Replies
    1. lempar panci nih....sambil mlotot.

      Delete
    2. tau rasa loh Cak plototin pejabat terkait.
      Alhamdulillah di tempat saya ga ada pejabat yang mempersulit, sebaik mang Ubi semua dah pokoknya Pejabat di sini asal semua sesuai prosedur pasti berjalan sebagaimana mestinya.

      Delete
    3. hehehehehe,,,kang lembu kan pejabat desa terkait...
      makanya lempar panci sayah....
      kabur ahhhhhhhhhh

      Delete
  3. biasanya prosedurnya agak bertele-tele.

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut saya yang sudah mengurusnya bukan bertele tele emang agak mbulet namun itu prosedur untuk memastikan yang mempergunakan yang sebenarnya berhak saja.

      Delete
  4. tentu artikel model gini sangat berguna, terutama untuk kaum tidak mampu yang kebanyakan kurang paham cara pengurusannya, surat ini sangat dibutuhkan terutama pada saat harus berobat kerumah sakit, atau hal lain yang menyangkut pembiayaan.
    kebetulan saya mah udah hapal diluar kepala soal beginian mah, maklum saya kan pejabat yang bersentuhan langsung dengan warga kelas bawah....hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. percaya deh Pak Kades yang desa pimpinanannya tesohor seantero dunia.. ini berbagi pengalaman saja, kebetulan pas persalinan istri sangat butuh surat ini. Makanya saya bagi disini berharap bermanfaat sajah.

      Delete
  5. prosedurnya runtut dari skup terkecil RT/RW ya mas..rada lumayan lama pastinya apalagi kalau lagi banayk2nya yang bikin. dan akan lebih lama lagi kalau aparat minta uang pelicin...eh, hehe. terima kasih mas telah share

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semestinya ga banyak yang cari beginian. Kalau bisa jangan sampai pastinya yang di minta.

      Delete
  6. duh, prosedurnya ribet banget, kalau buat pengobatan dan pengen cepat tentu keburu yang sakit tambah parah

    ReplyDelete
  7. Ribet juga ya mass mengurusnya :D

    ReplyDelete
  8. agak rumit juga ya mas alur nya untuk ngedapetin surat keterangan tidak mampu ini. Perlu adanya pembenahan di birokrasi kayaknya agar tidak terkesan mempesulit masyarakat ya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang lumayan rumit tapi bukan untuk mempersulit saya kira hanya agar benar benar tepat sasaran dan tidak di salah gunakan saja.

      Delete
  9. Yah, hanya ada satu kata ketika berhubungan dengan birokrasi.. RIBET!

    ReplyDelete
  10. Terimakasih banyak sob atas segala informasinya. Saya sangat terbantu dengan artikel anda yang sangat bermanfaat ini untuk saya. Izinkan saya memfollow blog anda untuk mengetahui update terbaru di hari berikut nya. Kalau nggak keberatan blog saya juga di follow ya. Terimakasih :)
    Tersexy.com

    ReplyDelete
  11. Prosedur SKTM rumit ya
    Tapi bahagia kalo ada hasilnya

    ReplyDelete
  12. terkadang saya kecewa dengan pendataan terhadap masyarakat yang kurang mampu, salah satu contoh pengurus malas mendata warganya dengan benar, yang ada malah maen asal tembak nama , tanggal lahir dan itu mengakibatkan sulit diproses ketika saat dibutuhkan heuu.. mengecewakan sekali

    ReplyDelete
  13. wah ribet ya, semoga besok tak banyak syaratnya, hahaha

    ReplyDelete
  14. sepertinya perlu di demo ya mas petugas nya agar tidak mempersulit masyarakat ketika mengurus surat keterangan tidak mampu ini :)

    ReplyDelete
  15. Saya sudah tau ni mas. Karena bapak dan ibu saya adalah RT hehe

    ReplyDelete
  16. Sepertinya, pejabat juga harus peka terhadap bawahannya yang kurang tanggungjawab terhadap tugasnya.

    Ada masukan banyak banget menggunakan kalimat rancu seperti sayah seharusnya saya, peting seharusnya penting, dibandingin seharusnya dibandingkan, jadi harus teliti.

    Terus tanda bacanya juga harus tepat penempatannya makasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sebesar besarnya pak Ustad atas koreksinya.

      Delete
  17. harus ekstra sabar ya mas kalau mengrus sesuatu di birokrasi pemerintah :)

    ReplyDelete
  18. wah ada 7 proses ternyata untuk mendapatkan SKTM, sabar juga tapi yang penting dapat layanan Cuma cuma alias Gratis saja.

    ReplyDelete
  19. bagaimana cara mengajukan sktm,jika belum terdaftar.

    ReplyDelete
  20. Tanya y mas.itu ngurusnya sebelum apa pas lahiran..mhon jwbnya scptnya

    ReplyDelete